Betis yang kecil dan ramping memang merupakan idaman para wanita agar dapat memperindah penampilan mereka. Tak jarang ukuran betis yang besar membuat mereka tidak percaya diri dalam berpenampilan.

Benarkah jalan kaki membuat betis membesar? Ini penjelasannya

Sumber: https://rheumapas.com/

Banyak orang yang mengaitkan bahwa salah satu penyebab betis menjadi besar adalah karena berjalan terlalu jauh. Padahal, berjalan kaki tidak lantas menyebabkan betis menjadi besar, tetapi dapat mengencangkan otot betis yang telah ada. Pasalnya, berjalan kaki dapat menyebabkan pergerakan pada otot kaki sehingga dapat menyebabkan otot kaki bagian bawah mengencang.

Sebenarnya, pembesaran yang terjadi pada betis merupakan pembengkakan pada bagian tubuh yang terjadi pada betis. Namun, pembengkakan ini dapat hilang dengan sendirinya alias tidak permanen. Pembengkakan tersebut terjadi akibat adanya water retension(penimbunan air) di dalam tubuh dan juga pengaruh gravitasi. Seperti yang kita ketahu, bahwa pada dasarnya sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air.

Berikut ini beberapa faktor yang dapat membuat betis membesar:

1.Faktor genetik (turunan).

Salah satu faktor yang menyebabkan betis besar adalah faktor turunan. Jika kamu memiliki orang tua atau saudara kandung yang memiliki betis besar, maka kamu pun berisiko memiliki betis yang besar pula. Selain itu, jika kamu memiliki achilles tendon pendek, maka dapat menyebabkan betis kamu menjadi lebih besar. Hal ini disebabkan karena otot betismu cenderung mengarah ke bawah untuk memenuhi tendon achilles yang pendek.

Untuk mengatasi masalah ini, yang harus kamu lakukan adalah menghindari aktivitas yang mendorong otot menjadi semakin besar, seperti berjinjit. Lakukan peregangan otot kaki setiap hari karena memperpanjang tendon merupakan hal yang tidak mungkin.

2.Pemakaianhigh heels.

Betis besar dapat disebabkan karena adanya penekanan secara berulang pada bagian depan telapak kaki, seperti saat menggunakan high heels. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya hindari penggunaan high heels terlalu sering. Akan lebih baik jika kamu menggunakan sandal atau sepatu yang nyaman untuk telapak kaki dan juga nyaman digunakan saat berjalan. Selain itu, berikan pijatan pada betis kamu setelah menggunakan high heels.

3.Beban pada otot kaki.

Gaya berjalan yang salah dapat menyebabkan peningkatan beban pada otot betis sehingga menyebabkan betis membesar. Kondisi ini dapat terjadi akibat otot-otot di sekitar betis kamu terlalu lemah, terutama otot kaki bagian depan. Jika otot bagian depan (tibialis anterior) lemah atau kaku, sebaiknya kamu melakukan pemanasan otot agar dapat membantu memperpanjang otot betis.