×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Buat anak kos, gini cara atur keuangan biar hemat sampai akhir bulan

0

Life

Buat anak kos, gini cara atur keuangan biar hemat sampai akhir bulan

Bisa kalian gak kelabakan di tanggal tua.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

18 / 09 / 2018 17:58

Buat kamu para anak kos yang harus mengatur keuangan sendiri, pasti ada tantangan dan keuntungan tersendiri. Keuntungannya, kamu bisa beli apapun yang kamu mau dan tak perlu takut dihakimi orang tua atau saudaramu. Orang tuamu juga tak akan tega melihat kebutuhanmu tak terpenuhi. Maka dari itu, kamu bisa belanja dengan suka hati.

Tantangannya adalah apakah uang yang kamu belanjakan sudah pantas dan tak kebanyakan. Atau jangan-jangan, selama ini kamu boros sampai-sampai tak bisa menabung dan beli sesuatu yang lebih penting.

Sebagai anak kos, kamu perlu menerapkan gaya hidup hemat. Apalagi saat pertengahan bulan dan uang kiriman orang tuamu mulai menipis.  Tak mungkin kan kamu bergantung sama orang tuamu terus? Sebagai anak kos kamu harus putar otak dan bertindak efektif dalam mengelola uang bulanan agar tak menderita di tanggal tua. Namun sayangnya nggak banyak anak kos yang bisa melakukannya. Rata-rata hanya bisa membelanjakan uang saku sesuka hati hingga di akhir bulan hanya bisa gigit jari.

Nah, biar nggak terus-terusan menderita di akhir bulan, ini 3 cara anak kos mengelola keuangan bulanan.

1. Tulis apa yang kamu butuhkan sebelum berbelanja

Loading...

Buat anak kos, gini cara atur keuangan biar hemat sampai akhir bulan

Foto: Pinterest

Sebelum belanja, tulis terlebih dulu apa yang kamu butuhkan dan akan dibeli. Tulis secara lengkap dan jangan sampai ada yang lupa. Setelah itu siapkan uang secukupnya dan jangan bawa berlebihan. Hal ini untuk menghindari agar kamu tidak membeli barang yang tak diperlukan. 

2. Beli apa yang kamu butuhkan, bukan inginkan

Buat anak kos, gini cara atur keuangan biar hemat sampai akhir bulan

Foto: Pixabay

Keinginan dan kebutuhan terkadang bedanya sangat tipis, ya. Malah terkadang kamu sangat sulit untuk dipisahkan. Kamu harus mulai belajar mana kebutuhan dan mana keinginan. Misalnya saat kamu berbelanja dan ingin membeli sebuah barang, coba pikirkan beberapa hal ini. Pertama, apakah kamu benar-benar membutuhkannya? Adakah barang lain di rumah yang bisa menggantikan barang tersebut? Atau apa yang akan kamu lakukan dengan barang tersebut setelah dibeli?

Jika memang barang tersebut tidak terlalu mendesak, maka itu termasuk keinginan, bukan kebutuhan. Tidak perlu membelinya agar keuangan bulanan aman hingga akhir bulan.

3. Beli barang-barang yang sudah habis saja

Buat anak kos, gini cara atur keuangan biar hemat sampai akhir bulan

Foto: Go To Malls

Jangan membeli barang yang stoknya masih ada sebagai alasan persediaan. Sebaiknya kamu membeli barang yang sudah habis saja. Membeli untuk persediaan hanya akan membuat pengeluaran membengkak.

Pada dasarnya barang persediaan belum terlalu dibutuhkan. Pengeluaran bisa dialihkan untuk membeli sesuatu yang jauh lebih penting dan mendesak.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red