×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cintai dirimu, lakukan 7 langkah untuk menumbuhkan self-love

0

Kepribadian

Cintai dirimu, lakukan 7 langkah untuk menumbuhkan self-love

Dirimu adalah pribadi yang berharga.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rian Kusuma Dewi

14 / 11 / 2019 12:15

Bagi milenial, istilah self-love kini menjadi sebuah tren positif. Self-love diyakini dapat meningkatkan kepercayaan diri yang berbanding lurus dengan meningkatnya produktivitas milenial. Namun sudahkah milenial mengenal apa makna sesungguhnya dari self-love? Apakah milenial sudah melakukan aktivitas yang tepat untuk meningkatkan self-love?

Self-love oleh yourdictionary.com didefinisikan sebagai sebuah keyakinan bahwa dirimu adalah pribadi yang berharga. Pertanyaan besarnya, bagaimana agar kita dapat memperoleh keyakinan tersebut? Jawabannya bukankah dengan melakukan beberapa aksi untuk membuktikan bahwa diri kita berharga.

Lantas, apakah self-love merupakan suatu perasaan yang diperoleh setelah melakukan make over penampilan? Atau setelah membaca buku inspirasional? Atau saat ada sesorang yang selalu mendukung kita? Jawabannya adalah tidak. Mungkin kegiatan-kegiatan tersebut dapat membuatmu merasa nyaman dan senang, namun hanya sebatas kenyamanan dan kesenangan sementara.

Berikut ini beberapa aksi yang perlu kamu lakukan untuk menumbuhkan self-love dalam dirimu.

1. Lakukan good self care.

Loading...

Self Care

Pertama dan paling mendasar adalah dengan memenuhi kebutuhan dasar manusia kita dengan baik. Self-love harus diimbangi dengan melakukan beberapa aktivitas sehat seperti makan makanan sehat, rutin berolahraga, cukup tidur, ataupun bermeditasi. Dengan memiliki tubuh yang sehat, jiwa dan raga akan punya kemampuan untuk membuktikan bahwa kita berharga dan layak dicintai.

2. Its okay to say no.

Apakah kamu sadar jika kita hidup dalam budaya yang menganggap mengatakan ‘tidak’ adalah sebuah kesalahan? Banyak sterotipe di masyarakat yang menyatakan bahwa mengatakan ‘tidak’ akan menutup peluang untuk belajar ataupun mencoba hal baru.

Namun kamu perlu untuk mengatakan ‘tidak’ pada pekerjaan, orang, ataupun aktivitas yang dapat membuatmu terluka secara psikis atau mengatakan ‘tidak’ pada aktivitas yang malah menunjukkan bagaimana tidak berartinya dirimu. Setuju? Yuk, speak for yourself, its okay to say no!

3. Maafkan diri.

Forgive yourself

Kadang sebagai manusia sadar nggak kalau kamu terlalu keras pada dirimu sendiri? Saat apa yang direncanakan tidak berjalan sesuai harapan, kebanyakan dari kita biasanya akan merasakan penyesalan yang berkelanjutan atau bahkan menyalahkan diri sendiri. Selalu terbersit perasaan ‘andai aku berusaha lebih keras’ atau ‘aku sudah melakukan yang semua yang terbaik tapi kenapa hasilnya masih seperti ini?’

Untuk mulai mencintai diri sendiri, mulai saat ini mari bersama melepaskan semua kegagalan yang pernah sihadapi. Diri ini sudah berusaha dengan kemampuan terbaik, maafkan dan ucapkan terima kasih. Satu yang perlu diingat, tidak ada kegagalan selama ada pelajaran yang dapat diambil dari kegagalan tersebut.

4. Berhenti membandingkan diri sendiri.

 

Compare

Satu studi dari Journal of Social and Clinical Psychology menunjukkan bahwa membandingkan kehidupan dengan orang lain di Facebook dapat menyebabkan perasaan depresi. Sebuah kebiasaan yang mungkin dianggap sepele atau bahkan tidak disadari nyatanya memiliki dampak dan risiko yang serius.

Jadi, mulai saat ini berhenti membandingkan diri dengan orang lain, baik di kehidupan nyata maupun di sosial media. Setiap diri kita adalah individu yang unik, tidak ada satu orang pun di dunia ini yang seperti kita. Jadi sangat tidak adil saat kita membandingkan diri kita dengan orang lain. Proud to be yourself.

“Beauty begins the moment you decide to be yourself” - Coco Chanel.

5. Lakukan self-talk.

Self Talk

Someone who the most know about you is yourself. Dengan melakukan self-talk kamu dapat memberi tahu pada dirimu untuk fokus mensyukuri aspek positif yang kamu miliki. Kamu dapat melakukan self-talk dengan mengatakan secara lantang ungkapan-ungkapan tentang betapa berharganya dirimu, betapa mungkin kamu berbuat kesalahan tapi kita akan tetap bangkit, atau betapa bersemangatnya kamu untuk menaklukkan tantangan yang akan dihadapi. Lakukan self-talk setiap hari sebelum tidur atau saat bangun tidur dan rasakan betapa berharganya dirimu.

6. Kelilingi diri dengan lingkungan positif.

Positive Friends

Lingkungan positif sangat diperlukan untuk mendukungmu mulai mencintai diri sendiri. Siapa saja lingkungan positif yang diperlukan? Temukan individu yang selalu bersyukur, individu yang membuatmu selalu termotivasi, individu yang open minded ataupun individu yang selalu mengingatkanmu untuk selalu berbagi. Dengan dikelilingi individu yang memiliki pengaruh positif pastinya akan meningkatkan kepercayaan bahwa setiap individu unik dan layak untuk dihargai.

7. Lakukan apa yang kamu cintai.

Love you do

Berdasarkan studi dari Temple University’s School of Medicine, melakukan aktivitas yang membuatmu merasa bahagia akan mengaktifkan sebuah area di otak bernama nucleus accumbens yang mengontrol bagaimana perasaanmu tentang hidup yang kamu jalani. Apa pun pekerjaan yang sedang kamu tekuni saat ini, lakukan dengan penuh cinta.

Jika merasa perkerjaanmu tidak menyenangkan, mungkin kamu bisa melakukan hobi seperti mengikuti berbagai kegiatan yang kamu sukai atau mungkin mengikuti kegiatan yang mengembangan bakatmu. Satu yang pasti, dengan melakukan apa yang kamu sukai akan membuatmu merasa bahwa kamu adalah individu yang berharga.

Sekian 7 langkah yang perlu kamu lakukan untuk menumbuhkan self-love dalam diri. Semoga langkahmu untuk mencintai diri sendiri memberikan dampak positif pada produktivitasmu.

“I am blessed. I am capable. I am Loved. I am needed. I am worthy. I am amazing”

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red