Masuk ke perguruan tinggi tidak sehebat yang mungkin kamu pikirkan. Alih-alih mendapatkan kebebasan dan kemandirian, kamu mendapatkan tugas yang luar biasa, pemeriksaan berjam-jam tanpa henti untuk ujian, dan banyak data untuk dihafal.

Dan kamu tahu apa lagi? Perguruan tinggi tidak menyenangkan ketika berbicara biaya. Jika tidak tahu cara menetapkan anggaran dan mematuhinya, kamu bisa menjadi bangkrut dan lebih tertekan. Hal-hal ini dapat mempersulit kamu untuk fokus pada studi.

Untuk memastikan kamu tetap di aman dalam keuangan, lihat kiat pengelolaan uang terbaik untuk mahasiswa yang dapat kamu tiru.

1. Tetapkan anggaran

8 Tips terbaik mengelola  uang untuk mahasiswa

Masa kuliah adalah periode yang sangat ramping dalam hal keuangan. Dengan sumber daya terbatas, kamu harus bertahan dengan apa yang dimiliki. Untuk melakukan ini secara efektif, prioritas pertama kamu adalah menentukan dan merencanakan dana masuk dan keluar. Ketahuilah biaya mana yang mutlak diperlukan dan mana yang dapat kamu tunda.

Ini akan menjadi pilihan yang sulit tetapi kamu harus tabah dan siapkan bagan pengeluaran, yang bisa kamu ikuti dengan rajin. Ini akan membantu kamu melacak uang dan membuat kamu merasa lebih bisa mengendalikannya.

2. Mulai menabung

8 Tips terbaik mengelola  uang untuk mahasiswa

Menyimpan sangat penting dalam jangka panjang. Biaya kuliah bisa sangat sulit tetapi itu tidak berarti kamu bisa lupa menabung.

Pastikan bahwa apa pun anggaran bulanan kamu, simpan sebagian darinya. Ini akan menciptakan disiplin diri yang akan sangat berguna untuk perencanaan keuangan masa depan kamu.

Jika memiliki penghematan waktu yang sulit, kamu dapat mengotomatiskannya. Ada bank yang dapat membantu kamu mencapai target.

3. Bagikan akomodasi

8 Tips terbaik mengelola  uang untuk mahasiswa

Tinggal di apartemen sewaan sebagai mahasiswa bisa sangat mahal. Sebagai alternatif, kamu dapat mencari akomodasi bersama. Kamu dapat bergabung dengan komunitas untuk mencari tahu tentang orang-orang yang sama yang mau berbagi akomodasi dan tinggal bersama mereka.

Ini dapat mengurangi pengeluaran kamu secara drastis. Kamu dapat menambahkan uang ke tabungan atau mengarahkannya ke beberapa pengeluaran lain.

4. Manfaatkan fasilitas kampus

8 Tips terbaik mengelola  uang untuk mahasiswa

Karena biaya kuliah tinggi, pastikan kamu menggunakan semua fasilitas gratis di sekolah. Misalnya, daripada membeli buku, periksa perpustakaan sekolah dan pinjam buku yang diperlukan. Demikian pula, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan e-book.

Banyak perguruan tinggi memiliki pusat kebugaran untuk mahasiswa mereka juga. Jika kamu sadar akan kesehatan, kamu dapat mulai menggunakan yang ada di sekolah. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk keanggotaan gym.

5. Belajar memasak

8 Tips terbaik mengelola  uang untuk mahasiswa

Mengapa menghabiskan untuk secangkir kopi yang mahal ketika Kamu dapat dengan mudah membuat satu di asrama kamu? Mengapa makan di restoran mewah ketika kamu bisa memasak makanan sendiri?

Belajar memasak bisa menghemat banyak uang. Ini juga cara yang bagus untuk mempelajari sesuatu yang baru, menjadi kreatif, dan makan dengan sehat.

Meskipun itu memerlukan beberapa perencanaan, fakta bahwa itu dapat menghemat uang kamu harus menjadi motivasi yang cukup untuk mencobanya.

6. Kurangi biaya perjalanan

8 Tips terbaik mengelola  uang untuk mahasiswa

Apakah kamu benar-benar membutuhkan kendaraan roda dua atau roda empat untuk bepergian ke kampus dan kembali?

Kamu harus ingat bahwa memiliki kendaraan berarti beban tambahan pada bensin dan pemeliharaan. Bepergian dengan transportasi umum atau mungkin mengumpulkan dengan seorang teman akan membantu kamu mencapai penghematan besar.

7. Gunakan kartu kredit dengan hemat

8 Tips terbaik mengelola  uang untuk mahasiswa

Banyak mahasiswa yang akhirnya terjerat utang besar karena tidak menggunakan kartu kredit dengan benar. Kartu kredit adalah cara yang bagus untuk berbelanja dan membeli tanpa benar-benar menggunakan uang asli.

Untuk memastikan kamu tidak menyalahgunakannya, hindari menggunakan kartu untuk semua yang Kamu beli dan bawa uang yang sebenarnya. Ini akan membantu Kamu tetap memperhatikan berapa banyak yang sebenarnya Kamu habiskan.

8. Dapatkan pekerjaan

8 Tips terbaik mengelola  uang untuk mahasiswa

Dapatkan pekerjaan paruh waktu yang tidak menghabiskan banyak waktu dan juga membayar kamu dengan sangat mahal. Pekerjaan paruh waktu memastikan bahwa studi kamu tidak terhambat dan mendapatkan uang tambahan.