×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bikram yoga: Manfaat dan hal yang harus kamu perhatikan

0

Olahraga

Bikram yoga: Manfaat dan hal yang harus kamu perhatikan

Sebelum mempraktikkan bikram yoga atau hot yoga, kamu perlu untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nina Setiawan

13 / 09 / 2019 11:10

Yoga merupakan salah satu alternatif olahraga yang tidak memerlukan berpindah tempat dan tidak mengharuskan kamu melakukan gerakan fisik yang berat. Yoga merupakan jenis olahraga yang berasal dari India. Tujuan utama dari yoga sebetulnya jauh dari olahraga, di antaranya adalah merilis kekuatan spiritual dan mental seseorang. Meski demikian, yoga merupakan olahraga yang populer. Yoga juga dapat membantumu melawan stres dan kecemasan yang kerap melanda masyarakat modern.

Berlatih yoga dapat membuat fisik seseorang tetap bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Rutin melakukan yoga dapat membantu membuat seseorang mengelola mental, sosial, emosional, dan spritual menjadi lebih baik. Praktik yoga sudah banyak diadaptasi dalam berbagai variasi, baik itu gerakan maupun manfaatnya. Namun, secara umum gerakan yoga berfokus pada latihan pernapasan, meditasi, serta berbagai pose yang ditujukan untuk menciptakan relaksasi dan mengurangi stres.

Terdapat beberapa jenis yoga, salah satunya adalah bikram yoga atau hot yoga. Bikram yoga adalah jenis yoga yang dikembangkan oleh Bikram Choudhury yang melibatkan latihan 26 pose dan 2 latihan pernapasan di dalam ruangan dengan suhu 41 derajat celcius. Bikram yoga dipercaya dapat mendetoksifikasi dan meregangkan tubuh, menyembuhkan rasa sakit, menghilangkan stres, dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Latihan pernapasan yang dilakukan selama sesi latihan bikram yoga dalam ruangan yang panas dapat melatih penggunaan paru-paru yang tepat dan pernapasan yang lebih dalam menggunakan diafragma.

Namun, dengan berbagai manfaatnya, kamu perlu memerhatikan beberapa hal mengenai hot yoga atau bikram yoga. Bikram yoga dilakukan di ruangan bersuhu tinggi yang berbahaya bagi beberapa orang, terutama yang sensitif terhadap panas dan pernah menderita heat stroke. Seorang pemula yang berusia di atas 40 tahun juga sebaiknya tidak menganggap ringan bikram yoga. Sebelum mempraktikkan bikram yoga, ada baiknya kamu memahami 26 pose bikram yoga. Bikram yoga juga dapat memperburuk gejala sclerosis, seseorang dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan memiliki masalah jantung juga diharapkan menghindari olahraga bikram yoga, seperti dilansir dari Live Science.

Sebelum melakukan bikram yoga ada baiknya kamu melakukan adaptasi dengan melakukan pose savana, bernapas perlahan, dan menikmati keluar masuknya udara pada tubuh kamu. Selain itu, usahakan untuk minum banyak air beberapa jam sebelum memulai sesi latihan. Hal tersebut dapat menghindarkan kamu dari rasa haus yang berlebihan. Suhu tinggi dalam ruangan seperti sauna seharusnya tidak menjadi masalah. Namun, hal tersebut akan menjadi sulit karena kamu harus tetap dalam ruangan selama 90 menit. Ketika mulai merasa tidak nyaman, jangan merasa panik. Kamu hanya perlu duduk dan berkonsentrasi pada mengatasi rasa tidak nyamanmu dengan menutup mulut dan bernapas melalui hidung.

Loading...

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red