Jika kamu benar-benar pencinta pedas, tentu kamu punya stok sambal di rumah, bener nggak? Stok sambal yang kamu simpan di rumah bertujuan agar sewaktu-waku kamu ingin makan sambal kamu tinggal ambil aja.

Meskipun sekarang sudah banyak sambal instan dalam kemasan botol kaca yang siap pakai, tapi kamu lebih suka jika membuat sambal sendiri di rumah, karena kualitas rasa dan bahannya lebih terjamin.

Membuat sambal itu juga memerlukan waktu. Agar tidak ribet dan menghemat waktu kamu tidak perlu membuat sambal setiap hari. Kamu bisa membuat sambal dalam jumlah cukup banyak untuk stok satu minggu. Untuk membuat stok sambal, ikuti 3 tips ini.

1. Masak bahan-bahan sambal sebelum dihaluskan.

Begini 3 cara mudah membuat sambal untuk stok di rumah

Foto: Cookpad

Berbeda dengan sambal dadakan sekali habis, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal sebagai stok sebaiknya dimasak terlebih dahulu.Kamu bisa menggoreng atau merebus semua bahan yang akan dibuat sambal sampai setengah matang sebelum dihaluskan. Agar sambal tidak bau langu dan lebih mudah dihaluskan nantinya.

2. Haluskan sambal.

Begini 3 cara mudah membuat sambal untuk stok di rumah

Foto: Resep kue

Setelah digoreng dan bahan-bahan sambal sudah dingin, langkah selanjutnya adalah haluskan sambal. Agar lebih cepat dan praktis, haluskan sambal menggunakan blender dry mill atau food processor. Untuk teksturnya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Mau tekstur kasar atau halus.

Jika kamu suka sambal dengan tekstur halus, kamu bisa memblendernya lebih lama. Tapi jika kamu suka tekstur sambal yang masih agak kasar, blender sebentar saja. Atau jika kamu punya banyak waktu luang dan tak keberatan untuk pegal, kamu bisa menguleknya secara manual.

3. Tumis sambal dan masukkan ke dalam botol kedap udara.

Begini 3 cara mudah membuat sambal untuk stok di rumah

Foto: Tomengo.com

Tumis sambal bersama minyak sampai aromanya keluar dan kandungan air dalam sambal berkurang. Setelah sambal matang, matikan kompor dan biarkan sambal dingin. Masukkan sambal ke dalam botol kaca kedap udara, tutup rapat, lalu simpan di lemari es atau dalam suhu ruangan. Jangan lupa sesekali hangatkan sambal agar tidak basi. Dan sambalmu bisa bertahan sampai 1-2 minggu.