Saat masih kecil, ketika melihat kilatan petir maka kamu mungkin segera mulai menutup telinga sambil mulai berhitung hingga terdengar bunyi gemuruh guntur. Namun, sadarkah kamu bahwa ternyata menghitung seperti ini sesungguhnya memberi manfaat untukmu? Ya, cara ini berguna untuk menentukan seberapa jauh jarak petir berada dari posisimu. Berikut caranya seperti dikutip dari Popular Science (08/06/2018).

Petir yang kamu lihat adalah pelepasan listrik yang bergerak di antara awan dan tanah. Guntur yang terdengar adalah ekspansi udara yang cepat sebagai respons terhadap panas yang sangat menyengat. Jika benar-benar dekat dengan petir, kamu akan melihatnya dan mendengar guntur secara bersamaan. Tetapi ketika jauh, kamu akan melihat kilat dan mendengar bunyi petir pada waktu yang berbeda. Itu karena cahaya berjalan jauh lebih cepat daripada suara. Bayangkan kamu duduk di kursi paling jauh dari stadion di pertandingan sepak bola, maka kamu akan melihat pemain menendang bola sedetik sebelum mendengar bunyi "buk" dari tendangan bola. Jadi tidak seperti cahaya yang sangat cepat, suara masih memberi kamu jeda waktu untuk berhitung.

Mari menyederhanakan persamaan kecepatan.

Suara berjalan lebih dari 700 mil per jam, atau 700 mil dalam 3.600 detik. Itu berarti 7 mil perjalanan setiap 36 detik. Buat ini lebih mudah dan bulatkan menjadi 7 mil setiap 35 detik, atau 1 mil setiap 5 detik! Nah sekarang, hitung sampai 5, jika kamu mendengar gemuruh guntur, maka itu berarti petir terjadi dalam jarak 1 mil (1.6 km) dari posisi kamu berada.

Nah, sekarang kamu sudah tahu seberapa jauh kamu dari petir, tetapi apakah itu jarak yang aman? Memang ini tetap tidak bisa dijamin 100 persen aman, tapi paling tidak cara ini bisa mengurangi risiko tersambar petir.

Bagaimanapun gemuruh guntur diketahui bisa didengar dari jarak 25 mil dan serangan petir yang terdokumentasi juga bisa berjarak 25 mil jauhnya. Jadi kemungkinan untuk diserang petir itu masih tetap ada selama gemuruh guntur masih terdengar dan berlindung di dalam ruangan atau di dalam mobil tertutup adalah pilihan yang paling aman.

Satu lagi yang perlu diingat adalah jangan juga mengandalkan petuah lama bahwa petir tidak pernah menyerang tempat yang sama dua kali. Itu sama sekali tidak benar karena faktanya petir menyambar bagian atas Empire State Building rata-rata 23 kali per tahun.