Bagi orang yang pernah menonton film horor, The Exorcism of Emily Rose pasti sudah tidak asing lagi. Film ini diinspirasi kisah nyatayangdialami gadis bernama Anneliese Michel. Gadis yang akrab dipanggil dengan Michel tersebut lahir pada 12 September 1952 di Leiblfing, Bavaria, Jerman. Gadis yang masih berusia 23 tahun tersebut sering mengalami kesurupan selama sepuluh tahun hingga meregang nyawa. Semenjak umur 16 tahun dirinya sering berhalusinasi dan kejang-kejang saat melakukan doa.

Pada tahun 1973 puncak penderitaannya Michel dimulai, di mana setelah dirinya mengalami depresi karena sering berhalusinasi saat berdoa. Dia juga sering mendengar bisikan-bisikan yang mengatakan bahwa dirinya adalah seorang terkutuk dan membusuk di dasar neraka. Setelah itu dia di diagnosa menderita epilepsi dan juga mengalami gangguan jiwa dan harus menjalani perawatan untuk memulihkan kesehatannya.

Ini kisah nyata yang jadi inspirasi film The Exorcism of Emily Rose

Pada 24 september 1975 dilakukan ritual pengusiran setan yang pertama dan proses pengusiran setan tersebut pihak keluarga dan Ernst tidak berkonsultasi dengan pihak medis. Pengusiran setan dilakukan berkali-kali selama rentang 1975 hingga 1976 yang berlangsung hingga 4 jam dan dua kali selama sepekan.

Dalam proses tersebut, Michel kerap menyebut bahwa kematiannya semakin dekat dan Michel juga mulai menolak untuk makan. Hingga akhirnya Michel meninggal dunia pada 1 Juli 1976 di kediamannya dikarenaka kekurangan gizi hingga tubuhnya menyusut turun sampai 31 kg. Sebenarnya kematian Michel tidak akan terjadi jika ada langkah pencegahan dilakukan dalam seminggu sebelum menghembuskan nafas terakhir. Kematian itu dituduhkan pada pihak keluarga Michel dan Ernst karena dianggap lalai mengakibatkan nyawa seseorang melayang.