Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang terjadi sekali dalam setahun. Sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim diseluruh dunia. Setiap negara memiliki tradisi unik guna memeriahkan bulan Ramadan. Berikut 7 Negara yang memiliki tradisi unik dalam menyambut Ramadan.

1. Mesir

7 Tradisi Ramadan terunik di berbagai negara, mana yang paling seru?

Tidak asing dengan wajah pada lampion? Yup, gambar pada lampion merupakan winger andalan klub Liverpool, Mohammad Salah. Menjadi penyerang andalan Jurgen Klopp dan memenangkan sepatu emas tahun ini menyebabkan pedagang-pedagang dari negeri asalnya, Mesir, ramai-ramai menjual pernak-pernik Ramadan bergambarkan Mohammad Salah. Mulai dari lampu lampion, tas bergambar Mohammad Salah, bantal bergambar Mohammad Salah, hingga mainan berbentuk Mohammad Salah.

2. Indonesia

7 Tradisi Ramadan terunik di berbagai negara, mana yang paling seru?

Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar didunia. Maka tak heran bila negara kita ini banyak memiliki tradisi unik selama bulan Ramadan. Mulai dari ngabuburit, berburu takjil gratis di Mesjid, mudik, hingga tradisi berbuka bersama. Namun ada 1 tradisi yang sangat memoriable bagi masyarakat Indonesia yang ditunggu-tunggu dibulan Ramadan, yaitu membangunkan warga sahur yang dilakukan oleh marbot mesjid, remaja, hingga anak-anak. Tradisi unik ini pun selalu di ikuti oleh alat-alat yang khas dan beragam pula. Sesuai daerah masing-masing, mulai dengan menggunakan rebana, kentongan hansip, sampai toa mesjid. Di beberapa daerah di Indonesia sering diadakan pawai takbir setiap bulan Ramadan.

3. Turki

7 Tradisi Ramadan terunik di berbagai negara, mana yang paling seru? Turki yang dahulunya merupakan ibukota pusat kekhilafahan islam Ottoman, ternyata masih menjalani budaya mereka yang telah dilakukan sejak berabad-adab lalu oleh Khilafah Ottoman. Para pemuda akan medaftarkan diri untuk menjadi tim drummer yang akan membangunkan para warga. Tim drummer ini akan berkeliling membangunkan orang sahur memakai pakaian adat khas zaman kaisaran Ottoman. Namun seragam resmi dan kartu ke anggotaan tim pembangun sahur ini baru dijalankan di Turki selama 5 tahun.

4. Pakistan

7 Tradisi Ramadan terunik di berbagai negara, mana yang paling seru?

Pakistan memiliki tradisi unik dalam mengisi bulan Ramadan. Warga Pakistan terbiasa berbuka bersama menggunakan menu khas negara ini, Samosa. Samosa adalah makanan pedas berbentuk segitiga mudah dijumpai disetiap penjuru Pakistan selama bulan Ramadan.

5. Meriam Tanda Buka Puasa, Mekkah

7 Tradisi Ramadan terunik di berbagai negara, mana yang paling seru?

Tradisi mainstream datang dari kota suci Mekah di Arab Saudi. Meriam ini ditembakkan ketika waktu Maghrib telah dekat. Hal ini dilakukan untuk memberitahukan masyarakat sekitar bahwa waktu berbuka akan tiba. Konon tradisi ini tahun 859 Hijriah. Kala itu Sultan Mesir melakukan uji coba meriam yang baru dibeli ketika waktu senja. Orang-orang berpuasa di Mekkah menduga suara tersebut sebagai simbol dari Sultan bahwa waktu berbuka telah dekat. Sejak saat itu tradisi meriam Ramadan ini terus diwariskan turun-temurun.

6. Pasar Kuliner Berbagai Macam Makanan berbagai Negara di Singapura

7 Tradisi Ramadan terunik di berbagai negara, mana yang paling seru?

Setiap bulan Ramadan di Singapura akan dibuka Bazzar Gelyang Serai, sebuah pasar yang akan dibuka khusus selama bulan Ramadan. Gerai Bazzar ini selalu dipenuhi oleh pengunjung Muslim lokal maupun Internasional setiap tahunnya. Selain menjual pernak-pernik unik, hal yang menyedot pengunjung tentu saja wisata kuliner yang memanjakan lidah. segala jenis khas makanan memanjakan lidah dari berbagai negara bisa ditemukan pada gerai ini, seperti makanan ala Singapura, Indonesia, Timur Tengah, hingga India!

7. Tarian di China

7 Tradisi Ramadan terunik di berbagai negara, mana yang paling seru?

Di Negara dengan populasi manusia terbanyak ini, warga Muslim tidak banyak. Namun setiap menyambut Ramadan warga Muslim di China memiliki tradisi bernama Muqom. Tarian di iringi alunan musik sederhana yang di sebut Muqom ini biasa dilaksanakan pada untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Tradisi unik ini sering dilakukan oleh Muslim Kashagar, China.