×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Buat mahasiswa tingkat akhir, begini 7 tips agar skripsi cepat kelar

0

Life

Buat mahasiswa tingkat akhir, begini 7 tips agar skripsi cepat kelar

Pintar gak menjamin kamu lulus cepat, ini cara supaya skripsimu cepat kelar.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Syifa Zaidatun Ni'mah

24 / 04 / 2019 15:17

Skripsi adalah sebuah kata yang bikin galau mahasiswa tingkat akhir seantero jagat raya. Bagaimana tidak, lama atau tidaknya lulus biasanya tergantung dari skripsi. So, penting banget buat kamu, mahasiswa tingkat akhir untuk tahu kiat-kiat khusus supaya skripsimu cepat kelar. Penasaran bagaimana kiatnya?

1. Pastikan memilih tema yang kamu suka dan kuasai.

Dengan menguasai materi, kamu akan lebih mudah dalam mengerjakan skripsi. Beda halnya jika tema yang kamu pilih adalah yang asing untukmu, harus belajar dari awal deh.

 

2. Buat target supaya lebih disiplin.

Loading...

Skripsi memang tak punya tenggat waktu yang jelas. Sehingga harusnya kamu sendiri yang menentukan deadline-nya. Buatlah target, misalnya, dalam 1-2 minggu bisa menyelesaikan bab 1 untuk diserahkan ke dosbing (dosen pembimbing).

 

3. Kalau kamu merasa tertekan dengan target, setidaknya harus ada progres setiap harinya.

Target memang bikin kamu terpacu untuk mengerjakan skripsimu lebih giat. Tapi kalau kamu sudah merasa tertekan, setidaknya kamu memiliki progres setiap harinya.

 

4. Ciptakan suasana kondusif.

Ada yang suka skripsian di kamar, ada yang lebih suka di kampus, atau malah di kafe. Dengan suasana yang kondusif dan sesuai dengan seleramu, pastinya kegiatan skripsian pun jadi lebih menyenangkan. Ya nggak?

 

5. Kamu memang harus membatasi kegiatan non-produktif, tapi jangan lupa kasih reward buat dirimu sendiri.

Setelah kamu kerja lembur demi skripsi, kamu harus memberikan hadiah ke diri sendiri. Entah itu dengan makanan dan minuman, atau sekadar nonton film kesukaanmu.

 

6. Aktif bimbingan dengan dosen.

Meskipun ketemu dosen tak segampang ketemu teman, kamu harus berusaha seaktif mungkin bimbingan. Update terus jadwal dosen pembimbing sehingga kamu bisa tahu kapan tepatnya dosbingmu ke kampus. Namun, kamu juga harus memahami bahwa kesibukan dosen tak melulu di kampus saja, ok?

 

7. Konsultasi dengan teman atau kakak tingkat yang telah lulus.

Ada kalanya kamu membutuhkan bantuan orang selain dosbing terkait skripsimu. Terkadang juga kamu hanya ingin diberikan motivasi saja. Dengan mengobrol bersama teman atau kakak tingkat, kamu bisa lebih termotivasi lagi dalam mengerjakan skripsi.

 

Ingat, skripsi bukanlah suatu hal yang menakutkan dan memang itu yang harus kamu lewati demi meraih gelar sarjana. Jutaan orang telah lulus sebagai sarjana dan membuktikan bahwa mereka mampu menaklukan skripsi. Tetap semangat dan pantang menyerah ya! #2019PakaiToga

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red