1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Creator
Uli Wahyuliana 16 September 2017 15:46

Banyak yang nggak suka, 5 makanan ini justru kaya manfaat lho

Ingat yang enak belum tentu sehat.

Makanan enak punya berbagai rasa. Ada yang rasanya manis, asin dan pedas. Rasa ini juga tergantung dengan selera orang di tiap daerah. Hayo kalau kamu suka rasa yang mana?

Namun, tak semua makanan enak digemari banyak orang. Uniknya makanan ini juga punya banyak manfaat lho. Nah, berikut 5 makanan yang kaya manfaat tapi nggak disukai orang.

1. Buah Pare

Karena rasanya yang pahit, banyak yang tidak suka makanan ini. Meski diolah sedemikian rupa, dimasak dengan berbagai macam bumbu, rasa pahitnya memang sulit dhilangkan.

Buah pare sendiri mengandung sejumlah zat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bagi para ibu, mengkonsumsi buah pare yang kaya akan folat di masa menyusui dapat meningkatkan produksi ASI. Manfaat lain dari buah pare seperti dikutip dari herbalogi.com, adalah membantu penurunan kadar gula dalam darah, mengandung serat tinggi dan kaya akan vitamin C jadi sangat cocok untuk diet dan kecantikan kulit, mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker, penuaan dini dan penyakit berbahaya lainnya.

Foto: selerarasa.com

2. Ceker Ayam

Yang tidak suka dengan makanan ini mungkin karena membayangkan ceker itu kotor. Bagian kaki ayam yang menginjak tanah. Bentuknya juga terlihat serem. Tapi jika diolah dengan baik, ceker enak banget lho.

Seperti dikutip dari halosehat.com, ceker mengandung zat kapur yang baik untuk persendian. Kandungan kalsium pada ceker juga bagus untuk kesehatan tulang dan gigi.

Ceker ayam memang tidak selamanya menyehatkan, selain bermanfaat ada juga efek sampingnya. Jadi harus selektif sebelum mengolah. Ayam yang pakannya tidak sehat dan sering disuntik dengan antibiotik sebaiknya cekernya tidak dikonsumsi.

Foto: rasasayange.co.id

3. Jengkol

Banyak yang tidak suka jengkol karena makanan ini dianggap bau. Padahal ada banyak cara mengolah jengkol untuk meminimalisir baunya. Cobalah rendam jengkol pada air kapur sirih atau air es semalaman, cara ini bisa mengurangi bau pada jengkol. Selain cara itu, coba rebus jengkol bersama irisan daun jeruk purut.

Karena mengandung serat tinggi, jengkol dipercaya dapat mengatasi sembelit, kanker usus, bahkan diyakini dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Jadi sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Foto: Detikfood

4. Pete/petai

Sama halnya dengan jengkol, banyak yang tidak suka pete karena baunya. Dikutip dari hellosehat.com, petai diyakini banyak mengandung zat besi sehingga sangat baik untuk menyembuhkan anemia.

Biji eksotis ini juga memiliki kandungan kalium tinggi, tetapi rendah garam, yang dapat menaklukkan tekanan darah. Bahkan US Food and Drug Administration memberi izin kepada industri petai untuk membuat klaim resmi sebagai buah yang memiliki fungsi untuk mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

Foto: Detikfood

5. Durian

Lagi- lagi makanan ini pun banyak yang kurang suka karena aromanya yang menyengat. Bahkan bagi pecinta durian sekalipun jika mencium aroma durian dalam kendaraan bisa dibikin mabuk dan mual.

Durian diyakini mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat mencegah penyakit berbahaya. Durian juga mengadung kalium yang dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan otot, tulang, kardiovaskular, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Foto: detikfood

Source
  • Observation

YOU MAY ALSO LIKE

Kenapa Melamun Itu Penting?
Kamu masih sering melamun nggak nih? Simak selengkapnya di video Brilio.net berikut.
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Banyak yang nggak suka, 5 makanan ini justru kaya manfaat lho.
Ingat yang enak belum tentu sehat.
https://www.brilio.net/creator/banyak-yang-tak-suka-5-makanan-ini-justru-menyehatkan-091657.html
SEND

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?