Setiap wanita selalu ingin tampil cantik setiap saat sehingga banyak wanita yang menginginkan makeupnya tahan lama. Faktor cuaca apalagi di Indonesia serta banyaknya kegiatan yang dilakukan sering kali membuat makeup menjadi cepat luntur. Hal ini membuat kamu harus sering melakukan touch up.

Makeup yang tahan lama akan membuatmu lebih percaya diri serta tidak perlu repot untuk touch up. Penasaran bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini.

1. Bersihkan wajah

Sebelum mengaplikasikan makeup, langkah yang tidak boleh kamu tinggalkan adalah membersihkan wajah. Bersihkan wajah menggunakan susu pembersih, kemudian cuci dengan sabun muka. Lalu aplikasikan toner pada wajahmu. Setelah itu tunggu hingga wajahmu tidak basah lagi.

2. Lembabkan wajah

Setelah wajah dibersihkan, aplikasikan moisturizer agar kelembabab wajah tetap terjaga. Selain itu, fungsi dari moisturizer adalah untuk membuat kulitmu supple dan halus sehingga siap diaplikasikan makeup. Gunakan moisturizer cair agar lebih cepat terserap dan lebih ringan. Oleskan pelembab secukupnya saja karena kalau terlalu banyak akan membuat kulit licin sehingga makeup mudah luntur.

Selain itu, kamu juga dapat mengaplikasikan serum wajah untuk perawatan wajah kamu. Gunakan juga serum khusus untuk bibir.

3. Gunakan primer

Jangan pernah melewatkan primer sebelum menggunakan foundation. Primer merupakan salah satu bahan makeup yang dikenal dapat menghaluskan pori-pori maupun kerutan sehingga mengunci makeup agar tahan lama. Selain itu primer juga berfungsi untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah sehingga membuat makeup terlihat lebih baik. Lapisan primer akan menjadi dasar yang menahan foundation dan concealer yang akan kamu aplikasikan sehingga bertahan lama. Primer sebaiknya digunakan terutama di bagian T wajah.

4. Mulai dengan bedak

Umumnya bedak digunakan untuk tahap akhir pada rangkaian makeup. Namun menurut makeup artist Wayne Goss, penggunaan bedak pada awal riasan justru sangat baik. Cara ini dipopulerkannya pada tahun 2014. Setelah memakai moisturizer dan primer, aplikasikan bedak secukupnya sebelum foundation. Sebaiknya kamu gunakan bedak tabur. Bedak memiliki fungsi untuk menyingkirkan minyak pada wajah sehingga foundation akan terkunci dan bertahan lebih lama.

5. Makeup tipis

Cara agar makeup tahan lama adalah dengan memakai makeup dengan layer tipis. Lakukan langkah demi langkah dengan layer tipis. Hal ini akan membuat makeupmu lebih ringan dan natural. Pengaplikasian makeup yang berlebihan justru akan membuat makeup mudah luntur.

6. Semprotkan setting spray

Terakhir, jangan lupa untuk menyemprotkan setting spray pada bagian wajah agar makeup lebih tahan lama. Setting spray berfungsi menset wajah di akhir makeup agar makeup saling melekat satu sama lain. Pilih setting spray jenis matte atau oil free. Selain membuat makeup tahan lama, setting spray akan memberikan hasil akhir natural yang segar.

7. Siapkan kertas minyak

Jangan lupa juga untuk menyiapkan kertas minyak. Kalau wajahmu mulai berminyak jangan gunakan tisu. Gunakan kertas minyak untuk menyerap kelebihan minyak dengan cara menekannya dengan lembut agar tidak merusak makeup.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba untuk makeup tahan lama. Selamat mencoba.