×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Fakta unik KEK Mandalika, calon tuan rumah penyelenggara MotoGP 2021

0

Jalan-Jalan

8 Fakta unik KEK Mandalika, calon tuan rumah penyelenggara MotoGP 2021

KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika akan menjadi salah satu destinasi wisata yang tak hanya populer di Indonesia saja, namun juga mancanegara.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Odhi Rizaldi

12 / 03 / 2019 13:21

Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan wilayah yang memiliki berbagai destinasi wisata populer yang sangat memanjakan mata, mulai dari Pulau Komodo, Gunung Rinjani, hingga Gili Trawangan.

Tetapi, tahukah kalian bahwa di Lombok saat ini juga direncanakan kawasan wisata dengan skala besar, yaitu KEK Mandalika. KEK Mandalika direncanakan akan menjadi destinasi yang akan sangat populer nantinya mengingat selain menjadi kawasan wisata dengan skala besar, KEK Mandalika juga secara resmi ditetapkan menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan motor akbar, MotoGP dan Superbike pada tahun 2021. Hal ini akan membuat KEK Mandalika akan terkenal di seluruh dunia.  

Oleh karena itu, sebelum kesana kalian harus mengetahui fakta unik dan menarik mengenai KEK Mandalika. Apa sajakah itu? Yuk cek di bawah ini.

1. Asal usul nama Mandalika.

Patung Mandalika

Loading...

Tahukah kalian kalau nama Mandalika berasal dari kisah rakyat yang telah terkenal di Suku Sasak, Lombok. Dalam kisah ini menceritakan seorang putri nan cantik bernama Mandalika yang banyak diperebutkan oleh para lelaki.

Dikarenakan ia tidak kuat untuk menghadapi banyaknya lelaki yang ingin menikahinya, maka Mandalika memutuskan untuk bunuh diri dengan menjatuhkan diri di laut agar terhindar dari berbagai konflik. Sejak saat itulah daerah tersebut dinamakan Mandalika untuk menghormati kematian sang putri.

Akibat tindakan sang putri tersebut menghasilkan sebuah fenomena unik di Pantai Mandalika. Terkadang di pantai tersebut muncul banyak cacing laut yang dapat menyala pada malam hari. Keunikan ini menjadi salah satu daya tarik utama di Mandalika ini.

 

2. Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

KEK Mandalika

Presiden Joko Widodo telah menetapkan Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Mandalika juga sudah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sebagai destinasi prioritas atau “10 Bali Baru”.

Mempunyai luas 1.034 hektar, KEK Mandalika dibangun untuk menunjukkan kepada dunia bahwa keindahan Indonesia tidak hanya ada di Bali, tetapi juga di Mandalika, Lombok.

Seiring dengan pembangunan fasilitas yang beragam tersebut, keindahan alam di Mandalika memang sudah terkenal indah. Oleh karena itu, sekarang kawasan Mandalika akan lebih sering disebut dengan KEK Mandalika.

 

3. Sempat tidak muncul pada Google Maps.

Google Maps Mandalika

Google maps merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu para penggunanya untuk mengetahui tentang lokasi yang belum pernah dikunjungi. Namun tahukah kalian bahwa KEK Mandalika sempat tidak muncul di google maps dan hanya berupa tanah kosong saja. Ini dikarenakan pembangunan KEK Mandalika yang berjalan sangat panjang, yaitu selama 29 tahun lamanya. Diduga lamanya pembangunan tersebut disebabkan karena masalah payung hukum dan pembebasan lahan.

Tetapi, pada tahun 2019 ini kalian sudah bisa melihat KEK Mandalika di google maps secara langsung. Jadi, bagi kalian yang ingin berkunjung ke KEK Mandalika tidak perlu bingung lagi terkait dengan lokasinya.

 

4. Menjadi salah satu alternatif liburan di NTB.

Pantai Mandalika

Dengan ditetapkannya sebagai “calon Bali baru”, maka KEK Mandalika terus dikembangkan sebagai destinasi liburan prioritas. Sejauh ini sudah ada delapan investor yang tertarik membangun hotel atau resor di sana. KEK Mandalika pun telah siap menjadi destinasi liburan alternatif saat wisatawan hendak berlibur ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jadi bagi kalian yang ingin liburan ke Lombok, jangan hanya mampir ke Pulau Komodo atau Gili Trawangan saja, namun sempatkan juga untuk berkunjung ke KEK Mandalika yang nantinya kalian akan dimanjakan mulai dari pantai yang sangat indah hingga resor dan hotel kelas mewah.

 

5. KEK Mandalika meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Mandalika

Dengan ditetapkannya KEK Mandalika sebagai kawasan wisata skala besar, maka otomatis akan meingkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Ini dikarenakan akan banyak tenaga kerja yang dibutuhkan, diprediksi sejumlah 58 ribu orang.

Sehingga dengan terbukanya banyak lapangan pekerjaan tersebut otomatis akan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di sekitar KEK Mandalika dan akhirnya perekonomian masyarakat di sekitar KEK Mandalika akan meningkat.

 

6. Destinasi wisata di sekitar KEK Mandalika.

Desa adat Sade

Saat berlibur ke Mandalika, wisatawan juga bisa sekalian tur desa adat. Pasalnya tak jauh dari KEK Mandalika ada Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende khas masyarakat Sasak. Kedua desa adat ini memiliki keindahan alam dan keunikan budaya yang juga patut dilihat saat dikunjungi.

Selain itu, KEK Mandalika juga dekat dengan pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, dan Batu Payung yang sangat indah untuk menikmati matahari terbenam. 

 

7. Jokowi sempat ngevlog.

Jokowi ngevlog

Kalian nggak salah baca kok. Presiden Joko Widodo sempat melakukan vlog atau membuat video saat mengunjungi KEK Mandalika. Dalam video tersebut, beliau bersama dengan Gubernur NTB saat itu, Tuan Guru Bajang berada di depan hamparan laut biru dan jernih di KEK Mandalika dan siap menyambut siapapun untuk berwisata di KEK Mandalika.

Jika penasaran, kalian bisa cek di channel YouTube beliau tentang bagaimana keindahan di KEK Mandalika dan jangan lupa subscibe channel beliau dan like videonya.

 

8. Menjadi tuan rumah balapan akbar.

MotoGP Mandalika

Seperti yang dijelaskan pada bagian pembuka, KEK Mandalika telah ditetapkan menjadi tuan rumah penyelenggara balapan motor akbar, MotoGP dan Superbike pada tahun 2021 mendatang. Ini berdasarkan kesepakatan yang telah dilakukan oleh Dorna, penyelenggara balapan MotoGP dan Superbike dengan Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC pada bulan Februari kemarin.

Sirkuit yang berada di KEK Mandalika direncanakan memiliki konsep seperti sirkuit jalanan (street circuit), seperti halnya sirkuit Monako dan Singapura pada ajang balapan Formula 1. Pembangunan sirkuit ini direncanakan akan rampung pada tahun 2020 yang artinya tahun depan kita sudah dapat melihat sirkuit jalanan di KEK Mandalika secara sesungguhnya dan di tahun berikutnya kita akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP dan Superbike. Kita semua sebagai warga Indonesia sudah sepatutnya untuk bangga dan menununjukkan Indonesia di mata dunia.

 

Nah, itulah tadi beberapa fakta unik dan menarik terkait dengan KEK Mandalika, calon tuan rumah penyelenggara balapan MotoGP dan Superbike. Setelah membaca ini apakah dari kalian ingin mengunjungi tempat ini?

Tentu saja wajib hukumnya mengingat tempat ini akan menjadi salah satu destinasi wisata populer bukan hanya di Indonesia saja, namun hingga ke mancanegara. Oleh karena itu, siapkanlah diri kalian dan pastikan keuangan mendukung ketika hendak mengunjungi KEK Mandalika.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red