×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Tips diet alami guna memperoleh tubuh yang langsing dan tetap sehat

0

Kesehatan

7 Tips diet alami guna memperoleh tubuh yang langsing dan tetap sehat

Foto: Pexels/Buenosia Carol

Ingin tubuh langsing dan sehat? Caranya mudah, coba lakukan tujuh tips diet alami ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DwiS

02 / 12 / 2020 14:20

Siapa yang tidak menginginkan tubuh langsing dan sehat? Tapi, mungkin banyak di antara kamu yang ingin langsing dengan cara cepat hingga melupakan risiko kesehatan yang ditimbulkan. Misalnya, mengonsumsi obat pelangsing sembarangan yang menjanjikan berat badan turun drastis dalam seminggu. Padahal, yang sehat dan wajar adalah jika berat badan turun sekitar 0.5 – 1 kg saja dalam seminggu. Atau, kamu nekat melakukan diet super ekstrem yang justru berujung masuk rumah sakit? Wah, ada yang pernah mengalami ini? Hati-hati, ya.

Sebenarnya, ada cara alami untuk memperoleh tubuh langsing namun tetap sehat. Cara alami memang butuh waktu dan kesabaran, tapi hasilnya lebih aman. Cara ini mudah kamu lakukan. Asalkan kamu harus tetap semangat, berdisiplin, dan berkomitmen dalam menjalaninya. Gimana, siap?

Nah, bagaimana cara alami memperoleh tubuh langsing namun tetap sehat? Tenang, ini tujuh langkah mudah yang bisa kamu lakukan. Simak, yuk!

1. Selalu sarapan.

Tentunya kamu butuh energi untuk beraktivitas seharian. Jadi, ingat selalu makan saat pagi hari untuk mengisi perutmu yang kosong. Jangan berpikir bahwa sarapan hanya membuat tubuhmu gemuk. Justru, melewatkan sarapan bisa membuatmu lebih tergoda untuk makan banyak pada siang hari. 

Loading...

Sarapan penting untuk memulai harimu. Sehatkan tubuh dengan menu sarapan bergizi dan bernutrisi. Pilih makanan yang terdapat kandungan protein, serat, atau biji-bijian utuh. Rutin mengonsumsi susu rendah lemak juga bagus untuk melengkapi kebutuhan nutrisi pada pagi hari. 

2. Pilih makanan sehat.

Ingin mendapatkan tubuh sehat dan langsing? Rutinlah mengonsumsi makanan penuh nutrisi. Banyak pilihan yang mudah kamu dapatkan. Beberapa contoh makanan bernutrisi seperti sayuran, buah-buahan, oatmeal, dan lainnya yang mengandung serat. 

Kamu butuh asupan protein yang bantu mengenyangkan perut lebih lama. Pilihan makanan bisa berupa telur, yoghurt, ikan, kedelai dan kacang-kacangan. Protein tinggi juga terdapat dalam daging (tanpa lemak). Makanan seperti ubi kukus, cokelat hitam, teh hijau, sayuran dan buah dengan kandungan air banyak, mengandung berbagai nutrisi yang juga bagus untuk kesehatan.

Mendapatkan tubuh yang langsing namun sehat memang butuh ‘perjuangan’. Apalagi banyak sekali makanan lezat yang mengandung gula atau garam tinggi. Diet bukan berarti tidak bisa mengonsumsi camilan. Sesekali, tentu kamu bisa menyantap makanan lezat seperti snaks atau kue favoritmu. Tapi, batasi saja jumlahnya dan tidak memakannya terlalu sering.

Mulailah mengurangi makanan terlalu manis atau asin sebagai camilan, ini salah satu cara untuk menjaga berat badan ideal. Contoh camilan sehat seperti kacang rebus dan yoghurt rendah lemak. Batasi mengonsumsi makanan cepat saji yang biasanya mengandung kolesterol tinggi dan lemak jenuh. Berbagai minuman kemasan dan sneks biasanya mengandung gula dan kalori tinggi, kurangi mengonsumsinya, ya.

Hindari minum alkohol apalagi terlalu sering. Selain kalorinya cukup tinggi, sering mengonsumsi alkohol bisa mendatangkan penyakit seperti stroke dan gangguan jantung. 

Nah, cara mengolah makanan pun perlu kamu perhatikan. Supaya lebih sehat, kamu bisa menggunakan minyak kanola atau minyak zaitun untuk memasak makanan. 

3. Minum sebelum menyantap makanan.

Dietmu sering gagal karena susah mengurangi porsi makan? Nah, cobalah isi perutmu dengan dua atau tiga gelas air putih sekitar 30 menit sebelum makan. Cara ini dapat membuat perutmu terisi duluan sehingga menghindari makan terlalu banyak. Jadi, kamu bisa menurunkan berat badan. 

Kadang, dengan minum air saja kamu sudah merasa kenyang bahkan sebelum mengonsumsi makanan. Tubuhmu memang perlu cairan yang cukup untuk tetap sehat. Jika sanggup mengurangi porsi makan dari sebelumnya, tentu berat badan tidak naik drastis. Jadikan ini kebiasaan demi mendapatkan tubuh sehat dan langsing.

4. Aktif bergerak atau berolahraga.

Untuk yang satu ini, mungkin banyak di antara kamu yang sering malas melakukannya. Senang makan banyak, tapi malas bergerak. Kamukah itu? Tidak heran jika berat badanmu jadi naik dalam waktu singkat.

Mulai sekarang, banyaklah bergerak dan berolahraga. Kalau perlu paksakan diri untuk memulainya. Tidak mau, kan, kalori berlebih dalam tubuh nantinya hanya tersimpan jadi lemak? 

Selain membentuk tubuh ideal, banyak manfaat kesehatan kalau kamu rutin berolahraga. Jika ingin mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, tidak cepat sakit, peredaran darah lancar, memperbaiki mood, saatnya kamu mulai berolahraga. Kamu bisa pilih yang sesuai minat seperti jogging, jalan kaki, yoga, bersepeda, senam aerobik dan sebagainya. Lakukan rutin, misal selama 30 menit setiap hari demi memperoleh tubuh yang sehat dan langsing.

Ini yang perlu kamu ingat. Kalau kamu memiliki penyakit tertentu seperti diabetes, jantung, dan lainnya, ingatlah untuk berkonsultasi ke dokter sebelum melakukan olahraga tertentu. Hal ini tentunya untuk menghindari hal-hal yang bisa memperparah kondisi penyakit tersebut. 

Jangan lupa, hindari stres! Stres bisa saja membuatmu ingin makan terus-menerus hingga tanpa sadar berat badanmu pun naik pesat.

5. Cukupi waktu tidur .

Ternyata, kalau kamu sering kekurangan waktu tidur bisa berisiko berat badan naik, lho! Kebiasaan kurang tidur bisa meningkatkan hormon ghrelin dalam tubuh yang membuatmu ingin terus mengunyah makanan. Akhirnya, kamu bisa tergoda ngemil makanan yang tidak sehat. 

Jadi, penting untukmu mendapatkan waktu tidur yang cukup. Buatlah jadwal tidur teratur setiap malam. Idealnya, waktu tidur sekitar 7 – 9 jam. Sebelum tidur, jauhkan diri dari segala gangguan seperti gadget, atur suhu dan cahaya kamar hingga tidurmu terasa nyenyak dan nyaman.

6. Makan porsi kecil dan sering.

Sudah jadi kebiasaanmu menyantap makanan sepiring penuh? Siasati dengan menggunakan piring kecil. Dengan begitu, makanan tampak penuh tapi sebenarnya porsi berkurang. Cara yang cukup jitu untuk mengurangi porsi makan berlebih, bukan?

Kamu juga bisa langsung mengurangi porsi makan jadi setengah saja, atau sekitar 20% dari biasanya. Nah, karena porsi makanmu sudah berkurang dari biasanya, kamu bisa melakukannya lebih sering. Misal, makan sebanyak 4 – 5 kali dalam sehari, tetap dengan porsi yang sedikit. Itu akan lebih efektif mendukung dietmu daripada makan 2 -3 kali tapi dalam porsi banyak.

7. Santap perlahan.

Saat mengonsumsi makanan, kamu tidak perlu terburu-buru. Memangnya sedang balapan? Fokus saja menikmati setiap suapan, kunyah makanan hingga lembut.

Membiasakan menyantap makanan perlahan membuat otak menangkap sinyal bahwa tubuhmu sudah kenyang sesuai waktunya. Beda jika kamu membiasakan makan cepat, jumlah makanan yang masuk bisa kebanyakan. Hal ini hanya akan membuat berat badanmu cepat naik, dietmu pun bisa gagal!

Nah, itu tadi tujuh tips diet alami guna memperoleh tubuh langsing dan sehat. Cukup mudah dan pastinya lebih aman. Mulai sekarang, biasakan hidup sehat, yuk. Selamat mencoba!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red