×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini 5 cara ampuh mengatasi sakit kepala tanpa minum obat

0

Kesehatan

Begini 5 cara ampuh mengatasi sakit kepala tanpa minum obat

Cara ini sangat efektif dilakukan jika memang sakit kepala yang kamu alami adalah sakit kepala biasa (bukan karena adanya penyakit lain).

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Udin Sedunia

16 / 04 / 2019 12:35

Kepala terasa sakit memang sering terjadi pada orang dewasa. Ini yang dinamakan dengan Headache, suatu pertistiwa normal yang disebabkan oleh ketegangan otot-otot di daerah kepala, pundak, leher, sampai rahang. Hal ini biasanya terjadi selama 30 menit atau bisa jadi sampai berjam-jam. Namun, tetap saja jika tidak diobati maka sakitnya akan menjalar dari belakang kepala sampai ke bagian depan.

Begini 5 cara ampuh mengatasi sakit kepala tanpa minum obat

Sumber: https://kapsulmetama.com/

Sakit kepala sama halnya dengan sakit gigi, walaupun terkesan sepele atau penyakit kampung (banyak orang bilang), tetap saja bila kamu mengalaminya pasti akan membuat aktivitas terganggu.

Penanganan yang akan dilakukan setiap orang pun pasti berbeda-beda, ada yang langsung tidur atau ada yang dengan minum obat (itu pun kadang cocok, kadang tidak). Nah, ada tips buat kalian untuk mengatasi sakit kepala tanpa obat. Jadi ketika sakit kepala menyerang, kamu bisa coba lakukan cara-cara berikut ini.

Loading...

1. Kompres.

Ketika sakit kepala datang, coba kompres bagian kening dan belakang leher kamu dengan air hangat. Tujuannya agar dapat melancarkan peredarah daran dan mengendurkan otot yang kaki di bagian leher.

Setelah berulang kali dikompres dengan air hangat, selanjutnya kompres lagi namun dengan air dingin. Tujuannya untuk mengecilkan pembuluh darah, jadi tekanan terhadap saraf-saraf sensitif yang terdapat di kepala akan berkurang.

 

2. Pijat ringan.

Pijat bagian kepala, leher, dan pundak kamu menggunakan jari telunjuk dan atau ibu jari. Pijatlah dengan tenaga yang ringan saja selama selama 7-15 detik, lalu lepaskan dan ulangi lagi. Awas jangan memijat terlalu keras, sebab bisa menambah sakit kepala kamu.

 

3. Peregangan.

Sakit kepala yang disebabkan oleh tegangnya otot-otot di bagian pundak dan leher ini bisa terjadi karena stres, kelelahan, atau posisi duduk yang sama untuk waktu yang terlalu lama. Untuk mengatsinya, kamu tinggal melakukan peregangan seperti tekuk kepala kamu ke satu sisi kemudian putar perlahan ke arah bawah membentuk gerakan setengah lingkaran, biarkan dagu kamu menyentuh dada. Kamu bisa ulangi kembali ke sisi yang berlawanan. Ya, peregangan sama saja seperti yang kamu lakukan ketika hendak berolahraga.

 

4. Istirahat.

Carilah tempat berbaring atau hanya sekadar duduk, kalau bisa di tempat agak gelap. Istirahatlah dengan tenang, pejamkan mata, atur napas (relaksasi), dan hindari kebisingan. Dengan cara ini akan membuat kamu tenang dan sakit kepala akan berangsur hilang tanpa obat.

 

5. Minum air.

Keurangan cairan tubuh atau dehidrasi juga bisa menyebabkan sakit kepala. Makannya kamu jangan kurang dalam mengonsumsi air putih. Biasanya sakit kepala karena dehdrasi akan disertai dengan rasa lelah, haus, mulut kerig, dan jarang buang air kecil. Jika kondisi itu terjadi, cobalah untuk meminum segelas air.

 

Nah, itulah sakit kepala yang umum terjadi, dan kamu bisa mengobatinya dengan cara yang sederhana tanpa menggunakan obat. Sebelumnya kamu juga harus tahu, sakit kepala yang kamu alami penyebabnya karena apa. Jika karena lelah, otot tegang, atau kurang tidur, masih bisa diobati dengan cara tersebut.

Yang perlu kamu catat, jika sakit kepala yang berlangsung minimal 15 hari dalam satu bulan, yang terjadi selama tiga bulan berturut-turu, maka kamu harus berhati-hati. Itu bisa saja merupakan kondisi sakit kepala kronis. Penyebabnya pun bisa karena adanya penyakit lain yang berbahaya. Jika kamu mengalami hal ini sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red