×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jam kosong kelasmu selalunya berisik? Yuk isi dengan 7 hal positif ini

0

Life

Jam kosong kelasmu selalunya berisik? Yuk isi dengan 7 hal positif ini

Jam kosong yang menyenangkan jangan dibiarkan berlalu begitu saja.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hasni Husaini

12 / 02 / 2018 12:18

Jam kosong kelasmu selalunya berisik? Yuk isi dengan 7 hal positif iniBuat kalian anak sekolah atau yang sudah melewati masa sekolah mungkin sudah nggak asing dengan istilah jam kosong. Yap, jam kosong memang merupakan salah satu momen paling menyenangkan saat di sekolah. Bagaimana tidak, saat jam kosong kita bisa bebas dari belajar yang kadang membosankan. Apalagi kalau jam kosongnya itu jam pelajaran guru yang kita tidak suka (guru killer). Pasti tambah wah, kan?

Saat jam kosong, biasanya setiap murid punya cara yang berbeda-beda dalam mengisi kekosongan. Ada yang hobinya tidur, ada yang ngerumpi, atau mungkin di era modern begini pasti ada yang hobinya main smartphone. Kalau yang rajin sih pasti lebih milih belajar atau baca buku. Nah, kalian termasuk yang mana, nih?

Buat kalian yang sekarang masih sekolah, pernah nggak sih kalian bosan dengan kegiatan yang itu-itu aja saat jam kosong? Kalau pernah, kalian bisa mencoba 7 hal berikut sebagai alternatif untuk mengisi jam kosong.

1. Menggambar
Apa di antara kalian ada yang suka menggambar saat jam kosong? Kalau iya, lanjutkan hobi kalian itu. Karena dengan menggambar, kalian pasti jadi orang yang lebih kreatif. Kalian mungkin sering menggambar karakter kartun atau anime favorit kalian. Tapi, coba deh kalian buat karakter animasi buatan sendiri. Siapa tau, kalian bisa jadi animator atau ilustrator profesional suatu saat nanti?

2. Membuat puisi

Loading...

foto: ghiboo

foto: muvila.com

Buat kalian yang suka menulis, kalian bisa lakukan yang satu ini. Tapi ini spesial buat kalian yang suka merangkai kata menjadi kata-kata yang indah. Menulis puisi bisa jadi salah satu alternatif kalian mengisi jam kosong. Menulis puisi itu nggak gampang lho! Kalian yang ingin jago nulis puisi harus punya penjiwaan yang hebat. Buat kalian yang bingung bagaimana cara mendekati pujaan hati, kalian bisa coba buat puisi romantis. Terus, kirim puisi kalian ke gebetan. Kali aja, gebetan kalian jadi klepek-klepek pas baca puisi dari kalian. So sweet!

3. Membuat cerpen
Ini masih untuk kalian yang hobi menulis. Jam kosong itu biasanya lebih dari satu jam. Nah, waktu satu jam itu pasti cukup untuk mengasah bakat menulis cerpen kalian. Mengarang cerita itu hal yang menyenangkan, bukan?! Jadi, kalau memang nggak ada kegiatan yang lebih baik saat jam kosong, kenapa nggak coba buat cerpen? Kalau karya kalian bagus, kalian bisa muat cerpennya di media online. Meskipun kalian masih pelajar, kalian bisa saja menghasilkan uang dari hobi menulis kalian.

4. Bermain pantun
Untuk yang satu ini, kalian butuh minimal dua orang. Kalian yang suka pantun, bisa saling adu kebolehan berpantun. Main balas-balasan pantun pasti seru, apalagi kalau teman sekelas kalian ikut meramaikan suasana. Selain kelas kalian jadi lebih seru, bermain pantun juga melatih kreatifitas kalian. Kalian juga jadi bisa lebih akrab sesama teman sekelas.

5. Diskusi

foto: loop.co.id

foto: loop.co.id

Kalau untuk yang satu ini, kalian perlu mencari topik pembicaraan lebih dulu. Diskusi ini nggak harus tentang pelajaran. Kalian boleh kok diskusi hal-hal lain semisal berita yang sedang ramai di tv, sesuatu yang lagi viral di medsos, atau isu-isu tentang bumi dan lingkungan. Apapun boleh, asal jangan diskusi hal-hal yang nggak layak buat bahan diskusi. Manfaat dari diskusi ini, kalian akan terlatih untuk semakin kritis dalam menyikapi segala isu yang berkembang di sekitar kalian. Selain itu, diskusi akan melatih kalian untuk lebih berani mengemukakan pendapat.

6. Bermain kuis
Bermain kuis bisa jadi alternatif kalian berikutnya. Kalau untuk yang satu ini, kalian sekelas harus terlibat. Pertama, kalian tentukan satu atau dua orang sebagai pembawa acara. Selanjutnya, kalian buat dua atau tiga tim sebagai peserta. Untuk yang lain, sementara jadi pendukung. Nanti kalau kuis yang pertama selesai, kalian yang tadi sebagai pendukung bisa gantian jadi pesertanya. Kalau soal kuisnya, kalian bebas ingin kuis seperti apa. Misalnya aja, cerdas cermat, tebak gambar, susun kata, tebak lagu, atau apa aja deh. Yang penting, buat kelas kalian jadi lebih seru!

7. Bermain Drama
Bermain drama tentu membutuhkan banyak pemeran. Maka dari itu, bermain drama pun kalian sekelas harus terlibat juga. Untuk permulaan, kalian bisa mengikuti drama dari buku Bahasa Indonesia kalian. Untuk lain kali (kalau ada jam kosong lagi), kalian boleh buat naskah sendiri. Nggak perlu pakai properti atau kostum yang macam-macam. Cukup gunakan properti yang ada di kelas kalian. Karena yang diutamakan dalam drama ini adalah akting kalian. Kalau kalian sekelas bisa bermain drama, pasti seru kan?

Nah, itulah hal-hal seru yang bisa kalian coba saat jam kosong. Kalian memang nggak harus mengikuti 7 tips di atas. Tapi kalau kalian bisa mencoba salah satunya, pasti deru deh. Bagaimana, kalian tertarik?






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    33%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red