Berdasarkan data dari PBB, kota-kota di dunia adalah polutan terbesar dan bertanggung jawab atas 70% emisi karbon. Sementara menurut badan kesehatan dunia, WHO, lebih dari 80% orang yang tinggal di kota-kota besar terpapar polusi udara melewati ambang batas WHO. Bahkan, jutaan orang meninggal karena polusi udara setiap tahunnya. Lantas bagaimana jika polusi udara juga menyebabkan penyakit diabetes?

Polusi menjadi salah satu penyebab diabetes.

Diabetes diketahui menyerang lebih dari 420 juta orang dan dikenal sebagaisalah satu penyakit yang tumbuh paling cepat di dunia. Selama ini,diabetesdikaitkan dengan faktor gaya hidup. Namun, penelitian dari Washington University School of Medicine menyatakan bahwa polusi juga memainkan peran penting.

Penelitian di Amerika menyebutkan bahwa polusi menjadi penyebab satu dari enam kasus diabetes di Amerika.Para ilmuwan menguji data dari 1,7 juta veteran AS yang tidak memiliki sejarah diabetes. Mereka lalu dipantau selama 8,5 tahun. Informasi kesehatan veteran ini kemudian dibandingkan dengan kualitas udara untuk menguji kaitan antara polusi dan risiko diabetes.

Benarkah polusi udara dapat memicu diabetes?

foto: pixabay.com

Hasil studi yang dipublikasikan pada jurnalLancet Planetary Healthtersebut, menunjukkan bahwa risikodiabetesmeningkat karena paparanpolusi udara. Polusi diduga mengurangi produksi insulin dalam tubuh yang mana mencegahnya mengubah glukosa darah menjadi energi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan.

Ziyad Al-Aly, peneliti senior dalam studi tersebut juga menyebutkan bahwa penelitian ini menunjukkan hubungan antara polusi udara dan diabetes secara global. Diperkirakanpolusi berkontribusi pada 3,2 juta kasus diabetes baru di seluruh dunia pada tahun 2016.

Lalu bagaimana mengatasinya? Pencemaran udara sudah terlanjur ada. Namun kita masih dapat menurunkan resikonya. Sudah saatnya kita memperbaiki gaya hidup sehat. Mulai dari pola makan yang baik, olahraga teratur, serta mengurangi aktivitas yang menimbulkan polusi udara, seperti berkendara. Mulailah bersepeda atau bahkan menanam pohon di sekitar rumah untuk penghijauan.