Kamu membersihkan telinga menggunakan cotton bud? Ini adalah cara paling umum yang dilalukan setiap orang untuk membersihkan telinganya beberapa hari sekali. Hanya, tidak semua dari kita tahu kotoran telinga memiliki fungsi pelindung dan bisa mengindikasikan keadaan kesehatan. Indikasi itu bisa dilihat dari warna kotoran telinga kita.

Nah, ini arti dari warna kotoran telingaseperti dilansir dari brightside me.

8. Warna abu-abu

Jika kotoran telinga Anda berwarna abu-abu tanpa gejala lain, tidak perlu khawatir. Kemungkinan itu hanya debu saja. Biasanya kotoran warna abu-abu dialami penghuni kota yang udara di kotanya tercemar.


7. Telinga dengan bekas darah

Jika Anda melihat bekas darah saat membersihkan telinga, ini bisa menunjukkan bahwa gendang telingan Anda bermasalah. Dalam kasus ini, telinga mungkin mengalami infeksi, yang dapat menyebabkan otitis (peradangan pada telinga) dan berakibat memburuknya pendengaran. Jika terjadi terlalu sering, kunjungilah dokter.

Ini 8 arti warna kotoran telinga, ada yang indikasikan penyakit


6. Berwarna coklat

Jika kotoran telinga berwarna coklat atau lebih gelap, ini bisa menunjukkan bahwa tubuh kita telah mengalami masa-masa sulit. Mungkin luangkan waktu di lingkungan yang tenang dan damai selama beberapa hari.


5. Berwarna hitam

Jika hanya terjadi sekali, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun jika telinga menjadi gatal dan rasa gatal menjadi lebih kuat, maka Anda harus mengunjungi dokter karena warna hitam dari kotoran telinga menandakan infeksi jamur.


4. Berwarna putih

Warna putih dari kotoran telingan dapat menandakan bahwa Anda kekurangan vitamin dan zat mikro di dalam tubuh, khususnya zat besi dan tembaga.


3. Bau tidak sedap

Jika Anda mencium bau tidak sedap dari kotoran telinga, itu bisa menandakan adanya infeksi di telinga tengah Anda. Terlepas dari baunya, Anda mungkin juga mendengar suara bising atau merasakan dengungan dari waktu ke waktu. Jika Anda mengalami gejala ini, ada baiknya mengunjungi dokter THT.


2. Cairan kotoran telinga

Jika konsistensi kotoran telinga Anda telah berubah baru-baru ini, ini bisa menunjukkan dimulainya proses peradangan. Ada baiknya, segera kunjungi dokter spesialis.


1. Kekeringan kotoran telinga

Penjelasan termudah untuk kekeringan kotoran telinga adalah kurangnya lemak di dalam tubuh kita. Selain itu, bisa saja kita mengalami penyakit kulit lainnya. Jadi, jangan dianggap remeh yah. Coba cek bagaimana bentuk kotoran telinga Anda, tapi jangan terlalu sering untuk membersihkan telingan dengan cotton bud karena juga tidak baik untuk kesehatan telinga kita.