Cabang olahraga bulu tangkis adalah satu-satunya olahraga di mana Indonesia telah memenangkan emas sejak Olimpiade 1992 Barcelona. Dengan total 32 medali yangdiperoleh dalam semua cabang olahraga, semua medali emas yang telah dimenangkan datang dari cabang olahraga bulu tangkis. Hampir setengah dari medali yang dimenangkan Indonesia juga berasal dari bulu tangkis. Jadi, bisa dikatakan bahwa bulu tangkis benar-benar sukses di Olimpiade untuk Indonesia.

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir adalah pemain atau pasangan terakhir yang memenangkan medali emas di Olimpiade sejak Markis Kido dan Hendra Setiawan di Beijing 2008. Mereka adalah unggulan ketiga dalam Olimpiade Rio 2016 silam, dan bahkan tidak kehilangan satu set pun. Mereka juga mengalahkan juara bertahan, Zhang Nan dan Zhao Yunlei di semi final dalam dua set langsung 21-16, 21-15. Mereka menjadi pasangan ganda campuran pertama dari Indonesia yang memenangkan medali emas sejak 1992 di Barcelona.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 tahun ini, Indonesia akan menempatkan kesempatan medali emasnya dalam sektor Ganda Putra. Pasangan nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo telahmengawali karier mereka yang sangat gemerlang sejak tahap awal 2017 hingga sekarang, meskipun mereka belum memenangkan Kejuaraan Dunia sejak itu. Tetapi Marcus/Kevin mungkin akan menjadi favorit untuk memenangkan emas Olimpiade tahun ini walaupun itu tidak akan menjadi tugas yang mudah. Pasangan lain yang mungkin akan menemani 'The Minions' berangkat ke Tokyo tahun depan dari sektor Ganda Putra adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sedang dalam kondisi sangat baik sejak tahun lalu dengan mencapai Final Kejuaraan Dunia, All England dan BWF World Tour Finals di Guangzhou. Mereka jelas merupakan pesaing untuk medali emas di pertandingan tahun ini. Indonesia telah gagal untuk melakukan medali dalam dua pertandingan terakhir baik di London 2012 dan Rio 2016 dalam sektor ganda putra mengetahui tradisi baik yang telah mereka sajikan sejak 1992.

Sektor lain seperti Tunggal Putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie pasti akan menjadi 'Medal Contender' dalam Olimpiade tahun depan. Gregoria Mariska Tunjung mungkin akan menjadi pemain Tunggal Putri yang akan pergi ke Tokyo tahun depan dibandingkan Fitriani. Hal ini dikarenakan prestasi Mariska yang telah mengalahkan beberapa pemain Top 10 dunia.

Sektor Ganda lainnya, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dari hasil terbaru mungkin tidak membantu pertandingan mereka menuju Olimpiade, tetapi masih ada waktu meningkatkan permainan mereka untuk medali di kategori Doubles Wanita. Terakhir, Kategori Mixed Double. Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti pasti akan menjadi kuda hitam yang kuat datang ke pertandingan mengetahui hasil terbaru mereka. Hafiz Faizal dan Gloria Emanuelle Widjaja saat ini berada di nomor sembilan pada kualifikasi 'Race to Tokyo 2020'. Jika mereka lolos ke Tokyo, mereka pasti akan menjadi pasangan yang harus diwaspadai tentunya. Akankah Indonesia membawa medali emas pada sektor bulu tangkis dalam Olimpiade Tokyo 2020 ini?

(PHOTO: MI/RAMDANI)