Siapa sih yang tak pernah sedih? Pasti semua pernah merasakan perasaan sedih. Terkadang perasaan sedih membuat kita merasa tertekan dan depresi dalam menghadapi situasi yang sulit untuk diatasi.

Penelitianyang dilakukan oleh Joseph P. Forgas menunjukan bahwa emosi negatif bisa memiliki efek positif karena merupakan bagian dari evolusi emosi manusia. Emosi negatif berperan sebagai cara adaptasi yang menyebabkan tubuh mengenali dan mengingat situasi tersebut, sehingga kita dapat menjaga diri lebih baik lagi, serta meningkatkan kemampuan kognitif otak seseorang.

Namun banyak dari kita mencoba menghindari perasaan sedih tersebut. Pernahkah terlintas di pikiran kamu, apa yang akan terjadi jika manusia tak punya perasaan sedih?

Nah, ini ulasan mengenai efek yang terjadi jika manusia tak memiliki perasaan sedih, dikutip dari psychology today dan berbagai sumber berikut.

1.Sulit mendapat motivasi.

Apa yang terjadi jika manusia tak punya perasaan sedih?

Orang-orang dalam suasana hati yang sedih lebih mungkin untuk bertahan pada tugas yang sulit daripada orang-orang dalam suasana hati yang netral.Kamu pasti pernah membaca tentang banyak orang sukses bermula dari kehidupan yang menyedihkan dan sulit, baik itu kondisi fisik maupun kondisi keuangan mereka.

Jika perasaan sedih tak ada, maka manusia akan kesulitan untuk memotivasi diri dan bertahan dari keadaan yang sulit dan menyedihkan.

2. Tidak ada rasa rindu.

Apa yang terjadi jika manusia tak punya perasaan sedih?

Para ahli, Kara Thieleman dan Joanne Cacciatoremenyatakan bahwa kesedihan dapat berfungsi sebagai 'cara mempertahankan hubungan' dengan orang yang dicintai yang sudah meninggal ataudipisahkan dari orang-orang yang dicintai.Namun jika kita tak memiliki kesedihan, tentu kita tak memiliki rasa cinta atau rindu dengan orang orang yang kita kasihi.

3. Tak ada rasa empati atau kasihan dengan orang lain.

Apa yang terjadi jika manusia tak punya perasaan sedih?

Dalamkonteks ini, kesedihan yang muncul dapat dianggap sebagai tanda kepekaan moral dan rasa empati.Kita mungkin tersentuh oleh penderitaan orang lain dan dengan demikian tergerak membantu meringankan penderitaan mereka.Tanpa perasaan sedih, tentu kita tak bisa merasakan empati dan saling menolong.

4. Sulit untuk memecahkan masalah.

Apa yang terjadi jika manusia tak punya perasaan sedih?

Sebagai mekanisme adaptasi, perasaan sedih juga meningkatkan kemampuan untuk fokus terhadap masalah atau situasi yang sedang dihadapi. Hal ini juga dapat mendorong otak menjadi lebih baik untuk berpikir kritis dalam mencari penyelesaian masalah.Namun jika perasaan sedih tak dimiliki manusia, mungkin manusia akan kesulitan untuk fokus dan mencari jalan keluar karena tak pernah ada dalam posisi yang penuh tekanan.

Dari 4 fakta ini membuktikan bahwa perasaan sedih memiliki fungsi penting dalam tubuh kita. Namun, jangan sampai kamu sedih berlarut-larut karena juga tak baik untuk kesehatan kamu.