Semakin berkembangnya zaman, begitu pula berkembangnya ilmu pengetahuan. Banyak sekali penelitian mengenai penyakit atau permalasahan yang dihadapi di zaman sekarang ini. Sekarang atau yang biasa disebut zaman "now", banyak sekali orang yang mengalami permasalahan dengan kondisi psikologisnya, namun seringkali mereka mengabaikannya karena masalah tersebut tidak terlihat dengan kasat mata. Yang paling sering dikeluhkan adalah gangguan tidur, biasanya orang-orang menyebut masalah ini dengan sebutan insomnia.

Secara singkat, insomnia merupakan permasalahan seseorang ketika mereka sulit untuk tidur, ataupun tidak dapat tidur dengan nyenyak. Banyak sekali penyebab seseorang dapat mengalami insomnia. Salah satunya dan yang paling sering, insomnia disebabkan oleh stres yang dialami orang tersebut. Dikarenakan tidur merupakan bagian yang penting di dalam kehidupan, sehingga banyak penelitian yang menjelaskan bagaimana cara menangani insomnia. beberapa caranya adalah :

Mematikan lampu ruangan ketika tidur

5 Cara praktis biar kamu nggak insomnia

https://goo.gl/images/n3TVMW

kenapa mematikan lampu ? ternyata tubuh kita lebih mudah masuk ke dalam kondisi "istirahat" dalam pencahayaan yang gelap sehingga dapat membantu kita untuk tidur dengan lebih cepat. Selain itu, proses regenerasi tubuh lebih optimal dalam keadaan yang gelap sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur kita.

Menulis diary sebelum tidur

5 Cara praktis biar kamu nggak insomnia

https://goo.gl/images/MVGSyy

menulis sebelum tidur dapat membantu kita dalam menenangkan pikiran kita sehingga tidak terlalu banyak hal yang akan kita pikirkan. dengan meringankan beban pikiran, kita akan lebih mudah untuk tertidur dengan nyenyak.

Menggunakan penyumbat telinga

5 Cara praktis biar kamu nggak insomnia

https://goo.gl/images/4rAjfZ

Menggunakan penyumbat telinga akan membantu kita dalam mengurangi suara di sekitar kita. Suara-suara yang ada secara tidak langsung akan memancing kita untuk memperhatikan suara tersebut yang dapat menghilangkan rasa ingin tidur.

Tidur di suhu ruangan (menaikan suhu AC)

5 Cara praktis biar kamu nggak insomnia

https://goo.gl/images/inynpy

Menyesuaikan suhu ruangan agar tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas, dapat membantu kita untuk mudah tertidur. Karena menurut penelitian, suhu dapat mempengaruhi emosi kita, yang dapat berimbas mengganggu kualitas tidur kita.

Jangan berpikir kita harus tidur

5 Cara praktis biar kamu nggak insomnia

https://goo.gl/images/w7gZkv

Ketika kita berpikir kita harus segera tidur, hal itu akan membuat kita sulit untuk tidur, dikarenakan kita memberikan tekanan pada diri kita sendiri, yang membuat tubuh kita tidak rileks. Sehingga lebih baik, tidak terlalu memikirkan permasalahan mengenai tidur, hanya cukup buat badan menjadi rileks dan kita akan segera tertidur.

itulah beberapa cara untuk kita agar lebih mudah tertidur. Semoga cara diatas dapat berguna bagi kita semua. Semakin baik kualitas tidur kita, semakin baik pula kondisi badan kita yang akan berpengaruh pada semakin baik juga aktifitas kita.