×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

0

Global

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Bagi kamu yang sedang mencari bacaan baru, rekomendasi buku dari ajang Goodreads Choice Awards 2020 ini bisa menjadi pilihan bagus.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hafizh Alfarisi

05 / 01 / 2021 14:15

Tepat pada awal Desember 2020 lalu, buku-buku dari berbagai genre telah diumumkan oleh Goodreads, situs jejaring sosial yang dikhususkan untuk penikmat buku. Ada 20 kategori yang dilombakan pada kompetisi ini. Buku-bukunya pun terbilang baru, yakni yang terbit antara 16 November 2019 sampai 17 November 2020.

Situs milik Amazon tersebut mempertandingkan buku yang diterbitkan di Amerika Serikat, termasuk juga buku hasil terjemahan. Ada 15 buku dari masing-masing 20 kategori dan total 5.674.480 voting dalam penghargaan ini. Tahapannya sendiri dibagi menjadi tiga babak yang dimulai dari buku hasil kurasi dari statistik Goodreads.

Dari fiksi The Midnight Library hingga buku autobiografi Barack Obama, berikut 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards dan ulasan dari Goodreads untuk masing-masing pemenang.

1. Fiksi: The Midnight Library oleh Matt Haig.

^72.828 voting penghargaan

Loading...

*4,24 bintang

>76.437 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Perebutan posisi Goodreads Choice Award untuk kategori fiksi tahun ini merupakan yang paling tipis dalam sejarah penghargaan. The Midnight Library sebagai pemenang kali ini hanya beda lima voting dengan Anxious People karya Fredrik Backman.

Sang penulis, Matt Haig, bisa memadukan sastra dan fiksi spekulatif. Inti cerita ini adalah bagaimana kita membayangkan sebuah perpustakaan yang tiap bukunya mewakilkan jalan kehidupan kita yang berbeda.

2. Misteri dan Thriller: The Guest List oleh Lucy Foley.

^73.605 voting penghargaan

*3,87 bintang

>181.041 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Lucy Foley menghunjam kategori misteri dan thriller dengan mengajak kita ke dalam pesta pernikahan terhebat! Dan yang dimaksud “terhebat” di sini adalah “kengeriannya”.

Jules dan Will memilih melangsungkan acara pernikahan mereka di pulau terpencil, di lepas pantai Irlandia. Kemudian badai datang, setelah itu mayat ditemukan. Seperti halnya peribahasa Irish: "Bukan pesta namanya kalau belum ada yang mati."

3. Fiksi Sejarah: The Vanishing Half oleh Brit Bennett.

^102.626 voting penghargaan

*4,29 bintang

>186.881 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Sebagai daftar panjang National Book Award, karya ambisius Brit Bennet ini menceritakan dua saudari kembar dari kota kecil di Selatan. Satunya tinggal di komunitas kulit hitam; yang lain luwes membaur sebagai bagian kulit putih di dunia yang lebih luas. Dengan cerita yang provokatif dan menguras rasa iba, buku ciptaan Bennet ini menilik jejak identitas Amerika dan jadi pemenang fiksi sejarah terbaik di ajang ini.

4. Fantasi: House of Earth and Blood oleh Sarah J. Maas dengan 95.084 voting penghargaan, 4,43 bintang, dan 96.936 rating.

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Orang-orang di Goodreads yang memilih kategori fantasi tahun ini cenderung suka cerita yang gelap dan melekat di pikiran. Kategori fantasi tahun ini pun jatuh kepada House of Earth and Blood yang ditulis Sarah J. Maas yang juga sedang memperkenalkan seri barunya: Crescent City. Buku yang merajut benang romansa dan suspense ini menceritakan tokoh wanita yang kompleks, Bryce Quinlan, dan Hunt Athalar sebagai malaikat buangan. Mereka bersama-sama menyisir seisi kota untuk memburu iblis mematikan.

5. Percintaan: From Blood and Ash oleh Jennifer L. Armentrout.

^70.896 voting penghargaan

*4,41 bintang

>47.711 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Kategori romance tahun ini datang dari cerita yang tidak disangka-sangka, di mana kisah percintaan berpadu dengan fantasi gelap dan intrik paranormal. Penulis veteran Jennifer L. Armentrout membawakan kisah Poppy alias The Maiden, seorang tentara yang ditakdirkan oleh para dewa untuk hidup dalam kesendirian dan tidak pernah tersentuh. Namun suatu hari, rekannya Hawke muncul. Hasrat terlarang pun jadi cara terbaik untuk memecah takdir.

6. Fiksi Ilmiah: To Sleep in a Sea of Stars oleh Christopher Paolini.

^45.833 voting penghargaan

*3,90 bintang

>9.047 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Christopher Paolini berhak memperoleh penghargaan pertamanya lewat karyanya yang menatap tajam ke masa depan peradaban. Ketika menjelajah planet tidak berpenghuni, ilmuwan bernama Kira Navárez menemukan pusaka alien yang akan mengubah nasib Bumi dan peradabannya. Kritis dan sukses secara komersil, inovasi cerita Paolini menawarkan twist baru yang menawan terhadap kisah fiksi ilmiah yang begitu klise.

7. Horor: Mexican Gothic oleh Silvia Moreno-Garcia.

^85.626 voting penghargaan

*3,75 bintang

>76.974 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Rasanya seperti semua orang di sekitar sedang membaca Mexican Gothic tahun ini. Ya, karena memang begitu kenyataannya. Penulis Silvia Moreno-Garcia meraih penghargaan Horor pada 2020 ini lewat cerita seram yang begitu mengena dalam balutan setting sekolahan kuno tapi dengan perspektif kontemporer di bagian ras dan kolonilisme dengan latar rumah mewah yang menakutkan.

8. Humor: Strange Planet oleh Nathan W. Pyle.

^45.156 voting penghargaan

*4,33 bintang

>25.367 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Penulis dan kartunis Nathan W. Pyle mendapatkan kesuksesan besar secara daring lewat seri komik Strange Planet di Instagram miliknya. Karyanya tersebut sekarang telah menjadi antologi seri buku. Dan, ciptaan Pyle yang menghibur ini pun memperoleh penghargaan Goodreads Choice Awards 2020. Strange Planet menceritakan kisah alien biru yang berpikir dan bertingkah layaknya manusia namun dengan khasnya seorang alien (dan dengan kecerdasan emosionalnya). Buku ini benar-benar simpel dan cemerlang.

9. Nonfiksi: Stamped: Racism, Antiracism, and You oleh Jason Reynolds dan Ibram X. Kendi.

^43.685 voting penghargaan

*4,55 bintang

>26.298 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Pemenang nonfiksi tahun ini, Stamped: Racism, Antiracism, and You merupakan buku adaptasi untuk anak usia menengah dari Ibram X. Kendi yang pernah memenangkan National Book Award pada 2016 dengan judul Stamped from the Beginning: The Definitive History of Racist Ideas in America. Pernyataan akan sejarah rasisme yang dibawakan dengan riset mendalam dan penuh emosi adalah nutrisi yang baik bagi otak pembaca muda.

10. Memoar dan Autobiografi: A Promised Land oleh Barack Obama.

^81.284 voting penghargaan

*4,46 bintang

>23.483 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Mantan Presiden Barack Obama bisa dibilang telah menggapai sebuah pencapaian hidup, dan sekarang Goodreads Choice Award menjadi salah satunya. Sebagai buku yang sangat dinantikan di seluruh dunia, A Promised Land merupakan bacaan yang begitu intim akan kilas balik perjalanan historis Barack Obama dari masa mudanya sebagai pengurus komunitas hingga menjadi presiden Amerika Serikat ke-44 serta orang Afrika-Amerika pertama yang memegang jabatan tertinggi di negaranya.

11. Sejarah dan Biografi: Caste: The Origins of Our Discontents oleh Isabel Wilkerson dengan 45.806 voting penghargaan, 4,59 bintang, dan 26.119 rating.

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Ini adalah sebuah karya persembahan Isabel Wilkerson, pemenang penghargaan Pulitzer di bidang jurnalisme. Caste: The Origins of Our Discontents melanjutkan tema nyata di penghargaan tahun ini: buku yang memberi tatapan dalam dan tajam ke dalam diri Amerika. Wilkerson menyajikan argumen secara persuasif bahwa Amerika terlibat dalam sistem hierarki yang sudah tua dan berbahaya serta melebihi ras dan kelas sosial. Hikmahnya adalah: Masih belum terlambat untuk membuat perubahan yang berarti.

12. Sains dan Teknologi: A Life on Our Planet: My Witness Statement and a Vision for the Future oleh David Attenborough, Jonnie Hughes.

^35.675 voting penghargaan

*4,59 bintang

>3.021 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Lewat kesaksian pastinya akan kehidupan di planet Bumi, naturalis, jurnalis, dan pelindung Bumi David Attenborough memenangkan Goodreads Choice Award di bidang sains dan teknologi. Buku milik Sir Attenborough ini berisi sebagian testimoni, sebagian memoar, dan sebagiannya lagi sebagai seruan. A Life on Our Planet menawarkan gambaran akan masa depan, yang mana melalui tindakan kolektif, kita dapat menyelamatkan alam liar Bumi. Tapi, kita perlu bertindak cepat.

13. Makanan dan Buku Masak: Modern Comfort Food: A Barefoot Contessa Cookbook oleh Ina Garten.

^27.866 voting penghargaan.

*3,89 bintang.

>2.129 rating.

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Penulis dan alpha foodie Ina Garten menyabet juara kategori Makanan dan Buku Masak dengan koleksi resepnya yang sempurna untuk gaya hidup karantina selama 2020. Ada 85 menu unggulan di sini—kebanyakan berupa kesukaan anak-anak—yang mudah dibuat dan ditujukan untuk memberi kenyamanan kuliner di waktu yang sangat ganjil ini. Cheddar and Chutney Grilled Cheese! Creamy Tomato Bisque! Banana Rum Trifle!

14. Grafis Novel dan Komik: Heartstopper: Volume Three oleh Alice Oseman.

^44.384 voting penghargaan

*4,65 bintang

>29.193 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Buku pemenang kategori Grafis Novel dan Komik ini menceritakan lanjutan kisah percintaan Charlie dan Nick, yang mulai terbuka dan siap menghadapi dunia. Seri komik web karangan Oseman ini telah mendapat pujian secara universal karena ekplorasi yang luas akan tema LGBTQ+ dan perayaan yang digelar sunyi terhadap misteri universal: cinta, pertemanan, dan kesetiaan.

15. Puisi: Dearly: New Poems oleh Margaret Atwood.

^22.811 voting penghargaan

*3,82 bintang

>2.300 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Pemenang puisi tahun ini diraih oleh Margaret Atwood, yang jadi salah satu orang paling tak ternilai di planet ini. Sebagai koleksi puisi pertamanya selama lebih dari satu dekade, Dearly seperti kerlipan di mata Atwood yang jeli. Puisi-puisinya menjelaskan imajinasi Atwood yang luas, yang meloncat dari cerita personal ke politik, hingga kisah yang benar-benar lucu.

16. Novel Debut: Such a Fun Age oleh Kiley Reid.

^52.450 voting penghargaan

*3,85 bintang

>205.952 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Debut Kiley Reid yang menakjubkan sebagai pengarang buku menawarkan humor yang kering dan terkadang gelap ke dalam cerita “bias rumah tangga sehari-hari yang secara tidak sadar juga kita miliki”. Si perawat Afrika-Amerika Emira menemui kejanggalan yang makin menjadi ketika majikan kulit putihnya menemukan cara mengerikan untuk melancarkan niat baiknya. Reid menjanjikan debut yang menarik banyak pujian, penjualan yang tinggi, dan sekarang menjadi pemenang Goodreads Choice Award.

17. Fiksi Dewasa Muda: Clap When You Land oleh Elizabeth Acevedo.

^39.335 voting penghargaan

*4,36 bintang

>35.707 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Elizabeth Acevedo memenangkan kategori Fiksi Dewasa Muda tahun ini dengan novel syair tentang cinta, kehilangan, dan keluarga. Camino dan Yahaira Rios bahkan tidak mengetahui kalau mereka adalah saudara kandung hingga pada akhirnya ayah mereka meninggal dalam kecelakaan pesawat. Sekarang mereka menyadari lebih dari apa yang ingin mereka ketahui tentang ikatan (dan kekusutan) yang mengikat keluarga mereka. Bonus trivia: Acevedo adalah pemenang National Poetry Slam.

18. Fantasi dan Fiksi Ilmiah Dewasa Muda: The Queen of Nothing oleh Holly Black.

^62.771 voting penghargaan

*4,35 bintang

>124.368 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Pengarang Holly Black merayakan kemenangannya secara berurutan pada kategori fiksi dewasa muda lewat karya terbarunya The Queen of Nothing sebagai lanjutan bukunya yang menang tahun lalu, The Wicked King. Rangkaian terakhir dari seri populer milik Black ini mengungkapkan takdir penentu atas Jude, ratu yang dibuang dari negeri peri, dan gadis dengan masalah yang sangat menarik.

19. Usia Menengah dan Anak: The Tower of Nero oleh Rick Riordan.

^49.341 voting penghargaan

*4,57 bintang

>13.949 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Juara veteran Rick Riordan sekali lagi menyabet penghargaan untuk kategori Usia Menengah dan Anak lewat seri terakhir dari The Trials of Apollo. The Tower of Nero yang terinspirasi dari mitologi Yunani-Romawi mengisahkan petualangan terakhir dari dewa Yunani Apollo, yang dijelmakan ke Bumi sebagai bocah malang bernama Lester Papadopoulos. Bagi kalian yang mengikuti Goodreads Choice Awards, karya Riordan yang satu ini menjadikan kemenangannya yang ke-10 di penghargaan buku ini.

20. Buku Bergambar: Antiracist Baby oleh Ibram X. Kendi dan Ashley Lukashevsky.

^28.359 voting penghargaan

*4,18 bintang

>2.989 rating

Daftar 20 buku terbaik 2020 versi Goodreads Choice Awards

Penulis Ibram X. Kendi mengajak para pembaca muda dan dewasa lewat buku bergambar inovatifnya untuk menciptakan masa depan yang setara bagi semua orang. Buku ini adalah kemenangan Kendi kedua pada Goodreads Choice Award 2020. Dia juga menerima penghargaan atas kategori Nonfiksi berkat karyanya yang bertema sama untuk usia menengah. Ilustrator Ashley Lukashevsky memberikan seni yang tegas dan indah di dalam buku ini.

Itulah buku-buku dari berbagai kategori yang berhasil meraih penghargaan Goodreads Choice Awards 2020. Semoga daftar di atas bisa menjadi rekomendasi buku yang bagus buat kamu yang hobi membaca atau mau menjadikan aktivitas membaca sebagai resolusi pada tahun yang baru ini. Selamat membaca!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red