×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Cara bertahan hidup ala anak kos, harus survive sampai akhir bulan

0

Life

8 Cara bertahan hidup ala anak kos, harus survive sampai akhir bulan

Memanfaatkan uang sebaik-baiknya saat akhir bulan

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Annisa Hildania

26 / 09 / 2018 15:45

Untuk kamu yang sedang berjuang di tengah tanah rantauan. Menjadi anak kost adalah tantangan tersendiri. Kamu dituntut untuk bisa mengatur pengeluaran, mengatur waktu sekaligus beradaptasi dengan lingkungan yang belum kamu kenal. Nah, masalah yang dihadapi anak kost biasanya adalah uang yang sudah habis bahkan sebelum akhir bulan. Berikut ini adalah cara - cara agar kamu bisa menghemat pengeluaran

1. Cuci sendiri

Image result for cuci baju gif

Mencuci kadang menjadi kegiatan yang melelahkan. Apalagi ketika tugas sekolah/kuliah sedang banyak-banyaknya. Maka dari itu, kamu dituntut untuk bisa mengatur waktu dengan baik. Dibanding dengan laundry di luar sana, mencuci sendiri jauh lebih murah. Kamu hanya perlu mengeluarkan 1000-2000 untuk detergen saschet. Tipsnya pilih yang detergen sekaligus pelembut. Agar tidak membeli pelembut lagi.

2. Memasak nasi sendiri

Loading...

Image result for cooking rice gif

Harga nasi di warung per porsinya 3000-5000. Uang tersebut lumayan banyak. Jika kamu ingin benar-benar hemat. Masaklah sendiri. Apalagi jika kamu punya rice cooker. Memasak jauh lebih mudah.

3. Kurangi minum-minuman manis

Image result for tea gif

Minumlah air putih. Selain sehat, air putih juga harganya lebih murah. Ketimbang membeli minuman manis di luar sana, lebih baik sisihkan uangmu.

4. Masak sendiri

Image result for kyungsoo cooking gif

Belilah telur, sayur, tempe, dan lain-lain. Masaklah sendiri. Berkreasilah! harga makanan mentah jauh lebih murah ketimbang beli di warung. Namun tetap perhatikan gizi agar kamu tidak mudah sakit.

5. Main ke rumah teman

Image result for friends gif

Sesekali mainlah ke rumah teman yang tidak ngekost. Biasanya ibu teman kita akan menawari kita makan. Lumayan, untuk penghematan dan perbaikan gizi. Hahaha

6. Cari tempat wifi gratis

Image result for wifi gif

Kuota internet menghabiskan banyak pengeluaran. Daripada membeli kuota internet yang mahal, manfaatkanlah fasilitas wifi gratis disekitar kampus, alun-alun, taman kota atau tempat umum lain. Jika kamu benar-benar butuh kuota internet. Belilah yang kuotanya sedikit, jadi lebih murah. Usahakan sebisa mungkin untuk tidak memakai kuota daripada wifi, kecuali dalam keadaan darurat.

7. Perbanyak koneksi

Image result for meet up  gif

Bertemanlah dengan siapa saja. Lingar pertemanan yang luas memberi banyak manfaat pada kita, termasuk menghambat pengeluaran. Jika ada temanmu yang ulang tahun, kamu akan diajak untuk ikut acara makan-makan. Selain itu, kamu bisa mencari tahu tempat makan yang murah dan enak dari koneksimu itu.

8. Berjualan

Image result for mahasiswa dagang

Buang semua rasa gengsi dan malu. Kembangkan percara diri. Kamu bisa berjualan meskipun tidak punya modal sekalipun. Selagi kamu punya smartphone dan kuota. Kamu bisa berjualan online dengan sistem dropshipper. Artinya, kamu menjualkan barang milik orang lain. Kamu bisa menjualkannya di teman-temanmu.

Nah, itu dia 8 cara hidup hemat ala anak kost. Semoga dengan cara - cara tersebut bisa memberi manfaat kepada kamu yang sedang merantau. Semangat, manisnya kehidupan terasa setelah lelahnya bekerja.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red