×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Baik untuk kesehatan mental, ini 5 manfaat positif bersedekah

0

N/A

Baik untuk kesehatan mental, ini 5 manfaat positif bersedekah

Foto: Lina Trochez on Unsplash

Banyak manfaat baik yang bisa kamu dapat saat melaksanakan sedekah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Muh. Ruslim Akbar

22 / 11 / 2021 16:00

Bersedekah atau memberi sesuatu kepada orang lain secara sukarela adalah hal yang sejak dulu banyak dilakukan. Baik ketika manusia masih disebut homo sapiens hingga era di mana kemungkinan segala hal dapat diciptakan dengan kemajuan ilmu sains dan teknologi.

Hal tersebut membuktikan bahwa bersedekah adalah kegiatan yang tidak pernah hilang dalam masyarakat. Selain sebagai salah satu anjuran agama, banyak hal positif yang dapat kita peroleh saat bersedekah, baik dari aspek spiritual, kesehatan medis, psikologis, hingga sosiologi. Yuk, simak ulasan manfaat bersedekah di bawah ini.

1. Memicu hormon cinta.

Dalam aspek psikologis, otak manusia akan mengeluarkan hormon oksitosin yaitu hormon cinta ketika mereka memberi sesuatu kepada orang lain. Sehingga ketika kita bersedekah, yang memberi dan diberi sama-sama akan merasakan kebahagiaan. Hal ini tentu akan berdampak baik pada kesehatan tubuh manusia, yang sangat dipengaruhi oleh kondisi psikologisnya.

2. Mempererat hubungan manusia.

Loading...

Salah satu alasan seseorang ingin bersedekah yaitu karena adanya keyakinan dan rasa percaya bahwa apa yang ia berikan dapat mendatangkan kebaikan dan manfaat kepada orang lain. Hal tersebut tentu berdampak baik dalam mempererat hubungan sosial seseorang di masyarakat. Semakin baik rasa saling percaya antara kita dengan orang lain, maka konflik kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat akan lebih mudah dihindari.

3. Meningkatkan rasa syukur.

Segala hal yang kita miliki saat ini, baik yang berwujud seperti harta, jabatan, keluarga, hingga yang tak berwujud seperti kesehatan, merupakan pemberian dari Tuhan yang patut disyukuri. Melalui bersedekah, kita menyakini bahwa apa yang kita miliki saat ini hanya bersifat sementara yang sewaktu-waktu pula bisa hilang. Bersedekah adalah wujud nyata bentuk kesyukuran kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

4. Mencegah penumpukan harta.

Dalam aspek materiel, bersedekah akan mengurangi penumpukan harta. Pakaian bekas dan harta benda kita yang lain tentu lebih bermanfaat jika diberikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Menyimpan benda-benda tersebut, tentu saja membutuhkan tempat khusus dan berisiko mengalami kerusakan.

5. Mendapatkan kebaikan di sisi Tuhan.

Sebagai salah satu bentuk ibadah, bersedekah dapat pula mendatangkan berbagai kebaikan dalam sisi spiritualitas. Misalnya, untuk menghapus dosa-dosa, mendatangkan keberkahan pada harta benda, serta dapat melipatgandakan pahala. Selain itu, dengan bersedekah kita akan mendapatkan kebaikan dan pahala yang akan terus mengalir.

Bersedekah tidak boleh dipandang hanya sebatas materi. Pikiran, tenaga, maupun waktu adalah hal-hal yang juga bisa kita berikan kepada orang lain. Apalagi, sedekah dapat dilakukan oleh siapa pun, kapan pun dan di mana pun kita berada.

 

Oleh: Muh. Ruslim Akbar (@muhruslimakbar) 






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red