Film superhero merupakan salah satu alternatif tontonan yang bisa menarik banyak penikmat film untuk menyaksikannya. Kebanyakan kisah-kisah para superhero tersebut merupakan adaptasi dari komik yang sebelumnya sudah laris di pasaran. Melihat antusias pembaca komik superhero, membuat beberapa sutradara membuat live action dari komik tersebut.

Dan keputusan tersebut tenyata benar. Hampir semua film superhero pasti sukses di pasaran. Penggemar film superhero pun terus bertambah.

Terlebih film superhero bisa menjadi alternatif tontonan keluarga. Nggak hanya orang dewasa, anak-anak juga menyukai film-film superhero. Maka nggak heran kalau banyak film superhero berhasil mengumpulkan pendapatan yang tinggi.

Nah, berikut ada 9 film superhero yang memiliki pendapatan tertinggi. Kira-kira film apa saja ya?

1. The Avengers

9 Film superhero dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa

Film superhero yangmendapatkan pendapatan kotor tertinggi nomor satu dipegang oleh The Avengers. Menghadirkan beberapa karakter superhero yang ada, film ini sukses membuat penasaran para pecinta film superhero seja awal perilisannya.

Film besutan Marvel ini berhasil mengumpulkan total pendapatan sebesar USD 1,519 miliar. Film ini rilis pada tahun 2012 silam.

Bermula ketika Nick Fury yang merupakan direktur Badan Perdamaian Internasional ingin mengumpulkan para superhero seperti Iron Man, Hulk, Captain America, Thor, Black Widow dan Hawkeye. Mereka diharapkan mampu membasmi kejahatan dan menyelamatkan bumi dari kehancuran yang diciptakan oleh Dewa Kehancuran, Loki. Namun ternyata niat tersebut berbanding terbalik, para superhero malah bertengkar dan saling bermusuhan.

2. The Avengers: Age of Ultron

9 Film superhero dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa

The Avengers: Age of Ultron merupakan seri kedua dari film The Avengers. Dirilis 3 tahun setelah seri pertama, film ini juga nggak kalah sukses dengan pendahulunya.

Film ini menjadi film superhero kedua yang memiliki jumlah pendapatan tertinggi yakni sebesar USD 1.383 miliar. Pendapatan tersebut tentunya berkali-kali lipat dari total anggaran yang dikeluarkan untuk menggarap film ini yakni sebesar USD 279.9 juta.

3. Iron Man 3

9 Film superhero dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa

Dari ketiga seri film Iron Man, hanya seri Iron Man 3 yang berhasil meraih pendapatan lebih dari USD 1 miliar. Film ini berhasil mengumpulkan pendapatan total sebesar USD 1,215 miliar dan menjadikannya sebagai film superhero ketiga yang berhasil meraih pendapatan tertinggi. Disutradarai oleh Shane Black, film ini dirilis pada tahun 2013.

4. Captain America: Civil War

9 Film superhero dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa

Untuk seri dari Captain America yang satu ini masih ada sangkut pautnya dengan cerita di film The Avengers: Age of Ultron. Dalam film ini Captain America mengambil alih tim Avengers dalam usaha mereka untuk melindungi dunia. Karna sebuah perjanjian dan dominasi dari Captain America, The Avengers akhirnya terpecah belah menjadi 2 kubu.

Dirilis pada tahun 2016, film ini berhasil mengumpulkan pendapatan total sebesar 1,132 miliar USD yang menjadikannya sebagai film terlaris di tahun 2016. Film ini disutradarai oleh Joe Russo dan Anthony Russo yang merupakan saudara kandung dan sebelumnya mereka berdua juga berhasil merampungkan proyek film Captain America: The Winter Soldier.

5. The Dark Knight Rises

9 Film superhero dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa

Walaupun banyak yang bilang kalau seri Batman yang satu ini masih kurang bisa menandingi seri sebelumnya, tapi soal pendapatan film ini berhasil menjadi film terlaris dari seri Batman. Dirilis pada tahun 2012, film besutan Christopher Nolan ini berhasil mengumpulkan pendapatan total sebesar 1,085 miliar USD.

Di dalam seri Batman yang satu ini, Batman harus bertarung melawan Bane dan Catwoman. Mengambil setting cerita 8 tahun setelah pertarungannya dengan Joker dan Harvey Dent, kota Gotham terlihat tenang dan aman. Batman yang masih dicap sebagai pembunuh Harvey Dent, mengasingkan diri.

6. The Dark Knight

9 Film superhero dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa

Dengan anggaran pembuatan sebesar USD 180 juta, film ini berhasil meraih pendapatan sebesar USD 1,005 miliar. Dirilis pada tahun 2008, saat itu film ini menjadi film superhero terlaris sepanjang masa.

Hebatnya lagi, film ini berhasil masuk dalam 30 nominasi penghargaan dan berhasil membawa pulang penghargaan film tertinggi yakni Oscar 2009. Masih ragu buat nonton The Dark Knight?

7. Spiderman 3

9 Film superhero dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa

Dirilis pada tahun 2007, film ini merupakan film ketiga dari seri Spiderman. Saat itu peran Spiderman masih dimainkan oleh aktor Tobey Maguire. Disutradarai oleh Sam Raimi, film Spiderman berhasil meraup pendapatan sebesar USD 890,9 juta.

Dengan pendapatan yang besar film ini menjadi seri film spiderman terlaris sepanjang sejarah. Saat perilisannya film ini harus bertarung dengan film-film Hollywood lain yang dirilis pada tahun 2007 seperti Harry Potter.

8. Spiderman: Homecoming

9 Film superhero dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa

Tidak lagi diperankan oleh Tobey Meguire atau Andrew Gardfield, seri terbaru dari Spiderman ini diperankan oleh aktor muda Tom Holland. Dirilis pada tahun 2017 yang lalu, film ini berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar USD 880,2 juta. Disutradarai oleh Jon Watts, film ini merupakan kerjasama dari Columbia Pictures dan Marvel Studios.

9. Batman vs Superman: Dawn of Justice

9 Film superhero dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa

Film ini dirilis pada tahun 2016 dan disutradarai oleh Zack Snyder. Batman vs Superman: Dawn of Justice berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar USD 872,7 juta.

Di film ini kalian bisa melihat akting para aktris dan aktor papan atas Hollywood, seperti Ben Affleck yang memerankan Batman, Henry Cavill yang memerankan Superman, Gal Gadot sebagai Wonder woman, Jesse Eisenberg yang sukses dengan film Now You See Me, sampai Amy Adams.