Sebagai seorang atasan atau bos, pasti kamu menginginkan dirimu dihormati dan disukai oleh pegawaimu. Kamu pastinya mengharapkan suasana nyaman dan kondusif melingkupi tim kerjamu. Karena dengan ruang lingkup yang nyaman, akan membuat pekerjaanmu semakin bagus dan menghasilkan output yang baik pula.

Setiap pegawai pastinya menyukai seorang bos yang dapat membuat mereka nyaman, terayomi dan menjadi diri sendiri sehingga mereka dapat mengerjakan pekerjaan tanpa harus merasa sungkan dan takut. Nah bos! Berikut adalah cara membuat pegawaimu menyukaimu sebagai bos mereka.


1. Mudah beradaptasi

5 Cara agar bos kantoran selalu disukai dan dihormati semua pegawai

Menjadi bos yang menyenangkan membutuhkan kemampuan untuk beradaptasi dan membuat orang lain merasa nyaman didekatmu. Beberapa orang memang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru, namun sebagian orang pastinya harus belajar untuk menyesuaikan diri. Selain itu tidak semua orang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Apabila salah satu pegawaimu ada yang merasa tidak nyaman, bantulah dia untuk belajar agar dia merasa nyaman dan diterima dalam tim kerjamu.

2. Mengingat nama pegawai

5 Cara agar bos kantoran selalu disukai dan dihormati semua pegawai

Hal ini merupakan sesuatu yang sederhana namun sangatlah penting untuk kamu perhatikan jika kamu menjadi seorang bos. Dengan mengingat nama pegawaimu saat kamu mengajaknya ngobrol merupakan hal yang cukup menyenangkan bagi pegawaimu. Mereka akan merasa dihormati meski oleh bos mereka sendiri. Jadi Bos, sebisa mungkin kamu haru hafal dengan pegawaimu ya!

3. Dapat diandalkan

5 Cara agar bos kantoran selalu disukai dan dihormati semua pegawai

Apa yang kamu sampaikan pada pegawaimu harus kamu terapkan juga pada dirimu sendiri. Kamu sebagai bos pasti akan mempengaruhi kemampuan pegawaimu untuk menyelesaikan tugas mereka. Jika kamu berhasil menjadi bos yang bisa diandalkan, maka hidup para pegawai akan menjadi lebih mudah selain itu mereka akan lega terhadap apa yang telah menjadi keputusanmu.

4. Beri perhatian pada pegawaimu

5 Cara agar bos kantoran selalu disukai dan dihormati semua pegawai

Kamu bisa meluangkan waktu untuk mengenal orang-orang yang telah membantumu sampai saat ini. Segala hal memang ada batasannya, tapi tak ada salahnya kok kamu memberi sedikit perhatian pada pegawaimu. Misalkan saja kamu bisa menanyakan bagaimana kabar keluarga mereka. Pertanyaan ini bukan pertanyaan yang menandakan bahwa kamu penasaran pada kehidupan mereka namun pertanyaan ini sebagai tanda bahwa kamu perhatian dan mengingat apa yang pernah mereka ceritakan. Mereka pasti akan terkesan memiliki bos sepertimu.

5. Biarkan pegawaimu bercerita tentang kisah mereka

5 Cara agar bos kantoran selalu disukai dan dihormati semua pegawai

Sebagai bos yang baik, kamu juga perlu untuk mendengarkan keluh kesah mereka. Entah mereka menceritakan masalah pekerjaan atau hal lain. Meski pun seorang bos dituntut untuk memiliki kemampuan berbicara yang baik, namun kamu juga harus memiliki kemampuan sebagai pendengar yang baik juga. Karena seorang bos juga seorang leader yang dapat mengayomi pegawainya.