Teknologi terbaru dalam jaringan internet terus berevolusi. Jaringan super cepat 5G yang diperkirakan akan dapat digunakan pada tahun 2020 menjanjikan koneksi internet yang jauh lebih cepat dan reliabel untuk memenuhi kebutuhan manusia dan membuat dunia dapat saling terhubung.Nah untuk tahu lebih dalem nih, simak ulasan Brilio di bawah ini seperti dilansir dari techradar, Senin (6/4).

Apa itu 5G?

Sudah di depan mata, ini yang perlu kita ketahui tentang jaringan 5G

Jaringan 5G adalah generasi baru dari konektivitas internet, menawarkan kecepatan dan reliabilitas yang lebih baik dari koneksi internet pada saat ini. 5G mengkombinasikan teknologi canggih dan penelitian terbaru, oleh karena itu 5G seharusnya mampu memberikan koneksi internet yang jauh lebih cepat, dengan rata-rata kecepatan download sekitar 1 GBps (1 Giga Bytes per detik) diharapkan dapat segera terwujud.

Jaringan 5G akan membantu perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, dengan menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membawa data dalam jumlah besar, dengan harapan akan membuat dunia menjadi lebih cerdas dan saling terhubung.

Dengan pengembangan yang sedang berjalan dengan baik, jaringan 5G diharapkan untuk dapat digunakan di seluruh duia pada tahun 2020, Bersama-sama dengan teknologi yang sudah ada sekarang yaItu 3G dan 4G untuk menyediakan koneksi yang lebih cepat dan dapat dapat digunakan dimanapun.

Karakteristik 5G

Sudah di depan mata, ini yang perlu kita ketahui tentang jaringan 5G



Download dan upload lebih cepat.

Streaming yang lancar pada konten-konten offline.

Kualitas suara dan video call yang lebih baik.

Koneksi mobile yang lebih reliabel.

Jumlah perangkat internet yang terkoneksi lebih besar.

Ekspansi teknologi-teknologi canggih, termasuk mobil self-driving dan smart cities atau kota pintar.

Seberapa cepat jaringan 5G?
Belum diketahui pasti seberapa cepat jaringan 5G dibandingkan 4G, karena sampai saat ini teknologi 5G masih dalam tahap pengembangan. Jaringan 5G harusnya memberikan kecepatan download dan upload yang signifikan dibandingkan dengan koneksi 3G dan 4G. GSMA mengemukakan bahwa kecepatan download minimum 5G sekitar 1GBps.

Estimasi rata-rata kecepatan yang paling diharapkan dari jaringan 5G mencapai 1Gb/detik, dan bahkan beberapa pendapat menyatakan kecepatan transfer data dapat mencapai 800Gb/detik. Hal ini berarti bahwa pengguna dapat mendownload film dengan kualitas HD dalam hitungan detik dan mendownload serta menginstal upgrade software lebih cepat daripada sekarang.

Apakah kita bisa menggunakan jaringan 5G di smartphonenanti?

Sudah di depan mata, ini yang perlu kita ketahui tentang jaringan 5G



Smartphone, tablet dan perangkat internet lain dengan jaringan standar 4G yang ada pada saat ini mungkin tidak akan bisa menggunakan jaringan 5G, atau meskipun bisa, pemgguna harus merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat mengaplikasikan 5G pada smartphone mereka yang ada sekarang. Meskipun demikian, jangan khawatir, perangkat-perangkat dengan jaringan standar 5G pasti akan diproduksi apabila jaringan 5G telah resmi diaplikasikan pada tahun 2020 mendatang.

Meskipun 5G akan menghadirkan perubahan yang besar dari jaringan 4G dan 3G, teknologi 5G tidak akan langsung menggantikan versi jaringan pendahulunya tersebut, paling tidak akan butuh beberapa waktu untuk menggantinya secara total. Sebagai alternative lain, jaringan 5G harus terhubung dengan jaringan 4G dan 3G untuk memastikan pengguna tetap memiliki koneksi internet, yaitu dengan cara menjadikan jaringan lama sebagai cadangan pada daerah-daerah yang tidak dapat dijangkau oleh 5G.

Ada juga jaringan 4.5G (juga dikenal sebagai LTE-A) dengan koneksi yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 4G, meskipun hanya negara-negara tertentu yang dapat menggunakannya seperti Korea Selatan.

Pada saat jaringan 5G diluncurkan, implementasinya mungkin akan membutuhkan waktu yang lama. Mirip dengan jaringan 4G yang mengambil alih posisi jaringan 3G secara perlahan, infrastruktur jaringan yang sekarang mungkin harus diperbaharui atau bahkan diganti agar cocok dengan teknologi yang baru.

Belum diketahui bagaimana jaingan 5G akan mengambil alih posisi jaringan pendahulunya (3G dan 4G) seperti halnya 4G, kita tidak akan bisa secara langsung menggunakan jaringan 5G tanpa mengupgrade teknologi dan perangkat yang digunakan.