Tidak harus menggunakanFacebook Ads agar produk kita laris manis. Karena pada dasarnya, agar bisnis kita berjalan, cukup memiliki 3 hal berikut yaitu ada produk atau jasanya, ada target marketnya, serta cara membuat target pasar agar mau membeliprodukatau jasa kita. Lalu bagaimana agar optimasi berhasil dan bisa menjadikan akunFacebook kita bisa memiliki 5000 calon buyer. Pola ini perlu kamu jalankan rutin, hingga bisnis kita terus bergulir, tiap hari dapet orderan, tanpa harus ngiklan. Atau bisa juga disebut dengan polaoptmasiFacebookmarketingdengan asumsi. Kita baru memiliki akun FB, sudah setting dan isi profilenya lengkap dan tentunya sudah punya produk yang siap dijual. Buat kamu yang tertarik, nih polanya adalah sebagai berikut.

5 Jalan agar jualan di Facebook bisa laris manis tanpa harus ngiklan

1. Melakukan 'Add FriendTertarget'.

Temukan target pasar kamu. kamu bisa search di grup-grup yang berkaitan dengan produk kamu.

Misal:

Produk kamu adalah kuliner dan target marketnya adalah Bandung. Maka carilah grup-grup tentang kuliner khusus Bandung. Lalu Add Friend membernya. Kamu juga bisa lakukan hal yang sama di fanpage competitor. Add Friend Tertarget untuk awal-awal cukup 10 orang di pagi hari, 10 orang di siang hari, 10 orang di malam hari.Jika sudah terbiasa dan lancar tanpa dapat peringatan dari FB, tingkatkan lagi secara bertahap, misal 20 atau 30 add friend masing-masing di pagi, siang dan malam hari.

2. Manage Add Friend kamu.

Setelah 5 Hari, lakukan aktivitas rutin no 1 di atas, biarkan dua hari tidak Add Friend, lalu hari ke 7 lakukan Clean. Clean adalah menghapus permintaan pertemanan yang tidak direspon/tidak di-approved. Tujuannya untuk mengurangi risiko blokir FB.

3. Lakukan Update Status 3x Sehari.

Cara memperkenalkan diri yang elegan kepada Friend Tertarget adalah dengan memposting status yang pasti dibaca mereka. Update Status tidak harus tips atau soft sellingtentang bisnis kita, bisa juga dengan posting gambar / video lucu, teka-teki, hal-hal unik yang intinya memancing orang untuk berinteraksi di status kita. Lebih rileks lebih baik dan tidak terlalu kaku. Tujuannya agar mereka Like, Comment atau Share post kita. Dengan begitu, ke depannya setiap kali kita update status, akan muncul di berandamereka.

Di langkah ini, kita sudah mempersiapkan diri agar promosi kita di kemudian hari akan terlihat oleh mereka.

4. Berinteraksi dengan audience

Luangkan 15-30 menit untuk melihat berkamu kamu dan lakukan Like dan Comment di Status Friend-Friend kamu. Percayalah, meski hanya sebuah like, itu akan membuat mereka mengenal kita dengan lebih cepat.

5. Join Groups yang Relevan dengan bisnis kamu dan berinteraksi di sana.

Tujuannya selain untuk melihat topik pembicaraan yang sedang hot di bidang tersebut, juga untuk lebih mendalami behaviour dan tingkat interest target market kamu. Ini penting untuk strategi promosi dari sisi mana kita musti masuk. Sudah,cuman itu saja yang dilakukan setiap harinya.

Lalu, promosinya kapan donk???

Untuk promosi tidak perlu terlalu sering. Luangkan waktu saja 7 hari dalam 1 bulan dan itu adalah Promo Diskon. Biasanya, jika tidak ada scarcityatau keterbatasan waktu, orang suka menunda untuk beli. Jadi kita perlu menciptakan keterdesakan itu

Jadi bisa buat promo diskon selama seminggu. Nanti buat mereka yang ketinggalan promo, pasti akanmengirimkan pesan pribadi kekamu. Dan terjadilah transaksi di masa-masa non diskon.

Jadi, itulah pola yang kami lakukan setiap harinya dalam melakukan optimasi FB Marketing. Saya akan lanjutkan email ini Hari Minggu. Bagaiman cara membuat Optimasi ini Jadi Lebih Mudah.

Selamat Meng-optimasi! Semoga menghasilkan buah yang sangat lebat dan manis nantinya!