Mi adalah makanan yang praktis dan mempunyai rasa enak, namun terkadang kurang mengenyangkan. Alhasil, orang sering mencampurnya dengan nasi agar perut terasa kenyang. Tapi tahukah kamu bahwa makan mi instan dengan nasi putih merupakan kebiasaan buruk karena membahayakan tubuhmu?

Alasanya karena mi dan nasi merupakan 2 jenis makanan yang sama-sama mengandung karbohidrat dan kalori tinggi. Kandungan karbohidrat yang ada di kedua makanan ini akan diubah menjadi glukosa di dalam tubuh. Jika jumlah karbohidrat yang dikonsumsi terlalu banyak, maka sisa glukosa akan disimpan di dalam tubuh dan berubah menjadi lemak.

Menurut ahli gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK. mencampur dua jenis makanan itu akan menimbulkan efek yang kurang sehat bagi tubuh. "Mi instan itu mengandung karbohidrat dari tepung yang diolah berulang, ditambah lagi dengan nasi putih yang mengandung karbohidrat juga. Bila keduanya dimakan bersama, gula darah akan cepat naik," terangnya.

Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi mi instan dicampur dengan nasi akan menjadikan tubuh terisi karbohidrat yang akan diubah menjadi gula. Tubuh akan kekurangan zat gizi lain seperti mineral, protein, vitamin, dan lemak. Penyakit akan cepat datang seperti diabetes, kencing manis dan lain sebagainya yang berkaitan dengan peningkatan gula darah.

Dengan demikian, Dr. Samuel Oetoro menyarankan untuk menyudahi kebiasaan tersebut karena dapat membahayakan tubuh. Jika dirasa sulit untuk menghentikan sepenuhnya, maka mulailah dengan mengurangi kebiasaan tersebut.