Peradaban kuno merupakan budaya yang telah mencapai taraf teknologi yang lebih tinggi.Pengertian lain menyebutkan bahwa peradaban kuno merujuk pada kumpulan hasil-hasil peradaban yang mencakup seluruh aspek, baik fisik (misalnya bangunan, jalan), maupun non-fisik (nilai-nilai, tatanan, seni budaya, dan iptek).

Ada sisi lain yang menarik ketika belajar mengenai sejarah kebudayaan dan peradaban, yaitukita dapat dibuat kagum oleh bagaimana sejarah tersebut bermula. Nah, berikut ini merupakan 7 situs peradaban kuno dunia yang layak untuk kamu ketahui.

1. Pyramida of Giza.

Ini 7 situs peradaban kuno dunia, udah tahu? sumber-youtube.com

Piramida Mesir memiliki eksterior yang halus dan mencapai ketinggian 481 kaki. Para arkeolog mengatakan butuh waktu sekitar 20 tahun untuk membangun Piramida besar ini dan menjadi salah satu bukti untuk menghormati Raja Firaun kala itu.

2. Lighthouse Of Alexandria.

Ini 7 situs peradaban kuno dunia, udah tahu? Sumber-youtube.com

Mercusuar Alexandria dibangun sekitar 280 SM dan memiliki tinggi sekitar 400 meter. Mercusuar ini menjaga kota di pelabuhan Mesir Kuno. Bangunan mercusuar ini menjadi salah satu bangunan tertinggi di dunia.

3. Colossus of Rhodes.

Ini 7 situs peradaban kuno dunia, udah tahu? Sumber-ancient.eu

Patung besi Dewa Matahari bernama Helios ini dibangun di kota Yunani Rhodes sekitar 280 SM. Patung ini dikenal sebagai monumen perang yang memiliki tinggi 100 kaki atau kira-kira setinggi Patung Liberty. Sayangnya, monumen ini runtuh akibat gempa bumi pada 226 SM.

4. Mausoleum at Halicarnassus.

Ini 7 situs peradaban kuno dunia, udah tahu?

Sumber-thougtco.com

Dibangun sekitar 350 SM di Bodrium, barat daya Turki, Mausoleum disebut sebagai makam Mausolus dan dirancang oleh penguasa Persia. Syangnya, struktur bangunan ini rusak oleh gempa bumi sekitar abad ke 12/15.

5. Temple Artemis at Ephesus.

Ini 7 situs peradaban kuno dunia, udah tahu? Sumber-elixirofknowledge.com

Kuil Artemis terletak di dekat Selcuk, Turki. Bangunan ini dibangun sekitar abad 550 SM dan dihancurkan sekitar abad 268 SM oleh invansi god.

6. Stat of Zeus at Olympia.

Ini 7 situs peradaban kuno dunia, udah tahu?

Sumber wanderlord.com

Dibangun sekitar abad 435 SM oleh pematung Phidas, patung emas dengan tambahan gading dan kayu ini berdiri setinggi 40 kaki. Uniknya, dewa Yunani bernama Zeus duduk di atas takhta cedar. Sayangnya, patung ini hancur pada abad ke-5.

7. The Hanging Garden of Babylon.

Ini 7 situs peradaban kuno dunia, udah tahu?

sumber: -6iee.com

Taman Gantung Bable yang terletak di Irak ini dibangun oleh Raja Babilonia Nebukadnezar sekitar abad 600 SM.

Nah, itulah 7 situs peradaban kuno yang ada di dunia.Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu ya!