Indonesia termasuk negara yang berpengaruh di dunia. Selain dengan suku-sukunya yang disegani, Indonesia pun memiliki hal lain yang disegani. Bahkan hal ini dilontarkan oleh majalah Time asal Amerika Serikat. Indonesia disebut negara di Asia Tenggara yang pantas disegani. Nah, berikut 5 faktakenapa Indonesia jadi negara disegani.

1. Memiliki kekuatan militer terbaik

5 Faktor yang bikin Indonesia jadi negara disegani di ASEAN

Posisi Indonesia masuk masuk 15 besar, dengan anggaran militer sebanyak USD 6,9 miliar, jumlah personel aktif sebanyak876.000,468 tank, 420 pesawat, dan lima unit kapal selam.

Posisi tersebut menempatkan Indonesia sebagai satu-satunya negara ASEAN yang masuk dalam 15 besar peringkat GFI, dan tertinggi di Asia Tenggara.


2. Miliki para hacker yang ditakuti

5 Faktor yang bikin Indonesia jadi negara disegani di ASEAN

Hacker di Indonesia ditakuti oleh dunia. Pertama perang antar hacker dengan Australia. Australia pernah membobol data tentang kartu kredit orang Indonesia, lalu hacker Indonesia pun mengacak situs Australia dan pemerintahannya, dan hacker Australia pun memohon ampun dan menyerah lewat unggahan video di YouTube.

Kedua fakta tentang hacker bernama Jim Geovedi yang mendadak mendapat sorotan dunia karena berhasil meretas sebuah satelit. Bukan sekedar meretas, ia bahkan bisa mengubah arah ataumenggeser posisi satelittersebut sesuai keinginannya. Kemampuan Jim sudah diakui secara internasional padahal ia mengaku belajar hacking secara otodidak tanpa kuliah.

3. Negara toleransi yang paling tinggi di dunia

5 Faktor yang bikin Indonesia jadi negara disegani di ASEAN

Toleransi antar umat beragama di Indonesia paling tinggi di dunia. Banyak negara demokrasi yang selalu ricuh ketika masalah isu sara muncul. Namun, semboyan Bhineka Tunggal Ika yang membuat kerukunan dan toleransi di Insonesia menjadi disegani di dunia, dan menjadi contoh bagi negara lain.


4. Pelopor dan penengah bagi negara yang bertikai

5 Faktor yang bikin Indonesia jadi negara disegani di ASEAN

Indonesia mendapat julukan negara pelopor kedamaian yang paling terbaik di dunia. Saat ada konflik antara Pemerintah Myanmar dan etnis Rohingya. Kedatangan Indonesia menjadi penengah ini disorot oleh dunia, dan sukses mendamaikan konflik tersebut.


5. Nama pahlawan banyak diabadikan di luar negeri

5 Faktor yang bikin Indonesia jadi negara disegani di ASEAN

Bukan hanya di Indonesia, nama pahlawan kita pun banyak diabadikan di luar negeri sana. Seperti Ir. Soekarno, Moh Hatta, R.A Kartini dan Munir. Nama-nama ini diabadikan sebagai jalan di berbagai negara seperti Maroko, Mesir, Pakistan, Rusia dan Belanda.