Harga sebuah rumah umumnya berkisar ratusan hingga puluhan miliar rupiah. Namun apa jadinya jika sebuah rumah hanya berharga 500 ribu rupiah? Mungkin banyak diantara kamu yang tidak percaya, namun seperti yang dikutip dari dailymail.co.uk, rumah tersebut memang benar-benar ada.

Banyak yang tak percaya jika rumah ini berharga Rp 500 ribuan

Rumah mungil yang dibuat oleh desainer asal Amsterdam tersebut diberi nama Fiction Factory Wikkel House. Bahan pembuatan rumah tersebut berasal dari berbagai barang-barang daur ulang, sehingga hanya menelan biaya sebesar 26.617 punsterling atau setara dengan Rp 480 ribuan.

Banyak yang tak percaya jika rumah ini berharga Rp 500 ribuan

Fiction Factory Wikkel House ini dibangun menggunakan lapisan kardus sebanyak 24 lapis yang saling terkait antara satu sama lain. Kardus-kardus tersebut direkatkan menggunakan sebuah lem khusus. Namun meskipun dibuat dengan kardus, kekuatan rumah mini tersebut bisa diandalkan.

Sama seperti rumah pada umumnya, didalam Fiction Factory Wikkel house ini juga terdapat kamar mandi serta dapur. Agar tumpukan kardus tersebut kuat menahan guyuran air dan salju, tumpukan kardus tersebut dilapisi menggunakan kayu yang tahan air.

Banyak yang tak percaya jika rumah ini berharga Rp 500 ribuan

Hebatnya lagi, rumah mini ini tidak menggunakan pondasi karena tidak memiliki beban yang cukup berat. Bahkan sang desainer percaya bahwa Fiction Factory Wikkel House dapat bertahan sampai 100 tahun kedepan.

Saat ini terdapat 20 tempat yang tengah memproduksi Fiction Factory Wikkel House ini. Tercatat ada beberapa perusahaan yang telah mengikuti struktur instalasi dalam lingkungan pedesaan dan perkotaan, termasuk menampilkan sebuah ruang kelas di Universitas Amsterdam, Belanda.