Setiap makhluk hidup memiliki masa hidup yang berbeda-beda. Ada yang hanya hidup selama beberapa hari dan ada juga yang dapat bertahan hidup selama berjuta-juta tahun. Para ilmuwan telah mengembangkan berbagai macam metode dalam menentukan umur dari kebanyakan organisme secara akurat. Salah satu contoh metodenya adalah dengan menghitung cincin pada sebuah pohon untuk menentukan umur pohon tersebut. Tumbuh-tumbuhan banyak yang dicatat telah hidup lebih lama dari berbagai spesies hewan.

Bakteri tertua

Sederet makhluk hidup yang paling tua saat ini

Ketika para ilmuwan dari Texas dan Pennsylvania sedang meneliti bebatuan di New Mexico, mereka menemukan sebuah bakteri yang berumur lebih dari 250 juta tahun di dalam sebuah kristal garam.Bakteri dapat bertahan hidup cukup lama karena mereka dapat benar-benar menghentikan sistem metabolisme mereka sampai kondisi sekitar benar-benar ideal untuk mereka tinggali agar selamat.

Pohon tertua

Sederet makhluk hidup yang paling tua saat ini

Para ilmuwan telah membuat dua golongan pohon untuk menentukan umur mereka. Yang pertama adalah koloni klonal. Koloni klonal adalah sekelompok organisme yang identik secara genetik. Yang kedua adalah pohon individual. Pohon individual secara umum tidak dapat bertahan hidup lebih lama dari kebanyakan koloni tumbuhan. Nah, untuk koloni tertua ditemukan di Utah, Amerika Serikat. Pando adalah koloni konal tertua yang pernah ditemukan oleh para ilmuwan yang berumur 80.000 tahun.

Sebuah pohon pinus bristlecone yang diberi nama Methuselah yang terletak di Great Basin adalah pohon individu tertua di dunia. Methuselah telah berusia lebih dari 5000 tahun dan lokasi pohon ini dijaga ketat.

Makhluk laut tertua

Sederet makhluk hidup yang paling tua saat ini

Beberapa spesies makhluk laut diketahui dapat hidup lama dengan yang tertua berumur 1000 tahun. The Immortal Jellyfish ditemukan dapat kembali ke masa mudanya setelah dia mencapai kedewasaan. Para ilmuwan masih belum meneliti lebih dalam lagi mengenai spesies ini dan belum dapat benar-benar menentukan umurnya karena regenerasi hewan tersebut. Saat ini, spons kaca yang ditemukan di perairan Timur Cina adalah organisme air tertua yang berumur lebih dari 10.000 tahun.

Makhluk darat tertua

Sederet makhluk hidup yang paling tua saat ini

Seekor kura-kura raksasa Seychelles bernama Jonathan saat ini disebut-sebut sebagai hewan daratan tertua di dunia yang berumur 186 tahun.Jonathan telah hidup melewati berbagai macam sejarah dunia termaksud Perang Dunia dan Perang Dunia II dan lain-lain.Jonathan tinggal di sebuah rumah perkebunan di St Helena. Indera penciuman dan penglihatannya pun telah berangsur pudar bersama umurnya. Walaupun begitu, nafsunya masih tinggi karena dia masih terlihat tertarik dengan kura-kura betina muda bahkan dengan kura-kura jantan juga.