Bagi sebagian orang, peti mati dapat digunakan sebagai lambang penghormatan dari para pengikut, penggemar atau sebuah bangsa. Maka tak aneh jika sebagian perusahaan menyiapkan peti mati dengan harga melambung tinggi.

Bagi orang-orang dari kalangan atas, peti mati yang digunakan sebagai tempat persemayaman pun harus berkualitas tinggi dan mewah. Meski begitu, penggunaan peti mati berkualitas tinggi dengan desain yang artistik juga bisa menjadi lambang rasa hormat para orang yang meninggal. Hanya orang-orang tertentu saja yang mampu mendapatkan peti mati tersebut. Berikut 7 peti mati paling mahal di dunia:

1. Peti mati Zsa Zsa Gabor

7 Peti mati yang memiliki harga selangit, ada yang hampir Rp 500 juta

Harga peti mati: USD 40 ribu atau setara Rp 478,6 juta

Golden Casket membuat peti tersebut dari emas 24 karat. Peti tersebut dibeliuntuk Zsa Zsa Gabor pada 2011 dengan biaya sebesar USD 40 ribu atau setara Rp 478,6 juta.

Goldem Casket menawarkannya pada Gabor sebagai bentuk perayaan atas sembuhnya dia dari pendarahan dan amputasi. Sementara itu, suaminya mengatakan akan menghancurkan peti mati itu dan melebur emasnya untuk dijadikan cincin cantik.

2. Xiao En Center Casket

7 Peti mati yang memiliki harga selangit, ada yang hampir Rp 500 juta

Harga peti mati: USD 36.400 atau setara Rp 435,5 juta

Sesuai namanya, peti mati mahal yang satu ini digunakan oleh Xiao En Center yang berbasis di Kuala Lumpur. Peti mati tersebut terbuat dari kayu maho terbaik dan dihiasi dengan lukisan tangan yang artistik di bagian samping luarnya.

Beludru lembut berwarna merah marun yang sangat mewah bahkan disediakan di bagian dalam lengkap dengan bantal kepala. Orang-orang yang disemayamkan di peti mati seharga USD 36.400 atau setara Rp 435,5 juta ini kemudian dimakamkan di Taman Eternal Compassion.

3. Promethian

7 Peti mati yang memiliki harga selangit, ada yang hampir Rp 500 juta

Harga peti mati: USD 25 ribu atau setara Rp 299,1 juta

Michael Jackson dimakamkan di ForestLawnMemorial pada 2009. Dia disemayamkan di dalam Promethian, peti mata berkualitas tinggi dengan model modern yang dilapisi emas 14 karat.

Tak hanya emas, bagian permukaan peti emasnya juga dilapisi perunggu padat untuk membuatnya terlihat lebih indah. Di dalamnya, terdapat cermin dengan beludru berwarna biru. Harga peti emas senilai USD 25 ribu atau setara Rp 299,1 juta ini tentu tak mahal bagi Jackson yang semasa hidupnya mampu menghasilkan harta USD 150 juta per tahun.

4. Peti mati Elizabeth Taylor

7 Peti mati yang memiliki harga selangit, ada yang hampir Rp 500 juta

Harga peti mati: USD 11 ribu atau setara Rp 131,6 juta

Di pemakamannya pada 2011, harga peti mati tempat Elizabeth Taylor bersemayam mencapai USD 11 ribu atau setara Rp 131,6 juta. Peti mati bergaya Yahudi ini terbuat dari kayu dan bahan-bahan berkualitas. Interior dalamnya dilapisi beludru berwarna merah. Peti tersebut dikirimkan secara mendadak mengingat orang Yahudi yang baru meninggal harus segera dimakamkan.

5. Peti mati Hallmark Bronze

7 Peti mati yang memiliki harga selangit, ada yang hampir Rp 500 juta

Harga peti mati: USD 6.900 atau setara Rp 82,5 juta

Perusahaan Savon Caskets dan Urns di Washington mendesain peti mati yang bagian luarnya dilapisi perunggu. Di dalamnya tubuh jenazah akan dibaringkan di atas beludru puith dan lembut. Di bagian kepala juga disediakan bantal yang lembut. Bahkan di dalamnya tersedia tempat khusus untuk menyimpan tabung memori sehingga membuat peti mati tersebut lebih mudah dikenali saat harus digali kembali.

6. Peti mati Walwod

7 Peti mati yang memiliki harga selangit, ada yang hampir Rp 500 juta

Peti mati yang digunakan untuk memakamkan Robert Wadlow pada 1940 ini membutuhkan biaya hingga USD 4.500 atau setara Rp 60,2 juta untuk membuatnya. Tak heran, mengingat Wadlow memiliki tubuh yang super besar. Tingginya sekitar 8 kaki dan lebar badannya mencapai 11,1 inch. Dengan tinggi badannya itu, dia berhasil menjadi pria tertinggi dalam sejarah. Tak hanya mahal, peti mati tersebut juga memiliki berat yang luar biasa hingga memerlukan 12 orang untuk mengangkatnya.

7.Peti Mati John F Kennedy

7 Peti mati yang memiliki harga selangit, ada yang hampir Rp 500 juta

Dilapisi perunggu, peti mati berinterior satin putih dipilih bagi almarhum Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy. Tak seperti yang lain, peti mati tersebut hanya digunakan sebagai sarana untuk menaungi tubuhnya ketika diangkutan dari Dallas ke Washington setelah dibunuh pada 1963. Peti mati itu akhirnya dijatuhkan di Samudra Atlantik, tempat yang Kennedy inginkan sebagai tempat persemayan terakhirnya.