×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini kemeriahan perayaan Hari Kemerdekaan di 10 negara, unik!

0

Global

Begini kemeriahan perayaan Hari Kemerdekaan di 10 negara, unik!

Gambar oleh Ady Arif Fauzan dari Pixabay

Tak hanya di Indonesia, tetapi di negara lain juga memiliki cara tersendiri untuk merayakan hari kemerdekaannya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Claudya

08 / 08 / 2019 11:35

Hari kemerdekaan memang lazimnya dirayakan dengan cukup meriah oleh setiap warga negara. Tidak hanya di Indonesia, namun di negara lain pun menyelenggarakan berbagai acara unik dan menarik untuk merayakan hari kemerdekaan. Berikut adalah perayaan hari kemerdekaan di sepuluh negara.

1. Indonesia (17 Agustus).

Indonesia

Di Indonesia, perayaan HUT Kemerdekaan RI dimulai dengan upacara bendera yang dilakukan dengan khidmat di Istana Negara. Upacara 17 Agustus identik dengan pengibaran bendera pusaka yang dilakukan oleh paskibraka yang sudah terlatih dan pembacaan teks proklamasi. Setelah upacara selesai, biasanya akan diadakan berbagai macam perlombaan seperti panjat pinang, lomba makan kerupuk, lomba balap karung, dan sebagainya. Selain itu, di televisi juga biasanya diputar mengenai sejarah Hari Kemerdekaan Indonesia.

2. Singapura (9 Agustus).

Loading...

Singapura

Pada tanggal 9 Agustus, di Singapura diadakan National Day Parade untuk merayakan kemerdekaan. Parade ini diisi dengan parade militer, lagu dan tarian multibudaya dan kemudian ditutup dengan parade kembang api. 

3. Filipina (2 Juni).

filipina

Pada tanggal 2 Juni, masyarakat Filipina biasanya menggunakan hari libur kemerdekaannya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabat. Selain itu warga Filipina juga mengadakan pawai yang mempertunjukkan kebudayaan Filipina sambil menikmati musik dan makanan lezat.

4. India (15 Agustus).

india

Perayaan Hari Kemerdekaan di India dimulai dengan upacara bendera yang didahului oleh pawai pasukan berkuda. Setelah itu, warga India mengadakan acara penerbangan layang-layang sebagai simbol kebebasan nasional. Sehingga pada hari itu, langit di India akan sangat indah dan berwarna-warni dipenuhi oleh layang-layang.

5. Korea Selatan (15 Agustus).

korea selatan

Perayaan kemerdekaan di Korea Selatan dikenal dengan istilah Gwangbokjeol. Peringatan kemerdekaan ini dimulai dengan upacara yang diadakan di Independence Hall of Korea di daerah Cheonan atau di gedung Sejong Center for the Performing Arts. Di sana masyarakat akan menyanyikan lagu resmi Gwangbokjeol. Setelah itu di seluruh penjuru Korea Selatan akan diadakan parade dan festival. Yang menarik, pemerintah Korea Selatan pada hari itu memberikan pengampunan hukuman khusus untuk tahanan.

6. Prancis (14 Juli).

perancis

Setiap tanggal 14 Juli, perayaan kemerdekaan ditandai dengan Parade Militer di Champs-Elysees. Sejumlah pesawat beratraksi dan mengeluarkan asap yang menyerupai warna bendera Prancis. Pada malam harinya, di sekitar menara Eiffel akan ada pesta kembang api dan disiarkan di seluruh stasiun televisi di Prancis.

7. Australia (26 Januari).

australia

Setiap kota di Australia memiliki cara yang berbeda dalam memperingati Hari Kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 26 Januari. Biasanya di kota-kota tersebut diadakan berbagai perayaan seperti konser berbagai genre, festival, piknik serta barbeque. Misalnya di Sidney, biasanya pada tanggal tersebut diadakan lomba perahu yang sangat mendunia, sedangkan warga Perth merayakannya dengan acara pertunjukan kembang api.

8. Meksiko (16 September).

meksiko

Untuk merayakan Hari Kemerdekaanya, Meksiko mengadakan parade dan konser yang dimulai pada malam hari sebelumnya yakni tanggal 15 September. Di Meksiko, pusat perayaan dilakukan di Zocalo, alun-alun terbesar di dunia. Perayaan juga diselingi dengan pembacaan pidato mengenai patriotisme yang dibawakan oleh Presiden Meksiko. Dan diakhir perayaan biasanya ditutup dengan pertunjukan kembang api yang meriah.

9. Ghana (6 Maret).

Ghana

Masyarakat di Ghana merayakan hari kemerdekaannya dengan berbagai acara musik dan tarian dengan segala unsur tradisi Afrika Barat yang dilakukan di pesisir pantai. Sedangkan di Desa Shama, biasanya diselenggarakan kompetisi perahu layar hias.

10. Peru (28-29 Juli).

Peru

Warga Peru merayakan hari kemerdekaannya selama 2 hari, yakni pada tanggal 28 dan 29 Juli. Peringatan kemerdekaan ini dirayakan dengan upacara kenegaraan dan perayaan kemerdekaan di Miraflores, pusat Kota Lima. Di sana diadakan parade orang dengan kostum yang berwarna-warni serta alunan tabuhan drum.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red