Kita kerap khawatir saat kehabisan bensin di jalan, kita khawatir saat kehabisan kuota paket data, kita khawatir saat kehabisan tiket nonton konser band kesukaan, tapi kita mungkin belum pernah terpikir untuk khawatir saat kehabisan bahan pangan untuk dimakan, atau oksigen untuk di hirup, atau tisu di toilet. Kekhawatiran-kekhawatiran kita seringkali bukan atas akar permasalahannya dan sebatas mengkhawatirkan yang persoalan yang tampak di permukaan. Nah, akar persoalan di kehidupan kita tidak lepas dari tanaman. Tidak percaya? Alasan-alasan berikut semoga cukup menjelaskan:

1. Oksigen, tidak gratis.

5 Alasan menanam patut jadi hobi, bisa selamatkan bumi lho

gambar: bukalapak.com

Kenal seseorang yang memiliki gangguan pernafasan? Atau kita adalah salah satunya? Saat ini setabung kecil oksigen harganya bisa mencapai 45 ribu rupiah. Di jalanan pun kita perlu menggunakan masker karena udara sudah banyak mengandung kontaminan baik mikro maupun makro. Sejak di bangku sekolah dasar, kita belajar tentang fenomena fotosintesis, dijelaskan bahwa reaksi karbondioksida dan air menghasilkan zat tepung dan oksigen. Fotosintesis terjadi di daun. Masih belum yakin memulai untuk mennam dan berkebun?

2. Air mineral belum tergantikan.

5 Alasan menanam patut jadi hobi, bisa selamatkan bumi lho

gambar: lifestyle.okezone.com

Air putih mutlak diperlukan oleh tubuh untuk metabolisme meskipun tidak semua orang gemar minum air putih. Air putih tetap menjadi air paling sehat bagi tubuh dibanding minuman rasa-rasa lainnya. Air putih bermineral tetap menjadi rekomendasi ahli kesehatan untuk dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Air putih bermineral yang dapat kita konsumsi bukanlah air laut atau air hujan, tetapi air di bawah permukaan tanah. Air ini ada di sana juga karena cengkraman akar tanaman. Masih belum ingin menanam?

3. Makanan, harga tergantung pasar.

5 Alasan menanam patut jadi hobi, bisa selamatkan bumi lho

gambar: assets.kompasiana.com

Karena kita tidak menanam, maka kita tidak juga berproduksi, kita membeli bahan pangan di pasar, entah pasar besar ataupun pasar tradisional. Begitulah kita sangat bergantung pada pasar. Ketika terjadi kelangkaan harga akan melonjak, ketika terjadi kelimpahan stok maka harga akan jatuh. Harga yang tidak cenderung stabil adalah bukti bahwa stok yang ada di pasar juga tidak stabil. Lantas, suatu hari nanti saat bahan pangan benar-benar langka di pasar, apakah kita punya simpanan di rumah? Masih ragu menanam dari sekarang?

4. Wisata alam berbayar.

5 Alasan menanam patut jadi hobi, bisa selamatkan bumi lho

gambar: istimewa

Wisata alam yang sejatinya adalah menghirup udara segar, mendengar gemericik air, memandangi hijaunya tanaman, yang dapat kita lihat di kebun raya tidaklah gratis. Masih belum ingin menanam? Padahal kita bisa membuat suasana wisata alam di rumah.

5. Planet serupa bumi belum ditemukan.

5 Alasan menanam patut jadi hobi, bisa selamatkan bumi lho

gambar: istimewa

Baru planet bumi yang menawarkan air, tanaman, dan udara untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Melalui tanaman kita bisa merekonstruksi wujud dan kualitas air dan udara. Ketergantungan kita terhadap air, udara, dan tanaman yang sehat sangatlah mutlak. Masihkah meragu menanam dari sekarang?