×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Planet ini punya kemungkinan dapat dihuni manusia

0

Ilmiah

7 Planet ini punya kemungkinan dapat dihuni manusia

Bisa jadi tujuan kita selanjutnya nih jika teknologi memungkinkan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fikri Alfathan

02 / 07 / 2019 15:38

Pernahkah kalian bertanya apakah manusia dapat tinggal di planet lain selain Bumi? Dengan banyaknya tata surya dan planet di Alam Semesta, kemungkinan akan adanya planet yang dapat ditinggali oleh manusia tentu saja sangat besar. Walaupun tidak banyak planet yang dapat benar-benar ditinggali oleh manusia, planet tersebut berada di zona habitat dan memiliki air berbentuk cairan yang mungkin akan lebih memudahkan kehidupan manusia.

Dengan teknologi yang tepat, suatu saat nanti kita kemungkinan akan dapat mengubah sebuah planet menjadi planet yang dapat benar-benar kita tinggali. Atau membuat tempat hidup buatan di sebuah planet yang tidak dapat ditinggali. Berikut ini adalah beberapa planet yang kemungkinan dapat kita tinggali.

1. Kepler-438b.

7 Planet ini punya kemungkinan dapat dihuni manusia

Kepler-438b merupakan planet yang dikonfirmasi memiliki ukuran nyaris sebesar Bumi. Planet ini berjarak 640 juta tahun cahaya dari Bumi. Planet ini diumumkan memiliki orbit yang berada di zona layak huni di Kepler-438. Dikatakan juga bahwa ada daerah di mana air berbentuk cair ada di permukaan planet ini. Walaupun begitu, telah ditemukan bahwa planet ini terpapar dengan aktivitas radiasi yang sangat besar dari bintang yang diputarinya setiap 100 hari sekali. Radiasi ini merupakan satu-satunya hal yang membuat planet ini tidak layak huni.

Loading...

2. Kepler-296e.

7 Planet ini punya kemungkinan dapat dihuni manusia

Kepler-296e diumumkan terletak di zona layak huni di tata surya Kepler-296. Dikatakan juga bahwa air berbentuk cairan kemungkinan besar ada di permukaan planet ini. Planet ini pertama kali ditemukan pada 2014 lalu.

3. Kepler-62e.

7 Planet ini punya kemungkinan dapat dihuni manusia

Kepler-62e merupakan planet yang ditemukan berada di zona layak huni di Kepler-62. Planet ini terletak sekitar 1.200 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Lyra. Diperkirakan bahwa planet ini merupakan planet lautan. Namun, salah satu kendala terbesar dari adanya kehidupan di planet ini adalah besarnya kemungkinan efek rumah kaca yang terjadi di planet ini.

4. Gliese 832 c.

7 Planet ini punya kemungkinan dapat dihuni manusia

Gliese 832 c merupakan planet yang berjarak 16 tahun cahaya dari Bumi. Sampai saat ini, planet ini merupakan planet di urutan nomor lima terdekat dari Bumi yang memiliki potensi adanya kehidupan. Planet ini mengitari bintangnya lebih dekat daripada Bumi mengitari Matahari. Namun, planet ini mengitari bintang kerdil merah. Hal ini membuat planet ini mendapatkan energi yang sama dengan yang didapat oleh Bumi dari Matahari.

5. Wolf 1061c.

7 Planet ini punya kemungkinan dapat dihuni manusia

Wolf 1061c merupakan sebuah planet di zona layak huni yang mengitari bintang kerdil merah Star Wolf 1061 di konstelasi Ophiuchus. Planet ini berjarak sekitar 13.8 tahun cahaya dari Bumi. Bintang yang diputari oleh planet ini dapat membara 40-50 kali lebih lama ketimbang Matahari kita. Dikatakan, banyak bagian dari planet ini dapat ditinggali jika saja dia memiliki atmosfer yang cukup tebal untuk menepis panas dari bintangnya.

6. Proxima Centauri b.

7 Planet ini punya kemungkinan dapat dihuni manusia

Proxima Centauri b merupakan planet yang mengitari bintangnya di zona layak huni. Planet ini berjarak 4.3 tahun cahaya dari Bumi. Hal ini membuatnya menjadi planet yang terdekat dari Bumi yang berada di zona layak huni. Planet ini diprediksi tidak memiliki atmosfer dikarenakan angin solar yang berhebus sangat kencang mengenai planet ini yang membuat atmosfernya kemungkinan tersapu oleh angin.

7. TRAPPIST-1f.

7 Planet ini punya kemungkinan dapat dihuni manusia

TRAPPIST-1f merupakan planet yang dikatakan bebatuan namun terselimuti dengan aliran air dan gas dengan tekanan dan suhu yang sangat tinggi. Namun, planet ini berada di zona layak huni. Dengan ini, ada kemungkinan keberadaan air berbentuk cair di permukaan planet ini. Pada 31 Agustus 2017, para ahli astronomi di Hubble Space Telescope melaporkan adanya bukti keberadaan air di planet ini.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red