Sumatera Barat terkenal dengan wisata, budaya dan kulinernya yang mendunia. Bagi para traveller, Sumatera Barat mungkin sudah tak asing lagi untuk disinggahi, apalagi melihat pesona alamnya nan indah, ditemani tarian yang unik dan diakhiri dengan kuliner yang super lezat.

Nah, bagi kamu yang belum pernah ke Sumatera Barat, kamu wajib baca yang satu ini ! Ini tujuh kuliner yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke tanah Minangkabau !

1. Salalauak.

7 Kuliner yang wajib kamu santap saat bertandang ke Sumatera Barat Namanya yang unik, Salalauak merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Pariaman, Sumatera Barat. Salaluak sendiri memiliki dua bentuk, pertama bulat dan kedua seperti 'peyek'.

Salaluak adalah makanan yang terdiri dari rempah-rempah, dengan ciri khas memiliki ikan kecil-kecil. Jika kamu tertarik, kamu bisa menemukannya di Pantai Gondoria, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Disini, puluhan pedagang menjajakan cemilan lezat yang satu ini.

2. Nasi 'Sek'.

7 Kuliner yang wajib kamu santap saat bertandang ke Sumatera Barat Jangan berpikiran yang enggak-enggak ya ! Nasi 'Sek' sendiri merupakan nasi yang dibungkus kecil-kecil dengan daun pisang. Penamaan 'Nasi Sek' sendiri sebenarnya dalam bahasa Minang berarti 'Saketek' atau bahasa Indonesianya, 'Sedikit'.

Kamu bebas milih, berapa buah Nasi 'Sek' yang akan kamu makan, dilengkapi dengan berbagai lauk pauk yang tersedia. Makanan satu ini, kamu juga bisa jumpai dengan lokasi 'Salalaluak', tepatnya di Pantai Gondoria, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

3. Bika.

7 Kuliner yang wajib kamu santap saat bertandang ke Sumatera Barat Beranjak sedikit,kamu bisa menemukan yang namanya makanan, Bika yang berada di kawasan Kota Padang Panjang dan Kota Baru, Kabupaten Agam. Namun, Bika disini berbeda dengan yang ada di Sumatera Utara.

Bika merupakan makanan yang terbuat dari campuran parutan kelapa dan tepung beras. Kemudian, adonan itu pun diaduk dan dituang ke daun yang berbentuk seperti piring kecil. Terakhir, Bika dibakar menggunakan 'Oven' khas orang Sumatera Barat, alias dibakar.

Satu hal yang harus kamu tahu jika menyantap makanan ini, makanlah selagi masih hangat !

4. Kopi Kawa Daun.

7 Kuliner yang wajib kamu santap saat bertandang ke Sumatera Barat Kopi Kawa Daun bukan seperti kopi biasanya. Kopi satu ini terbuat dari air daun kopi yang disangrai, menjadikan Kopi Kawa Daun memiliki aroma tersendiri.

Kopi satu ini memiliki sejarah tersendiri, banyak cerita mengatakan, jika dulu saat pendudukan VOC, masyarakat Sumatera Barat dilarang minum kopi untuk diri sendiri dari bijinya.

Alhasil, masyarakat Sumatera Barat pun meminum kopi melalui dedaunan kopi yang dipercaya masih memiliki kadar kafein.

Untuk menikmati minuman satu ini, kamu bisa memilih beberapa tempat, seperti Indomall di Kota Bukittinggi dan Kopi Kiniko di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar.

5. Sate Mak Syukur.

7 Kuliner yang wajib kamu santap saat bertandang ke Sumatera Barat Sate satu ini sudah pasti terkenal di Indonesia. Sate Mak Syukur sendiri merupakan sate yang berasal dari Kota Padang Panjang. Setiap wisawatawan yang datang, pasti menyempatkan mampir untuk menikmati kuah yang lezat, ditambah daging yang besar untuk setiap tusuknya.

6. Gulai Ikan Kapalo Lauak.

7 Kuliner yang wajib kamu santap saat bertandang ke Sumatera Barat Gulai Ikan 'Kapalo Lauak' (kepala ikan) merupakan makanan yang khas, dan terkenal di Sumatera Barat. Karena, Sumatera Barat memilih daerah laut yang luas, ikan pun berlimpah di tanah Minangkabau ini.

Makanan ini merupakan kepala dari ikan yang super besar. Dengan ikan yang masih segar, kamu bisa menikmatinya pada sejumlah tempat, seperti di Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Agam, Kota Pariaman dan Kota Padang.

7. Nasi Padang Asli!

7 Kuliner yang wajib kamu santap saat bertandang ke Sumatera Barat Nah, yang satu ini enggak perlu ditanyakan lagi, pastinya sudah sangat-sangat mendunia, tak hanya di Indonesia, melainkan dunia Mancanegara.

Tapi, bagi kamu yang sering menikmati Nasi Padang, jangan lewatkan untuk menyantap hidangan ini dari negeri asalnya.

Karena, ada perbedaan yang mendasar antara Nasi Padang di Sumatera Barat dengan diluar daerahnya.

Perbedaan yang dapat kamu temui, seperti beras yang digunakan, rasa cabai yang akan kamu nikmati hingga pastinya lebih enak !

Tertarik ? Kamu bisa menyumpai rumah makan, ampera dan restoran ini dimanapun, kalau kamu berada di Sumatera Barat. Tapi, ingat satu hal ya, kalau di Sumatera Barat, kamu enggak bakal nemuin yang namanya merek 'Nasi Padang'.

Nah, ini tujuh kuliner yang wajib kamu santap di Sumatera Barat. Mungkin ada yang bertanya-tanya, kuliner Sumatera Barat kan banyak, kenapa cuma tujuh ?

Jawabannya, karena ini santapan bukan oleh-oleh bro, kemudian kalau kebanyakan, nanti kamu kegendutan, hehe.