Pulau Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang namanya tak asing bagi telinga kita. Panorama alam dan kearifan lokal serta budayanya sangatlah menarik untuk dikunjungi. Kali inisaya akan mengulas sebuah pulau tersembunyi di sebelah tenggara Pulau Bali, yakni Pulau Nusa Penida.

Nusa Penida adalah sebuah kepulauan (nusa) yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya, yakni Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Perairan Pulau Nusa Penida ini sangat terkenal dengan kawasan selamnya, di antaranya terdapat di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh, dan Malibu Point. Sebelum kita bahas lebih jauh tentang Pulau Nusa Penida ini ada baiknya kita mengenal dahulu jalur menuju ke pulau ini.

Nusa penida dapat di tempuh dari 4 dermaga (pelabuhan) berbeda, yakni Sanur, Benoa, Klungkung, dan Pelabuhan Padangbai.Dari beberapa pelabuhan tersebut terdapat banyak perahu atau kapal yang bisa kita sewa untuk menuju ke Pulau Nusa Penida ini. Lanskap Pulau Nusa Penida ini adalah landai dan berbukit, yang mana menjadikan pulau ini memiliki banyak pesisir pantai dengan latar belakang perbukitan dan tebing yang menambah eksotis pulau ini.

Nusa Penida memiliki deretan pantai yang mempesona dan di pulau ini juga tersimpan berjuta juta keindahan alam bawah lautnya. Begitu alaminya, pulau ini telah dijadikan sebagai tempat terbaik untuk konservasi hewan laut.

Di pulau ini kita bisa melakukan aktivitas wisata seperti berenang, snorkling, diving dan lain sebagainya. Sekarang kita akan mengulas tentang 8 spot wisata yang ada di Pulau Nusa Penida berikut ini.

1. Crystal Bay Beach.

8 Surga tersembunyi ini terletak di tenggara Pulau Dewata, Bali

Dari sekian banyaknya pantai yang ada di Nusa Penida, Crystal Bay Beach lah pantai yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Akses ke Pantai Crystal Bay Beach ini sangatlah mudah dan lokasi ini sangatlah aman untuk dikunjungi karena ombaknya tidak terlalu besar.

Daya Tarik pantai Crystal Bay Beach ini adalah pasir pantainya yang putih bersih serta air lautnya yang jernih. Begitu jernihnya hingga kita bisa melihat langsung terumbu karang dan kehidupan di dasar lautnya. Begitu juga keindahan matahari tenggelam juga sangatlah memesona di tempat ini.Lokasi menuju wisata ini tidaklah di pungut biaya untuk masuknya alias free bin gratis.

2. Angels Billabong.

8 Surga tersembunyi ini terletak di tenggara Pulau Dewata, Bali

Spot yang satu ini pernah kami ulas sebelumnya, namun kali ini akan kami ulas lebih dalam mengenai spot wisata ini.Angels Billabong ini merupakan spot atau lokasi wisata yang lagi ngetren akhirakhir ini. Banyak sekali traveller yang mengabadikan momen liburan mereka di lokasi wisata ini.

Angels Billabong ini merupakan lokasi wisata berupa kolam alami yang berada di antara batu karang dan berbatasan langsung dengan lautan lepas yang mana kadang kala jika ombak lautan sedang besar, maka ombak tersebut akan masuk ke kolam alami ini.

Air yang berada di kolam ini sangatlah jernih, kadang kala kita dapat menemui biota laut yang terperangkap di dalam kolam ini karena deburan ombak yang membawanya masuk ke kolam.

3. Pasih Uug (Broken Beach).

8 Surga tersembunyi ini terletak di tenggara Pulau Dewata, Bali

Nama Pasih Uug atau Broken Beach sepertinya sudah tidak asing lagi bagi wisatawan domestik atau mancanegara yang pernah berkunjung ke Pulau Nusa Penida ini. Pasih Uug sendiri jika dalam bahasa Bali mengandung arti Pantai Yang Rusak.

Pantai ini terletak di Desa Bunga Mekar, Nusa Penida yang bisa di bilang agak lumayan jauh dari pemukiman penduduk. Karena lokasi yang jauh dari pemukiman, maka pantai ini sangat cocok bagikamu yang mencari tempat ketenangan.

Pantai Broken Beach atau Pasih Uug ini masih sangat alami dan memiliki pemandangan lautan lepas yang memesona, serta dikelilingi rumput-rumput hijau, dan suara ombak seperti alunan musik yang indah menambah kesyahduan hidup. Ombak di Pantai ini cukup tenang sesuai dengan selera bagi kamu yang mencari ketenangan.

4. Pantai Suwehan.

8 Surga tersembunyi ini terletak di tenggara Pulau Dewata, Bali

Pantai ini terletak di Dusun Watas, Desa Tanglad Nusa Penida, Bali.Pantai Suwehan memiliki ciri khas yakni batu karang yang menjulang seperti Pyramid. Oleh masyarakat setempat batu pyramid di pinggir pantai tersebut dinamakan Batu Jineng.

Pantai ini berpasir putih dan bersih dengan air laut yang jernih, banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan di pantai ini seperti berenang, berjemur ataupun sekedar duduk duduk santai menikmati keindahan alam.

Sebelum berkunjung ke spot wisata yang satu ini saya sarankan kamu membawa bekal makanan atau minuman, karena di area pantai ini tidak ada penjual makanan atau minuman.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi spot yang satu ini adalah pada sore hari, yang mana pemandangan pada sore ini di lokasi ini sangatlah romantis lebih lebih kamu dengan pasangan atau orang terkasih.

5. Manta Bay

8 Surga tersembunyi ini terletak di tenggara Pulau Dewata, Bali

Bagi kamu yang menyukai diving atau snorkeling sangatlah tepat untuk mengunjungi spot wisata ini, disini kamu bisa merasakan sensasi keseruan dalam menikmati panorama bawah laut dan kamu bisa mengejar dan bermainmain dengan ikan pari yang ada di area pantai ini.Manta Bay ini lokasinya sebelah barat Nusa Penida, lebih tepatnya di Tanjung Pandan.Pemandangan bawah laut di Manta Bay ini sangatlah spektakuler, oleh karena itu lokasi ini banyak didatangi oleh para penyelam.

8 Surga tersembunyi ini terletak di tenggara Pulau Dewata, Bali

Saran saya untuk mengunjungi Manta Bay adalah di musim kemarau karena di musim kemarau jika kita melakukan aktifitas menyelam akan menjumpai ikan Mola-mola atau juga dikenal oleh wisatawan asing dengan nama Oceanic Sunfish dan saat yang tepat agar bisa menjumpai ikan Oceanic Sunfish ini adalah akhir bulan Juli.Lokasi Manta Bay sendiri tidaklah jauh dari Crystal Beach.

6. Pantai Kelingking.

8 Surga tersembunyi ini terletak di tenggara Pulau Dewata, Bali

Sebuah pemandangan tersembunyi yang menakjubkan di antara tinggi serta kokohnya tebing di Pulau Nusa Penida ini.Salah satunya adalah Pantai Kelingking. Jika kita melihat dari atas bukit maka akan terlihat beberapa batu karang yang berdiri sangat kokoh, namun jika kita perhatikan dengan seksama di bawahnya terdapat pantai yang berpasir putih dengan nuansa yang alami.

Perpaduan air laut yang biru, dan pasir pantai yang putih serta batu karang berwarna hijau, hitam dan putih membuat mata kamu dimanjakan dengan keindahannya.Spot wisata yang sangat pas sekali bagi kamu untuk melepas penat sejenak dari hiruk pikuk keramaian.

7. Pantai Andus atau Smoke Beach.

8 Surga tersembunyi ini terletak di tenggara Pulau Dewata, Bali

Pantai Andus atau Smoke Beach ini hampir sama dengan Water Blow yang ada di Nusa Dua. Kencangnya deburan ombak yang menghantam batu karang menciptakan cipratan air yang memukau.

Jika kamu berencana mengabadikan momen yang bagus ini dengan berfoto ria, maka spot wisata ini sangatlah cocok, namun dibutuhkan angel yang khusus untuk mendapatkan hasil foto yang menakjubkan.

Pantai Andus ini lokasinya tidak jauh dari spot wisata Pasih Uug dan Angels Billabong, yang mana lokasinya bisa kita tempuh dengan berjalan kaki sekitar 15 menit.

8. Pantai Atuh.

8 Surga tersembunyi ini terletak di tenggara Pulau Dewata, Bali

Pantai yang berpasir putih nan lembut ini memiliki lanskap yang sangat indah. Bahkan keindahannya sering dibandingkan dengan Raja Ampat di Papua karena pantai ini juga memiliki pemandangan dengan gugusan pulau-pulau karang yang memukau. Pantas jika orang menyebut Pantai Atuh sebagai Raja Ampatnya Nusa Penida.

Di Pantai Atuh ini kamu akan melihat empat pulau karang besar, yaitu Pulau Batu Melawang/Pepadasan, Pulau Batu Paon, Pulau Batu Abah dan Pulau Bukit Jineng. Pulau Karang inilah yang menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Atuh Nusa Penida ini.

Di antara Pulau Karang yang ada, yang paling menarik adalah Pulau Batu Melawang yang mana pulau ini merupakan pulau yang terbesar di antara beberapa gugusan pulang karang di pantai Atuh.Dan uniknya lagi Pulau Batu Melawang ini terdapat sebuah lubang raksasa atau semacam terowongan karang, masyarakat sering menyebutnya Batu Bolong.

Masyarakat setempat percaya bahwa setiap perahu nelayan yang akan berlayar mencari ikan ke lautan lepas dari Pantai Atuh harus lewat lubang atau terowongan di Pulau Batu Melawang terlebih dahulu. Bahkan hingga saat ini tidak ada yang berani melanggar mitos tersebut karena memiliki nilai magis tersendiri.

Salam Travel Mania.#Janganlupabahagia