Istilah "jomblo" memang sudah tidak asing lagi di Indonesia terutama di kalangan anak-anak muda. Bahkan, istilah tersebut sering digunakan untuk mengejek teman yang belum memiliki pacar/pasangan hidup. Mendengar kata "jomblo" masuk ke telinga kita kadang-kadang bikin kita jadi resah atau bisa saja emosi.

Akan tetapi, jika kita pandai mengambil pelajaran hidup dari sesuatu, menjadi jomblo bukanlah hal yang harus dipermasalahkan lagi. Jangan mulu-mulu mengeluh hanya karena kita tidak punya sidoi. Jangan iri hati jika ada teman yang sudah duluan punya. Kita perlu merenung apakah kita benar-benar sudah siap melepas status jomblo dan menghadapi tantangan hidup ke depannya.

Jadi, jika kalian masih berstatus jomblo, janganlah bersedih. Karena saya akan membeberkan alasan-alasan kenapa sih seseorang lebih memilih jadi jomblo dulu. Saya jamin deh setelah membaca alasan-alasannya, kalian yang masih jomblo bakalan semangat lagi menjalani hidup.

Melatih kemandirian

10 Alasan orang enggan melepas status jomblo, kamu nomor berapa nih?

Kemandirian adalah salah satu sikap yang harus dipupuk sejak dini. Belajarlah untuk menyelesaikan masalah sendiri. Jangan dikit-dikit mengeluh dan memberitahu orang lain untuk menyelesaikan masalah kita sendiri. Dengan belajar melatih kemandirian, kita siap menghadapi tantangan masa depan.

Ingin merasakan lebih banyak kebebasan

10 Alasan orang enggan melepas status jomblo, kamu nomor berapa nih?

Bagaikan seekor burung yang bisa terbang kemana-mana, begitu juga dengan sifat manusia yang ingin menikmati banyak kebebasan. Mungkin ini adalah pilihan pribadi masing-masing. Ketika sudah tidak jomblo, kebebasan kita akan otomatis berkurang untuk menjalankan amanah bersama pasangan. Berbeda dengan jomblo dimana kita bisa melakukan apa yang kita sukai dengan sepuas-puasnya.

Fokus mengembangkan passion

10 Alasan orang enggan melepas status jomblo, kamu nomor berapa nih?

Merasa bahagia setiap saat bukanlah hal yang mustahil bagi seorang jomblo. Kita bisa melakukan apa yang kita sukai dan mengembangkanpassion. Asalkan apa yang kita lakukan itu bermanfaat.

Ingin berkarir dulu

10 Alasan orang enggan melepas status jomblo, kamu nomor berapa nih?

Karir adalah salah satu hal penting dalam hidup seseorang. Dengan berkarir, kita bisa membiayai kebutuhan sendiri dan hidup mandiri. Kalau belum bisa membiayai hidup sendiri, bagaimana dengan hidup pasangan kita? Perlu dipikirkan matang-matang apakah kita mau melepas status jomblo sebelum bekerja.

Berorganisasi

10 Alasan orang enggan melepas status jomblo, kamu nomor berapa nih?

Keinginan untuk mencari ilmu, pengalaman, teman, dansoftskills bisa menjadi alasan mengapa seseorang masih jomblo. Kita merasa diri kita belum cukup paten sehingga memutuskan untuk melatih diri dengan berorganisasi.

Ingin memiliki banyak waktu luang

10 Alasan orang enggan melepas status jomblo, kamu nomor berapa nih?

Waktu luang yang banyak bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan passion, merencanakan hidup ke depan, jalan-jalan, menambah relasi, dan kumpul dengan keluarga atau teman.

Harus bisa membiayai hidup sendiri dulu

10 Alasan orang enggan melepas status jomblo, kamu nomor berapa nih?

Biaya hidup sendiri seperti makan, hiburan, barang keperluan, kuliah, dan lain-lain harus ditanggung seluruhnya tanpa campur tangan orang tua. Itulah prinsip hidup beberapa orang yaitu mengembangkan diri dengan penuh kemandirian. Kembali juga ke alasan ingin berkarir dulu.

Harus bisa membiayai hidup orang tua dulu

10 Alasan orang enggan melepas status jomblo, kamu nomor berapa nih?

Berbakti kepada orang tua sudah seharusnya dilakukan oleh seorang anak. Jika dulunya keperluan kita dibiayai orang tua, maka ada saatnya dimana kita harus melakukan sebaliknya. Balas budi dengan membiayai hidup orang tua adalah kewajiban yang paling besar.

Kondisi ekonomi pribadi belum mencukupi

Belum memiliki tabungan yang cukup bisa membuat kita enggan melepas status jomblo. Ingin berhemat juga bisa jadi alasan. Sebelum mengakhiri masa jomblo, coba pikirkan, berapa biaya dating dengan pasangan hingga mempersiapkan pernikahan?

Memang belum siap

Alasan terakhir adalah karena menyadari diri kita yang memang belum siap untuk memiliki pasangan. Misalnya, belum mandiri, belum bisa membiayai hidup sendiri, tidak bisa PDKT, lagi cari teman untuk belajar "menembak", kerja dulu, dan tabungan yang belum cukup.

Itulah 10 alasan kenapa seseorang enggan memiliki pacar/pasangan hidup dulu. Intinya, setelah melepas status jomblo, kita sudah harus bisa mandiri dan bisa membiayai hidup dan pasangan sendiri tanpa harus bergantung pada orang tua. Malu kan kalau sudah punya pacar/istri tapi sumber keuangannya masih dari orang tua.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagi kepada kalian. Semoga dengan artikel ini, para jomblo/jomblowati bisa kembali semangat menjalani hidup dan mengembangkan diri sebelum melepas status jomblo.