Kebumen merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi jawa tengah. Mungkin kabupaten ini sangat asing di telinga para traveller dan jarang diminati oleh para traveller. Namun jangan salah sangka walaupun jarang diminati namun kabupaten ini mempunyai spot unggulan untuk para pecinta sunset loh. Oke mari kita simak beberapa spot sunset terkeren yang ada di Kabupaten Kebumen.


1. Pantai Menganti

4 Pantai dengan spot sunset terbaik di Kebumen, indahnya kebangetan

sumber: lintaskebumen


Ada beberapa cerita yang beredar di masyarakat sekitar pulau menganti, konon katanya pantai ini mempunyai cerita tentang percintaan dimana pada zaman dulu ada seorang panglima perang dari Kerajaan Majapahit yang menjalin hubungan dengan seorang perempuan namun hubungan tersebut tidak direstui oleh orang tua sang perempuan. Karena tidak mendapat restu dari orangtua sang perempuan maka sang panglima pun kabur ke pantai menganti. Pantai ini merupakan tempat mereka untuk bertemu memadu kasih, tapi sepanjang penantian sangan panglima menunggu itu sang kekasih hatinya tidak muncul dan pergi ke pantai menganti ini. Lalu sang panglima pun terus menunggu penantian ini di pantai Menganti.

Dari kisah tersebutlah nama Menganti didapat. Menganti yang jika di artikan kedalam Bahasa Indonesia berarti menanti. Pantai ini tergolong masih sepi dari pengunjung. Pantai ini juga dijuluki New Zealand nya Indonesia. Pantai ini menunjukkan pesonanya yang alami yang membuat para traveller nyaman ketika menelusurinya. Lokasi pantai ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.


2. Pantai Pedalen

4 Pantai dengan spot sunset terbaik di Kebumen, indahnya kebangetan

sumber: kebumenwisata.wordpress.com


Pantai ini terletak di Desa Argopeni Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Pantai ini letaknya berada di teluk sempit yang dikelilingi oleh pagar karang dan bebatuan. pemandangan pertama kali saat masuk pantai ini yaitu pemandangan pepohononan yang cukup rindang dan teduh. Yang unik dari pantai ini yaitu pasir pantainya yang berwarna coklat yang bercampur dengan kerikil kecil yang terhampar menjadi karpet alami di pantai ini. Pantai inidulunya hanya merupakan tempat pelelngan ikan oleh para nelayan setempat. Namun berkat kehindahan yang disuguhkan akhirnya pemerintah setempat membuka pantai ini untuk destinasi dalam menikmati senja. Keunikan yang lain yaitu warna air di pantai ini berwarna hijau tosca sehingga membuat nyaman mata memandang. Yang ketiga yaitu letak pantai ini menghadap ke barat sehingga sangat cocok untuk melihat sunset pada sore hari.

3. Pantai Karangbolong

4 Pantai dengan spot sunset terbaik di Kebumen, indahnya kebangetan

sumber: www.iqbalkautsar.com


Sesuai dengan namanya. Pantai ini menyuguhkan pemandangan berupa akan batu karangnya yng bolong atau berlubang. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Keunikan yang ada dipantai ini yaitu memiliki pasir abu-abu yang menakjubkan.keindahan tersebut terlihat sempurna dengan sejumlah batu karang yang tersebar tidak beraturan di pantai ini.

4. Pantai Ayah

4 Pantai dengan spot sunset terbaik di Kebumen, indahnya kebangetan

sumber: tempatwisataindonesia.id


Pantai Ayah merupakan salah satu pantai yang indah di Kabupaten Kebumen. Nama lain dari Pantai Ayah adalah Pantai Logending. Nama Logending sendiri berasal dari dua kata yaitu Lo dan Gending. Menurut penuturan salah satu tokoh masyarakat, Lo merupakan nama dari sebuah pohon yang kayunya dapat digunakan atau dimanfaatkan sebagai alat music khas dari Jawa, dan alat musik khas tersebut biasa disebut Gending, jadi nama Logending merupakan gabungan dari Lo dan Gending. Seperti itulah asal usul nama Pantai Ayah atau Pantai Logending. Disebut Pantai Ayah karena letaknya di Desa Ayah.

Pantai ayah ini merupakan pantai dengan fasilitas terlengkap di Kabupaten Kebumen. Pantai Ayah terletak di Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai ini terletak sekitar 8 km dari Goa Jatijajar lebih tepatnya disebelah Selatannya, untuk sampai lokasi hanya memakan waktu 10 menit. Dekat bukan? Jika dari kota Kebumen kurang lebih 53 km. Akses menuju lokasi dalam kondisi baik, beraspal hotmix. Bahu jalannya yang lebar memungkinkan untuk bus pariwisata sampai ke Pantai Ayah.

Jalur menuju lokasi juga dapat dikatakan mudah. Jika dari arah Timur seperti Jogjakarta bisa mengambil arah Selatan menuju Gombong kemudian berbelok ke Selatan menuju Kecamatan Ayah. Jika pengunjung berasal dari Barat yaitu Purwokerto bisa menuju arah Timur sampai ke Gombong, sesampainya di gapura lihat sebelah kanan jalan menunjukkan arah menuju Goa Jatijajar. Dari situ nanti akan banyak petunjuk arah menuju Pantai Ayah.