Kamu baru membeli PlayStation 5? Atau mungkin Xbox Series X baru saja dikirim oleh kurir? Selamat, saat ini kamu bagian kelompok terbatas yang dapat merasakan konsol video game generasi terkini pengganti PlayStation 4 dan Xbox One series.

Mungkin kamu sudah membaca dan mengetahui apa saja yang PlayStation 5 dan Xbox Series X (plus Series S) tawarkan sebagai fitur buat gamers dunia. Merupakan generasi konsol video game terkini, baik PS5 maupun XSX/XSS menawarkan banyak fitur dan hal-hal seru demi mendukung kegiatan gaming kamu. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan pesaingnya, namun kedua konsol ini memiliki persamaan: yaitu support TV/layar yang mendukung kemampuan resolusi 4K berkecepatan 120fps.

Beli PlayStation 5 atau Xbox Series X? Perhatikan ini sebelum ganti TV

Foto: Press-Start

Besar kemungkinan televisi di rumahmu dapat memainkan PS5 maupun XSX. Televisi rumah modern memiliki tampilan minimal 720p alias HD/High Definition. Ini adalah resolusi paling standar dan pasti diadopsi semua televisi modern layar datar di rumah konsumen (termasuk kamu). Kemudian ada resolusi 1080p atau lazim disebut FHD/Full High Definition. Sesuai nama, FHD akan menampilkan grafis lebih tajam dan cemerlang jika dibandingkan HD.

Konsol video game pra PS5/XSX seperti PlayStation 4 ke bawah (atau Xbox One ke bawah) biasanya memiliki kemampuan display setingkat ini. Sementara konsol gaming masa kini seperti PlayStation 5 dan Xbox Series X mendukung tampilan hingga 4K / 2160p (atau Ultra HD/UHD). Secara umum bisa dikatakan kalau tampilan UHD akan jauh lebih indah, tajam, cemerlang, dan lebih hidup dibanding tampilan resolusi di bawahnya. Ditambah lagi pergerakan gambar dengan kecepatan 120fps/frame-per-second (dua kali lipat dibandingkan kecepatan televisi sebelumnya yang maksimum 60fps) menjadikan tampilan di televisi terlihat halus banget di mata penonton. Sehingga tidak heran TV 4K dengan kemampuan ini sekarang masih berharga mahal.

Beli PlayStation 5 atau Xbox Series X? Perhatikan ini sebelum ganti TV

Foto: Pocket Lint

Apakah konsol masa kini seperti PS5 dan XSX mendukung TV 4K dengan 120fps? Ya, walau secara teknis implementasinya masih butuh waktu.

Apakah konsol masa kini seperti PS5 dan XSX mengharuskan TV 4K dengan 120fps? Tidak sama sekali. Jika TV kamu selama ini baik-baik saja menjalankan PS4, maka TV yang sama akan baik-baik saja menjalankan PS5. Tidak perlu khawatir. Tapi jika memiliki dana untuk mengganti TV karena ingin PS5 atau XSX kamu bekerja maksimum, maka ada hal yang perlu diperhatikan.

Jika TV yang kamu ingin beli memiliki fitur HDMI 2.1 maka itu ideal. Sayangnya TV dengan kemampuan ini masih sangat baru sekali (dan bahkan dalam beberapa laporan masih bermasalah) sehingga membeli TV baru dengan kemampuan HDMI 2.1 secara teknis bukanlah hal baik dilakukan sekarang ini. Baik PlayStation 5 maupun Xbox Series tidak mengharuskan TV dengan HDMI 2.1 untuk bisa digunakan, tapi memang keduanya akan memberikan tampilan terbaik dan tertinggi di televisi dengan slot HDMI 2.1 tadi.

Tidak perlu mengganti TV lama kamu ke TV baru yang lebih canggih gara-gara PlayStation 5 atau Xbox Series X. TV kamu yang sekarang masih akan memberikan pengalaman bermain game seru dan keren. Menurut beberapa kalangan, TV konsumer harga bersahabat (untuk kelas 4K tentunya) seperti TCL 6 Series bisa dipakai untuk bermain PS5/XSX tanpa kendala apa-apa selain mungkin grafis yang tidak maksimum karena bukan HDMI 2.1 punya.

Tapi saya mau ganti TV ke yang terbaik biar matching dengan PS5 baru saya!

Kalau begitu situasinya, TV 4K seperti LG CX bisa jadi pilihan kamu. Untuk gaming session dengan PS5/XSX, TV ini boleh dibilang memenuhi semua persyaratan. LG CX punya empat slot HDMI 2.1 di mana biasanya TV dengan kemampuan serupa hanya punya satu slot saja. TV ini bahkan ready dipasang ke PC Gaming qdengan kartu grafis Nvidia karena mendukung fitur G-Sync. Layar OLED-nya juga menjanjikan warna-warna lebih hidup dan nyaman, walau OLED juga punya kelemahan lebih redup ketimbang layar LED/LCD sehingga untuk beberapa kalangan layar ini kurang memuaskan. Memiliki TV ini dengan ukuran 55 inch akan menguras dana tidak kurang dari $ 1.399.99 alias hampir Rp 20 juta. Jelas bukan uang yang sedikit jumlahnya.

Beli PlayStation 5 atau Xbox Series X? Perhatikan ini sebelum ganti TV

Foto: YouTube

Tidak suka merek LG dan lebih prefer Samsung? Ada Samsung Q90T sebagai pilihan. Layarnya jenis LED sehingga memiliki tingkat terang/brightness lebih oke dari OLED LG CX sebelumnya. Q90T punya empat slot HDMI tapi hanya satu yang memiliki spesifikasi HDMI 2.1 sehingga kamu perlu copot-pasang kabel jika punya PS5 serta XBX dan bermain di satu TV ini saja. Harganya di bawah $ 1.300 sehingga secara ekonomis merupakan pilihan lebih hemat ketimbang LG CX.

Beli PlayStation 5 atau Xbox Series X? Perhatikan ini sebelum ganti TV

Foto: Samsung

Lebih percaya TV merek Sony untuk Sony PlayStation 5 kamu? Ada Sony X900H. TV ini diklaim ideal sebagai gaming TV dengan dua slot HDMI 2.1 tersedia dan siap menampung dua konsol generasi masa kini seperti PlayStation 5 dan Xbox Series X sekaligus. Harganya juga lebih murah (di bawah $ 1.000) sehingga tentu lebih menarik. Menurut beberapa review grafis di Sony X900H tidak terlalu baik dibanding dua TV sebelumnya tapi tetap dengan resolusi 4K dan kecepatan 120fps ready to roll. Apalagi merek Sony untuk fanboys/fangirls PlayStation tentu lebih meyakinkan ketimbang merek lain.

Beli PlayStation 5 atau Xbox Series X? Perhatikan ini sebelum ganti TV

Foto: Feedly

Tapi akan sangat dimengerti kalau kamu menunda ganti TV hanya gara-gara baru beli PlayStation 5 atau Xbox Series X. Karena TV yang sekarang juga masih baik banget buat dipakai nge-game. Tidak ada alasan mendesak untuk ganti TV demi konsol video game generasi terkini seperti PS5 atau XSX. Namun kalau kamu ada dana dan niat, ya kenapa tidak?

Happy gaming dengan TV apa pun!