MENTAL BLOCK? HILANGKAN !!!!

Assalamualaikum wr wb..

selamat malam kali ini saya bakal agak lebih menggembleng mental yang masih berteman sama mental block. Tapi sebelumnya saya minta maaf dulu sekiranya nanti ada omongan saya yang ga ngenakin di hati yaa..


Tapi saya memang pengen melatih diri saya sendiri bisa berinteraksi dan nambah ilmu dari kalian, kalau saya sharing sendiri, ngomong sendiri ga ada feedback dari kalian, dan kalian cuman diem saja, jalannya slow slow aja, jalannya harus digertak dulu, *EPOS*nya ga bakal kena gitu lo.

Contohnya kayak kemaren mbak ade, bisa cerita apa yang jadi kendalanya, dan akhirnya dia nemu kesalahannya dimana, dan solusinya gimana, dapat masukan dari temen temen. Nah ini yang dikatakan *caring & sharing*. Feedbacknya ada..


Saya dulu bisa dikatakan ngga nurut sama guru saya, di kasih arahan ga jalan, di kasih ilmu, cuman nyimak aja, semangatnya on off on off terus, kalo disemangatin bisa bangkit, berjalan waktu off lagi. Ya dikira kayak saklar. Kalo hasilnya pengen kayak saklar sih gapapa, ya saya katakan lagi, percuma ikut ikut kelas kek gini, iya sih dapet ilmu, tapi ilmunya ga bertahan lama di memori.

Kenapa?

Soalnya ga di sharingin, soalnya ga di terapin, soalnya terlalu disimpan lama dan ketumpuk sama memori lain, dan hasilnya apa? Ga ada hasil, *LUPA* apa tadi yang dipelajarin.
Gimana mau memperluas jaringan, ga muluk ngomongnya, gimana mau dapet penghasilan? Gimana bisa nyapai tatrget? Gimana bisa ngerekrut? Gimana bisa closing?


Kalo kalian aja masih gini, masih harus di obraki dulu baru jalan, gini kok katanya pengen jadi leader hebat? Hehehe *selfreminder*
Kalo kalian masih ogah ogahan gerak, sekali lagi *jangan pernah membatasi diri*, contohnya gini.
Ah takut ah, nanti pas jelasin aku dicuekin lagi..
laku ngga ya produk ini, terlalu mahal tapi barangnya biasa aja..
Dan takut takut lainnya..
seseorang yang mengalami mental block atau tidak, bisa dilihat dari caranya berpikir dan memandang masalah.


*seseorang yang terbuka dan periang biasanya lebih mampu mengembangkan dirinya. Sedangkan seseorang yang pendiam, intovert, pendendam, menyimpan masalah lama yang sudah lewat, cenderung memiliki mental block dalam dirinya
Memang mental block harus diperangi dalam diri orang itu sendiri. Artinya, betapa pun kalian dibantu oleh orang lain, namun bila tidak ada *kesadaran* dalam diri untuk menghancurkan mental block rasanya akan percuma.

Membuat diri sendiri lebih terbuka dan berani berkembang adalah dengan melepas mental block..


Coba lihat deh upline upline kalian yang udah sukses di bisnis sama seperti kalian, padahal dulunya tuh sama, sama sama ada di level paling bawah. Pasti kebanyakan dari mereka itu sama sekali ngga ada pengalaman jualan online.


Boro boro jualan online yah, bahkan banyak dari mereka yang sebelumnya sama sekali ngga tau sosmed, ada ya kek gitu. Ada. Saking gapteknya. Tapi apa yang nyebabin mereka *BISA SAMPAI KE LEVEL PALING TINGGI* ? mereka ga punya mental block, itu perbedaanya.

Percuma punya sosmed percuma punya hape yang secanggih apapun, tapi kalo mindsetnya belum bener, apa mau dikata hehe..

Gagal, bangun lagi, gagal lagi bangun lagi, modifikasi apa yg dilakuin dan dikatakan uplinenya. Kalau kalian asal gabung, mikir yang penting punya pegangan bisnis, dapet duit, saya jamin bisnis umurnya kek *seumur jagung*, mau ga mau kalian harus maksa gimana caranya bisa ngilangin mental block.

Kalau diem terus, takut terus, berpikir negatif mulu, yauda ga ada hasil, sampe jungkir balik pun ngga ada hasilnya.

Malu gara gara diremehin orang sekitar?

Gini ya, sama mbak mas saya dulu diremehin, sampe ngena banget ke hati ketika ada yang bilang, masa dari bisnis online bisa sukses?
Kalau saya sih diem aja, cuman saya buktiin sama hasil. Saya berpikiran, mereka tuh cuman bisa nilai kita doang, mereka ngga bisa ngomong kita salah atau bener, pada hakekatnya yang bisa juri.in kita itu tuhan. Bukan manusia..

Jadi selagi Allah ga bilang kayak apa yang diomongin manusia ngapain kita denger gitu lo. Oke di denger mungkin bisa jadi intropeksi, tapi jangan sampai bikin kita down. Ingen tujuan awal bisnis apa. Jangan ngerasa kita jalan sendiri, ada upline kok kenapa ga mepet mereka?

Kalo downline kalian ngga ngerespon kalian di grup kalian, langsung intropeksi aja, udah ngerespon dan ngelakuin apa yang diakukan upline belum? Upline saya juga ga aktif mbak, ya ke nenek upline, intinya mah belajar sama orang yang udah bisa nunjukin hasil. Kepoin mereka.

Kadang saya tuh mikir, mau curhat sedikit mungkin bisa jadi bermanfaat.
Saya sahabatan sama 4 orang termasuk saya, dari smp kita sahabatan. Satunya udah kerja di perusahaan yang notabene dan gajinya lumayan, tinggal saya dan 2 temen saya yg masih kuliah, tapi semua ngambil jurusan sama managemen cuman kuliah kita berbeda. Oke saya berpikiran, kita ber4 ada keterkaitan dengan bisnis, saya dari dulu dari semester awal ngajak mereka bangun bisnis itu ngga bisa bisa, karena apa? Waktu itu saya belum nunjukin ke mereka kalo berbisnis itu ngga hanya jual barang aja, tapi ada hasil nyatanya..

Hampir 2 tahun saya yakinin mereka, dan akhirnya deal kita mulai merintis usaha bareng, sayang kan kalo ilmu managemennya di sia siain. Saya cuman nanamin di otak mereka..

Keluar dari kampus, pekerjaan bukannya gampang di cari tapi susah. Gelar sarjana pun kadang ga bisa tembus perusahaan, kalah sama orang yang lulusan SMA masuk dari dalam. Jadi kalo bisa sebelum lulus kuliah kita udah punya gaji tetap. Ada beberapa temen saya masih punya mental block..

Jadi kalo di arahin kesaana ya kesana kesini ya kesini, jadi kalo saya katakan ini orang hidupnya kalo gini terus kapan majunya. Pas lagi _meeting_ berempat dia hanya selfie guyon ga fokus, sampe saya bilang *kamu yakin ga sih jalanin bisnis ini kalo ga yakin kita bubar ga usah jalan. Percuma juga kita ngotot tapi dirimu ga bener bener jalaninnya*.

Memang orang seperti ini pendekatannya butuh kedekatan khusus, butuh di gembleng mindsetnya, gimana cara kita bisa mimpin suatu team.
Jangan banyak alasan, ga ada waktu, kebentor sama jadwal ini, ngurusin anak, ngurusin rumah tangga, ngurusin tugas dan lala laala lala lainnyaaa.
Lah terus ngapain awal join? Lah terus ngapain terjun ke bisnis? Kalo terjun ke bisnis ya harus siap semuanya. Kalau ga siap ngapain terjun, buang bbuang waktu aja hehehe..

Harus bisa nanggung resiko juga, HIGH RISK HIGH PAIN, semakin besar resikonya semakin besar juga pendapatannya.
Jadi bisa disimpulkan, harus bisa buat buang mental block, begitu gambaran dan solusi sedikit dari saya. Boleh disini sharing apa kendalanya

Rumzil Laili