×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini cara mengisi liburan yang bermanfaat ala mahasiswa

0

Life

Begini cara mengisi liburan yang bermanfaat ala mahasiswa

Kamu bisa banget menambah uang jajan di masa liburan panjang ala mahasiswa.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Cynnmn

11 / 02 / 2019 11:20

 

Udah masuk liburan panjang nih meskipun setiap perguruan tinggi memiliki jadwal libur pergantian semseter yang berbeda-beda. Sebagian besar akhir tahun sampai bulan Januari untuk libur pergantian semester ganjil menuju genap, dan bulan Juli sampai Agustus untuk liburan semester genap. Biasanya yang dilakukan mahasiswa selama liburan adalah pulang kampung, tentunya bagi mahasiswa rantau yang rindu keluarga dan kampung halaman. Kemudian waktu selanjutnya digunakan untuk liburan bersama keluarga maupun bertemu dengan teman-teman lama.

Itu kegiatan kebanyakan orang loh! Lalu bagaimana sih mengisi liburan semester dengan cara yang berbeda?

Sekarang kita lihat dulu masalah yang biasanya melanda kalangan mahasiswa setiap liburan deh. Biasanya kita dapat berinovasi dengan melihat inti permasalahannya. Banyak mahasiswa ketika liburan tiba justru kekurangan uang jajan, sementara ajakan untuk berlibur terus berdatangan. Tapi apa boleh buat kalau uang tidak mencukupi mahasiswa hanya bisa berbaring di rumah sambil nonton drama Korea hasil minta dari temen deh.

Nah sekarang, aku mau kasih tau nih, setidaknya ada 3 cara untuk mengisi liburan lebih bermanfaat dan dapat memberikan penghasilan bagi mahasiswa tentunya, di antaranya:

1. Menjadi pekerja paruh waktu (Part time).

Loading...

Kalian bisa mencari-cari informasi tentang kerja paruh waktu sebelum liburan tiba. Jika dirasa cocok, cobalah untuk mendaftar dan melakukan serangkaian tes. Mungkin kalian tidak bisa menikmati liburan karena waktunya digunakan untuk bekerja. Namun uang yang dihasilkan dari hasil kerja paruh waktu bisa ditabung atau digunakan untuk hal yang lebih membutuhkan lho.

 

2. Menjadi penulis lepas.

Yang kedua buat kalian para mahasiswa yang suka menulis nih, jangan cuma menulis status di facebook atau bikin caption panjang di Instagram dong. Coba gunakan kemampuan kalian untuk mengasah diri dengan menjadi penulis lepas (Freelancer). Bisa menulis artikel di website, atau menulis di koran juga bisa. Jika beruntung, tulisan kalian akan di publikasi dan bisa dibayar lho. Contohnya aku ini yang mencoba menulis di @Brilio.net, eh ternyata lumaan juga manfaatnya.

 

3. Wirausaha kecil-kecilan.

Dan terakhir untuk mahasiswa yang punya jiwa wirausaha tinggi nih, bisa dicoba deh buka bisnis kecil-kecilan. Bisa dengan membuka usaha online, menjual jajanan yang lagi hits di sekitar komplek rumah, atau bisa juga dengan membuka Jastip atau jasa penitipan makanan khas daerah kalian. Jastip biasanya dilakukan selama liburan, dan target pemasarannya adalah orang-orang di tanah rantau. Misalnya nih, kalian yang berasal dari Medan bisa menjual Bolu Meranti, dari Palembang bisa menjual Pempek Asli Palembang, atau yang dari Serang Banten bisa banget open Jasatip Bontot Khas Pontang. Dijamin deh laku keras di pasaran rantau.

Jadi itulah beberapa cara untuk menambah penghasilan mahasiswa. Tapi, jangan lupa untuk tetap belajar dan update info terkini semasa liburan ya. Jadilah mahasiswa cerdas!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red