×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bahaya, jangan pinjamkan 6 barang pribadi ini kepada orang lain

0

Kesehatan

Bahaya, jangan pinjamkan 6 barang pribadi ini kepada orang lain

Barang-barang ini memang terbilang sepele, namun bahaya jika digunakan bergantian dengan orang lain.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ilfa Rosidah

26 / 04 / 2019 11:39

Bakteri senantiasa berada di permukaan kulit tubuh manusia. Meski tidak selalu berbahaya, namun bisa saja menyebabkan infeksi. Selain pada permukaan tubuh, bakteri juga bisa menempel di pakaian dan beberapa benda lainnya.

Untuk mencegah penularan bakteri, terdapat beberapa barang yang tidak boleh dipinjamkan atau dengan pemakaian secara bersamaan. Selain karena barang tersebut adalah barang pribadi, pemakaian secara bergantian bisa menularkan penyakit. Dirangkum dari berbagai sumber (26/04), berikut ini adalah 6 barang pribadi yang tidak boleh digunakan secara bergantian.

1. Gunting kuku.

Bahaya, jangan pinjamkan 6 barang pribadi ini kepada orang lain

Seperti yang dilansir dari laman health.detik.com, kebiasaan meminjamkan gunting kuku atau pisau cukur bisa berarti bukan sesuatu yang baik dari sisi kesehatan karena rawannya penularan hepatitis B, C, dan D. Hepatitis tipe ini sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan penyakit hati menahun, termasuk sirosis (pengerasan hati), gagal hati, kanker hati, dan kematian.

Loading...

Hepatitis atau kadang-kadang disebut dengan penyakit kuning merupakan peradangan hati (liver) yang kebanyakan disebabkan oleh infeksi virus. Nah, penyakit ini gampang menular jika seseorang meminjamkan barang-barang pribadinya.

 

2. Sisir.

Bahaya, jangan pinjamkan 6 barang pribadi ini kepada orang lain

Menurut periset, rambut dan kulit kepala sama halnya seperti anggota tubuh lain. Area tubuh ini pada dasarnya juga rentan terserang penyakit. Meminjamkan sisir secara bergantian dapat meningkatkan risiko penyebaran parasit seperti kutu, kudis, bahkan infeksi staph. Kurap dan kutu ini dengan mudah dapat menyebar dan menular lewat sisir yang digunakan secara bergantian.

Jika ingin berbagi sisir, segera bersihkan dengan sabun, tisu basah, atau alkohol. Cara terbaik untuk melindungi diri sendiri adalah dengan tidak berbagi sisir untuk kesehatan dan kebersihan anggota badan.

 

3. Handuk.

Bahaya, jangan pinjamkan 6 barang pribadi ini kepada orang lain

Handuk merupakan barang yang cukup sensitif, apalagi jika dipakai bergantian dengan orang lain. Handuk yang digunakan oleh lebih dari satu orang dapat meningkatkan risiko pertukaran kuman di antara orang-orang yang menggunakan handuk tersebut.

Masalah kulit adalah masalah pertama yang akan menyerang kamu ketika pakaian handuk secara bergantian. Bakteri yang bersarang di dalam handuk akan dengan mudahnya nempel ke kulit kamu dan berkembang biak di sana. Masalah yang paling ringan adalah gatal-gatal di permukaan kulit. Sedangkan yang paling berat adalah bengkak hingga penyakit mematikan lainnya.

 

4. Earphone.

Bahaya, jangan pinjamkan 6 barang pribadi ini kepada orang lain

Hindari pemakaian earphone bersama-sama dengan orang lain, termasuk dengan pasangan maupun anggota keluarga lainnya. Bagaimanapun, di telinga setiap orang terdapat jenis bakteri yang berbeda-beda, dan ini sama sekali bukan untuk dibagikan ke orang lain.

Seperti yang dilansir dari laman womantalk.com (02/05), kebersihan earphone yang kurang terjaga juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada telinga. Contohnya infeksi, berkembangbiaknya jamur, swimmer’s ear, serta jerawat, dan komedo hitam di telinga.

 

5. Sikat gigi.

Bahaya, jangan pinjamkan 6 barang pribadi ini kepada orang lain

Sikat gigi juga bisa menyimpan bakteri seperti Staph, E. coli, dan Pseudomonas yang bisa menyebabkan munculnya penyakit. Dan risiko penyakit ini makin meningkat jika kamu sering menggunakan sikat gigi orang lain. Beberapa bakteri yang ada tadi akan berpindah dan menularkan penyakit seperti periodontal atau herpes oral jika kamu sering meminjam atau berbagi sikat gigi dengan orang lain.

Sikat gigi yang digunakan oleh lebih dari satu orang berisiko meningkatkan penularan penyakit akibat infeksi bakteri maupun virus. Salah satunya adalah Hepatitis C, akibat sikat gigi terkena paparan darah yang mengandung virus hepatitis C. Jika lupa membawa sikat gigi saat menginap, upayakan untuk membeli yang baru daripada meminjam milik orang lain.

 

6. Make up.

Bahaya, jangan pinjamkan 6 barang pribadi ini kepada orang lain

Make up yang digunakan bergantian bisa menjadi tempat tinggalnya bakteri, kuman, dan virus yang pindah dari satu orang ke orang lain. Seperti yang dilansir dari laman alodokter.com (07/12), infeksi mata seperti konjungtivitis dapat menular dengan mudah melalui alat make up yang digunakan secara bergantian. Bahkan kebiasaan yang terlihat sederhana seperti meminjam dan menggunakan pelembap bibir (lipgloss) milik sahabat, dapat meningkatkan risiko tertularnya penyakit herpes labialis.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red