Mencuci muka dengan menggunakan sabun mandi memang lebih praktis sebab bisa membersihkan kulit tubuh secara menyeluruh. Namun, sabun mandi belum tentu baik untuk kulit wajah. Mengapa? Karena tekstur kulit wajah jelas berbeda dengan kulit tubuh seperti dikutip dari lifehack.org.

Kulit wajah lebih lembut, sedangkan kulit tubuh cenderung lebih kasar. Tingkat sensitivitas pada kulit wajah pun lebih tinggi dibandingkan kulit tubuh karena pH kulit wajah sedikit lebih rendah daripada pH kulit tubuh.

PH basa yang dimiliki sabun mandi lumayan tinggi, berbeda dengan kulit wajah yang lebih sensitif justru membutuhkan pH netral untuk tetap menjaga kelembabannya.

Deterjen yang terkandung dalam sabun mandi dapat mengangkat seluruh lemak yang diperlukan oleh kulit wajah yang membuat kulit wajah menjadi lebih kering dan kusam. Pori-pori pada kulit wajah akan tersumbat oleh bahan kimia yang terkandung dalam sabun mandi dan akhirnya muncullah komedo dan juga jerawat.

Selain itu, sabun mandi juga mengandung soda kausatik yang bisa memicu timbulnya kerutan pada kulit wajah yang menyebabkan penuan dini. Itulah penjelasan ilmiah tentang sabun mandi bukanlah sabun yang pas untuk wajah. Bagaimana? Apakah kamu masih ingin melanjutkan mencuci muka menggunakan sabun mandi?