×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Beras hitam atau merah, mana yang lebih baik untuk diet?

0

Kesehatan

Beras hitam atau merah, mana yang lebih baik untuk diet?

Di antara keduanya, mana sih yang lebih rendah kalori?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Calvin Leonardo, Holder of "Beasiswa Unggulan" Trisakti School of Tourism

16 / 08 / 2019 12:48

Karbohidrat kerap dihindari saat sedang menjalani program diet. Sebagian besar memilih untuk mengurangi porsi asupan karbohidrat dengan mengganti jenis karbohidrat yang lebih rendah kalori, seperti halnya beras merah.

Beras merah memang populer di kalangan pencinta diet dan hidup sehat. Namun, tahukah kamu mengenai beras hitam? Beras hitam merupakan jenis beras yang ternyata lebih baik untuk diet dibandingkan beras merah. Berikut perbedaan keduanya.

1. Kalori.

Dalam 76 gram beras hitam terkandung 200 kalori. Sedangkan beras merah dengan ukuran yang sama mengandung 226 kalori. Memang tak seberapa, hanya selisih 26 kalori. Namun jika dihitung, 26 kalori dikalikan dua waktu makan dalam sehari selama seminggu ditotalkan menjadi 364 kalori. Efeknya akan terlihat pada berat badan kamu.

2. Kandungan karbohidrat, serat, dan lemak.

Loading...

Dalam 76 gram beras hitam terkandung 43 gram karbohidrat, 3 gram serat, 6 gram protein, dan 2 gram lemak. Sedangkan dalam ukuran yang sama, beras merah mengandung 47 gram karbohidrat, 2 gram serat, 5 gram protein, dan 2 gram lemak. Dengan jumlah serat yang lebih tinggi, beras hitam lebih efektif dalam membantu memperlancar pencernaan kamu.

3. Kandungan mineral.

Mineral pada kedua jenis beras ini sama, namun beras hitam merupakan sumber zat besi yang lebih baik karena dapat memenuhi hingga 6% dari kebutuhan sehari-hari, sedangkan beras merah hanya sampai 5%. Warna hitam pada beras menandakan adanya kandungan zat antioksidan. Semakin pekat hitam beras maka semakin tinggi kandungan zat antioksidannya.

Menurut The American Chemical Society, antosianin, yaitu pigmen yang memberikan warna hitam pada beras merupakan antioksidan yang berperan melawan penyakit jantung dan kanker. Bahkan, jumlah antioksidan beras hitam melebihi jumlah yang ada pada buah blueberry.

Meski beras merah bukanlah sumber antosianin terbaik, namun beras merah mengandung vitamin E tinggi, yang juga berperan sebagai antioksidan untuk membantu kamu melawan penyakit berbahaya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red