×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Curug Balong Endah: Jelajah keindahan tersembunyi di kaki Gunung Salak

0

Jalan-Jalan

Curug Balong Endah: Jelajah keindahan tersembunyi di kaki Gunung Salak

Letaknya yang berada di tengah hutan cocok buat kamu yang suka ngebolang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ipit Handayani

03 / 06 / 2020 10:03

Bogor menjadi salah satu destinasi wisata alam yang banyak menyimpan beragam aneka kekayaan hayati. Destinasi wisatanya yang berupa perbukitan, air terjun, gunung, danau, hingga taman kerap menjadi bagian dari beberapa daftar wisata alam populer di Pulau Jawa. Tidak heran kalau Bogor tak pernah sepi dikunjungi para wisatawan. Apalagi di wisata air terjun yang keindahannya sudah eksis di mana-mana, terlebih yang sudah populer di telinga para traveller.

Curug Balong Endah: Jelajah keindahan tersembunyi di kaki Gunung Salak

Foto: Instagram @bogorkotahijau

Meski begitu, Bogor masih punya beberapa titik destinasi wisata yang jarang diketahui banyak orang atau bisa disebut dengan julukan 'surga tersembunyi', di mana beberapa ada yang masih sangat terjaga tingkat keasriannya. Biasanya destinasi seperti ini kerap diinginkan oleh mereka yang betul-betul ingin berelaksasi melepas penat dengan nuansa alam yang tenang, juga untuk  mereka yang suka menjelajah tempat-tempat baru.

Curug Balong Endah: Jelajah keindahan tersembunyi di kaki Gunung Salak

Loading...

Foto: Instagram @ngertibogor

Salah satunya Curug Balong Endah yang disebut-sebut sebagai bagian dari surga tersembunyinya Bogor. Tepatnya terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Desa Malasari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dengan kata lain, Curug Balong Endah ini berada di dalam kawasan hutan hujan tropis terluas se-Pulau Jawa.

Curug Balong Endah: Jelajah keindahan tersembunyi di kaki Gunung Salak

Foto: Instagram @ipit_handayanii

Jika diakses dari wilayah Jakarta atau Bekasi, perjalanan menuju lokasi normalnya hanya memakan waktu 3 sampai 3,5 jam. Tiket masuk ke TNGHS-nya senilai Rp 30 ribu per satu kendaraan. Kendala akses jalan hanya akan dimulai saat memasuki kawasan TNGHS. Dari gerbang masuk TNGHS hingga beberapa kilo meter ke depan jalanan cukup mulus karena masih beraspal.

Sepanjang rute ini akan ditemui pula beberapa destinasi wisata curug yang selalu ramai pengunjung, salah satunya Curug Cigamea. Namun, semakin dalam memasuki kawasan tersebut jalanan akan mulai berbatu. Apalagi ketika sudah dekat dengan pintu masuk Balong Endah, rute menanjak nan berbatu akan mulai menyapa. Mengingat lokasi Curug Balong Endah ini terletak paling dalam nyempil dan paling terpencil, sekitar 7 km dari gerbang masuk TNGHS. Keindahan tersembunyi di kaki Gunung Salak. Sepanjang ini pula perjalanan di dalam TNGHS didominasi oleh hutan yang tumbuh lebat di sisi kanan dan kiri jalan. 

Nama Curug Balong Endah ini pun tidak tertulis di spanduk daftar nama-nama curug yang ada di gerbang masuk TNGHS. Jadi perlu bertanya terlebih dahulu kepada petugas jika ingin menuju ke sini untuk memastikan rutenya. Jika sudah sampai ke lokasi curug ini, maka akan dikenakan biaya masuk lagi sekitar sepuluh ribu per orang dan lima ribu untuk biaya parkir kendaraan seperti motor.

Curug Balong Endah letaknya satu pintu masuk dengan Curug Pangeran yang lebih populer karena kebanyakan orang yang sampai ke situ lebih sering meramaikan Curug Pangeran. Jadi bisa dibilang Curug Balong Endah ini termasuk sepi di TNGHS. Ketika masuk ke kawasan curugnya, pertama kamu harus melewati jembatan bambu yang cukup sempit agar bisa menuju ke lokasi utama.

Curug Balong Endah: Jelajah keindahan tersembunyi di kaki Gunung Salak

Foto: Instagram @ipit_handayanii

Keistimewaan dari Balong Endah sendiri adalah tingkat kejernihan airnya yang hampir bening sempurna meski tak terlalu tinggi, serta curugnya yang memiliki kolam renang alami. Ya, bentuk kolam yang ada di curug tersebut memang asli terbentuk dari alam, namun diperhalus dengan sedikit buatan tangan manusia agar terlihat lebih nyaman. Mengingat namanya saja Balong Endah, yang berarti 'kolam indah'. Kolamnya pun terbilang dangkal. Airnya jika jernih akan berwarna kehijauan atau kebiruan dengan tingkat kedinginan yang menyejukkan.

Curug Balong Endah: Jelajah keindahan tersembunyi di kaki Gunung Salak

Foto: Instagram @ipit_handayanii

Kolam ini akan berasa seperti kolam renang alam pribadi jika didatangi pada waktu yang tepat. Yaitu pada hari biasa atau hari libur, namun di pagi harinya. Karena biasanya pada hari libur akan sedikit ramai meski hanya dalam hitungan jari.

Soal vegetasi yang ada di sekitarnya juga cukup lebat dan rindang, kok. Mengingat lokasinya yang berada di pelosok hutan hujan tropis. Tak heran jika berkunjung ke sini akan banyak terdengar suara jangkrik yang kerap mengeluarkan suara setiap menit. Bentuk curugnya juga terbentuk dengan dua undakan.

Curug Balong Endah: Jelajah keindahan tersembunyi di kaki Gunung Salak

Foto: Instagram @ipit_handayanii

Undakan pertama terletak dekat jembatan bambu yang sering dijadikan spot foto Instagramable. Sedangkan undakan kedua yang sedikit lebih dalam dari undakan pertama ialah yang memiliki kolam renang alam, yang juga sering dijadikan spot foto wajib jika berkunjung ke sini.

Soal perut tak usah khawatir karena di luar pintu masuk Balong Endah juga tersedia beberapa warung yang menjual makanan dan minuman kebangsaan, mi instan dan kopi. Kamar gantinya juga ada, kok. Bahkan terdapat pula pondok yang dapat digunakan untuk sembahyang. Nah, buat kamu yang suka ngebolang, rasanya sangat cocok berkunjung ke sini. Gak akan nyesel berlama-lama di sini!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red