Taman kota adalah taman yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota.

Tamanmerupakan sebuah lokasi hasil rancangan manusia yang didalamnya terdapat bunga, pohon, tanaman hijau, dan sejumlah hiasan lain bahkan seperti air mancur, kolam, mampu menghiasi tempat ini. Dengan keindahan taman banyak orang yang menghabiskan waktu disini baik untuk berolahraga, menghirup udara segar, liburan bersama keluarga, dll. ada 7 taman kota terbaik di Indonesia. yuk cek disini.

1. Taman Bungkul, Kota Surabaya

7 Taman kota terbaik di Indonesia, gak kalah sama luar negeri

Taman Kota Bungkul yang menyabet gelar sebagai The 2013 Asian Townscape Sector Award atau taman terbaik se-Aia dari PBB.Taman Bungkul ditata sedemikian rupa dengan banyak rumpun bunga, pepohonan yang rindang, sarana olahraga plus berbagai fasilitas penunjang rekreasi lainnya. Taman yang ada di Jalan Raya Darmo ini benar-banar di rawat dengan baik, salah satu bukti nyatanya dapat dilihat dari kebersihan taman. Tak nampak satu biji sampah pun di area taman yang membuatnya seolah-olah bukan taman di Indonesia. Taman ini memang sangat cocok untuk piknik atau sekedar bersantai dengan keluarga malah ada WiFi gratis pula di sana.

2. Taman Kota Batu, Batu

7 Taman kota terbaik di Indonesia, gak kalah sama luar negeri

Alun-alun Kota Batu ini memiliki konsep yang sangat unik dan menjadi satu-satunya alun-alun di Indonesia yang memiliki Bianglala. Keunikan dari taman ini bisa dilihat dari adanya berbagai fasilitas seperti ruang informasi yang berbentuk buah stroberi serta toilet berbentuk apel. Tak hanya itu saja, alun-alun kota Batu dilengkapi pula dengan sebuah playground untuk anak-anak. Jika mencari tempat rekreasi gratis yang menyenangkan langsung datang saja ke alun-alun Kota Batu.

3. Taman Juanda, Bandung

7 Taman kota terbaik di Indonesia, gak kalah sama luar negeri

Taman Juanda memiliki nama resmi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan taman sekaligus kawasan konservasi terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman. Taman ini terletak di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyen, Bandung. Taman ini sangat luas meliputi kawasan Dagi Pakar hingga Maribaya seluas hampir 600 hektar.Terdapat sekitar 2.500 jenis tanaman tumbuh di taman ini namun mayoritas pohon yang tumbuh di sana adalah pohon pinus. Lebatnya tanaman di Taman Juanda membuat udara di sana sangat sejuk bahkan para pengunjung bisa melihat aneka fauna liar seperti burung jalak, musang dan tupai di kawasan ini.

4.Taman Bukit Bougenville, Singkawang

7 Taman kota terbaik di Indonesia, gak kalah sama luar negeri

Taman kota berikutnya disebut-sebut sebagai salah satu yang terindah di Indonesia. Di taman ini pengunjung bisa menikmati keindahan beraneka ragam bunga bougenville. Seperti mayoritas tanaman yang tumbuh di sana, taman ini bernama Taman Bukit Bougenville.Kawasan ini sangat sejuk sehingga disebut sebagai area super sejuk oleh para pengunjung.

5.Taman Kota Pecangakan, Bali

7 Taman kota terbaik di Indonesia, gak kalah sama luar negeri

Taman Kota Pecangakan yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Negara, Jembrana, Bali. Taman ini terkenal sebagai salah satu taman terindah di Indonesia lho. Yang membuat unik dari taman ini adalah adanya kolam air mancur serta patung-patung tokoh Mahabarata di sekitar taman.

6.Taman Kota Giri Menang, Lombok

7 Taman kota terbaik di Indonesia, gak kalah sama luar negeri

Taman Kota Giri Menang yang kecantikannya tidak ada duanya.Taman yang berada di Kecamatan Gerung, Lombok Barat ini menempati lahan seluas 1,5 hektar. Taman Kota Giri Menang menjadi salah satu landmark dan kebanggan Lombok Barat. KEcantikan taman ini bisa dilihat sepanjang waktu namun saat malam tiba cantiknya taman ini bisa berlipat ganda dengan paduan lampu warna-warni menghiasi taman. Di dalam Taman Kota ini terdapat Tugu Giri Menang yang berdiri dengan anggunnya.

7. Taman Alam Lumbini, Berastagi

7 Taman kota terbaik di Indonesia, gak kalah sama luar negeri

Taman Alam Lumbini. Taman ini terletak di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo. Taman ini sudah sangat terkenal tak hanya oleh wisatawan lokal saja namun telah menjadi tempat wisata favorit para bule juga.Di dekat pagoda ini terdapart taman super duper cantik dengan aneka bunga yang tertata rapi. Di belakang taman terdapat jembatan Titi Lumbini. Dari jembatan inilah pangunjung bisa melihat dengan jelas panorama hijau Taman Alam Lumbini.

Indonesia juga memiliki taman kota yang sangat indah bahkan keindahannya tak kalah sama taman-taman kota di luar negeri.