Palunglaut adalah bagian dasar laut yangdalamdan juga sempit. Bentukpalungmirip dengan corong air dan bisa memanjang layaknya jurang. Di bumi, ada sebuahpalungyang dianggap sebagai bagian terdalam darilautan. Palung ini bernama PalungMariana.PalungMarianamemiliki kedalaman 10.911 meter di bawah permukaan laut. Yangmenjadipertanyaan adalah, hewan apa saja yangmendiamipalungtersebut?

1. Dumbo Octupus. Inilah 8 makhluk penghuni kedalaman Palung Mariana

Di kedalamanPalungMariana, hidup sebuah hewan gurita yang lain daripada biasanya. Gurita tersebut memiliki bentuk yang sangat unik yang mungkin bisamenjadiide Walt Disney untuk membuat sebuah film animasi. Gurita unik tersebut diberi nama Dumbo Octopus atau gurita Dumbo.

Dinamakan Dumbo karena gurita ini memiliki kemiripan dengan gajah Dumbo yang dibuat oleh Walt Disney. Letak kemiripannya ada di bagian telinga. Gurita Dumbo memiliki telinga besar seperti gajah Dumbo. Gurita Dumbo memiliki telinga yang panjangnya bisa mencapai 30 cm. Gurita Dumbo tinggal diPalungMarianadi kedalaman 2.987 sampai 3.962 meter.

2. Fanfin Sea Devil.

Inilah 8 makhluk penghuni kedalaman Palung Mariana

Jika adamakhlukyang memiliki nama Devil, sudah pastimakhluktersebut bukanlahmakhlukyang menarik. Entah itu karena wujudnya yang menakutkan bagaikan iblis atau karena tingkat berbahayanya yang sangat tinggi. DiPalungMariana, ada seekor ikan yang mendapatkan sebutan iblis/devil, ikan tersebut adalah Fanfin Sea Devil. Fanfin Sea Devil atau Caulophryne Jordani adalah salah satu jenis ikan Anglerfish yang memiliki bentuk yang sangat aneh. Ikan ini tinggal di laut yangpalingdalam,dalamkasus ini adalahPalung Mariana. Seperti kebanyakan ikan Anglerfish, Fanfin Sea Devil memiliki ujung kepala yang bisa menyala karena efek bioluminiscent. Ikan betinanya bisa tumbuh hingga 20 cm, sedangkan yang jantan 25 cm.

3. Fangtooth Fish.

Inilah 8 makhluk penghuni kedalaman Palung Mariana

Makhlukberwujud mengerikan penghuniPalungMariana ini bisa dibilang seperti ikan yang ada di film-film horror. Dinamakan Fangtooth Fish karena ikan mengerikan ini tinggal diPalungMarianayangdalamdan juga gelap. Fangtooth Fish masih memiliki 2 anggota keluarga yang masih beradadalamgenus yang sama, dengan bentuk yang juga sama mengerikannya.

Fantooth FIsh bisa tumbuh sampai 16 cm dengan bentuk gigi taring yang panjang. Matanya yang kecil terletak di bagian atas kepala. Untungnya ikan Fangtooth Fish ini memiliki rongga di kepalanya untuk menyimpan kedua taring panjangnya agar tak menembus kepala. Ikan ini biasa ditemukan berenang dengan bebas di kedalaman 200 sampai 2.000 meter di bawah permukaan laut.

4. Goblin Shark.

Inilah 8 makhluk penghuni kedalaman Palung Mariana

Hiu Goblin adalah salah satu jenis hiu yang tidak akan kamu mau temui bahkandalammimpi sekalipun. Bentuknya yang mengerikan, bahkan jauh lebih mengerikan daripada Great White Shark. Hiu Goblin ini adalah salah satu dari sekian banyak penghuniPalungMarianadengan bentuk yang mengerikan.

Hiu Goblin memiliki bentuk moncong yang menonjol bagaikan sebuah pedang. Di bagian bawah moncong tersebut barulah terdapat rahang sang hiu. Baik moncong dan rahang tersebutlah yang membuat wajah Hiu Goblin begitu menakutkan. Biasanya Hiu Goblin berkelana diPalung Marianadengan kedalaman 914 meter.

5. Dragon Fish.

Inilah 8 makhluk penghuni kedalaman Palung Mariana

Hewan yang tinggal di lautdalambiasanya memiliki wujud yang mengerikan, tak terkecuali dengan Dragon fish. Berbeda dengan Gurita Dumbo yang mungkin masih bisa dianggap imut, hewan laut satu ini jauh dari kata imut. Dragon fish adalah salah satu jenis ikan yang biasa berenang di kedalaman 213 dan 1.828 meter di bawah permukaan laut.

Meski termasuk jenis ikan, Dragon fish tak memiliki sisik seperti ikan pada umumnya. Ikan ini justru memiliki tubuh yang licin layaknya belut. Dragon fish bisa tumbuh hingga panjang 15 cm. Seperti kebanyakan hewan laut yang tinggal di lautdalam, Dragon fish memiliki bioluminescent yang membuat tubuhnya bisa bercahayadalamgelap. Hal tersebut dimanfaatkan Dragon fish untuk melakukan kamuflase.

6. Football Fish.

Inilah 8 makhluk penghuni kedalaman Palung Mariana
DiPalungMariana, kalian bisa menemukan ikan yang diberi nama Footballfish. Masih termasukdalamkeluarga Anglerfish, Footballfish banyak ditemukan di Samudra Atlantik, Samudra Hinda, dan Samudra Pasifik. Ikan Anglerfish jenis Footballfish sendiri ini masih bisa dibagi lagimenjadi19 spesies.

Ikan Anglerfish memiliki sebuah kesamaan, yaitu ikan betina memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada ikan jantan. Football fish betina dapat tumbuh hingga 60 cm, sedangkan yang jantan hanya 4 cm. Ikan Footballfish pertama kali ditemukan pada tahun 1900an dan biasanya berenang di kedalaman 1.000 meter di bawah permukaan laut.

7. Anglerfish.

Inilah 8 makhluk penghuni kedalaman Palung Mariana

Bagi yang tidak tahu, Anglerfish adalah jenis ikan dengan bentuk aneh, memiliki bagian tubuh yang dapat menyala, dan gigi yang tajam. Biasanya, ikan ini hanya dapat ditemukan di lautdalamyang gelap.PalungMarianayangdalamdan juga gelap, adalah tempat tinggal yang pas sekali bagi ikan ini.

Anglerfish biasanya dapat ditemukan di kedalaman 1.474 meter di bawah permukaan laut. Anglerfish jantan biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada betina. DiPalungMariana, ada banyak ikan Anglerfish. Dua di antaranya adalah Footballfish dan Fanfin Sea Devil.

8.Hatchetfish.

Inilah 8 makhluk penghuni kedalaman Palung Mariana

PenghuniPalungMarianaberikut ini adalah ikan Hatchetfish. Entah komentar apa yang harus diberikan untuk ikan aneh satu ini. Yang pasti adalah ada kurang lebih 40 spesies ikan Hatchetfish yang berhasil diketahui oleh para peneliti. Semua jenisnya memiliki satu kesamaan, yakni memiliki tubuh yang sangat kurus.

Ikan Hatchetfish biasanya memiliki ukuran yang kecil, panjangnya sekitar 15 cm. Hatchetfish hidup di PalungMariana pada kedalaman 1.524 meter di bawah permukaan laut. Ikan ini memiliki kandungan bioluminiscent didalamtubuhnya sehingga membuat ikan ini bisa bercahaya di kegelapan. Hatchetfish memiliki kemampuan bisa mengatur tingkat cahaya di tubuhnya untuk menghindar dari predator.